Curug 7 Bidadari Sumowono Kabupaten Semarang

Nyantai di Curug 7 Bidadari Sumowono Kabupaten Semarang

HarianTrendingTopik.Com - Curug 7 Bidadari Sumowono Kabupaten Semarang merupakan salah satu obyek wisata alam yang aman untuk bermain air bersama keluarga serta anak-anak.

Air terjun 7 bidadari disebut curug karena ketinggian jatuhnya air cukup rendah sekitar 6 meteran saja pada setiap tingkatnya, jadi kalau ingin bermain air, disini sangat aman. Keunikan air terjun ini berupa susunannya yang bertingkat 3. Perbedaan Air Terjun dan Curug.

Seperti namanya Curug 7 bidadari atau yang konon merupakan tempat mandi para bidadari ini memang mempunyai lokasi yang aman untuk bermain di bawah air terjun. Kedalaman kolam air di lokasi air terjun paling bawah tidak lebih dari sepinggang orang dewasa.

Bagi anda yang dari dulu kepengen bisa mandi di bawah air terjun, cocok ni jalan-jalan ke curug 7 bidadari.

Akses di Lokasi Curug 7 Bidadari Sumowono Kabupaten Semarang


Pada akhir tahun 2018, pengelola lokasi sudah selesai merenovasi semua fasilitas yang ada di area sekitar curug. Jembatan kayu yang sudah rapuh juga sekarang berganti dengan jembatan besi yang kokoh.

Area pondok makananan juga sudah lebih bersih dan berderet rapi, anda tinggal memilih mau makan apa kalau nanti sudah lapar setelah bermain air. Pondok makan yang dulu hanya di pinggir jalan dekat loket, sekarang sudah ada di dalam dekat area berkemah, dengan menu andalanya berupa penyetan.

Papan nama Curug 7 Bidadari juga sudah berdiri tegak menjadi area favorit pengunjung untuk berselfi ria, berselfi di sungainya juga boleh. Tapi tetap berhati-hati karena batu di sekitar curug memang agak licin.

Jalan yang menuju curug dulunya aspal berlubang juga sudag diperbaiki, sekarang akses jalannya sudah sangat bagus dengan cor beton yang kokoh.

pemandangan dari atas jembatan Curug 7 Bidadari Sumowono Kabupaten Semarang

parkir mobil Curug 7 Bidadari Sumowono Kabupaten Semarang

parkir motor Curug 7 Bidadari Sumowono Kabupaten Semarang

plang Curug 7 Bidadari Sumowono Kabupaten Semarang

Lokasi Curug / Air Terjun 7 Bidadari Sumowono Semarang


Curug 7 Bidadari berlokasi di Desa Keseneng Sumowono, Kabupaten Semarang. Tanda Petunjuk jalan menuju lokasi curug sudah sangat jelas.

Dari manapun anda, ambilah rute menuju sumowono kemudian cari arah sumowono-limbangan. Susuri terus jalan tersebut sampai bertemu Barak TNI-AD dan di pinggir jalan banyak pedagang bakso cilok dan es.

papan petunjuk Curug 7 Bidadari Sumowono Kabupaten Semarang

papan terakhir Curug 7 Bidadari Sumowono Kabupaten Semarang

Berhentilah di jalan tersebut dan carilah papan Curug 7 Bidadari, pasti ketemu, karena plang papannya gede dan jelas. Setelah itu ambil rute menuju desa keseneng melewati ladang-ladang penduduk.

Tempat parki di area curug sudah diperlebar dan mudah untuk akses keluar masuk. Parkir motor dan mobil sekarang sudah dibedakan lokasinya, jadi tenang saja, tidak akan kesulitan saat akan pulang.

Lokasi curug tidak jauh dari Obyek WIsata Candi Gedong Songo Semarang, jadi jika masih belum puas jalan-jalan, anda dapat melanjutkan ke lokasi Candi.

Fasilitas di Area Curug / Air Terjun 7 Bidadari Sumowono Semarang


Fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap, toilet, wc, kamar mandi, tempat ganti sudah ada semua. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan, semua fasilitas dapat digunakan dan sudah dipugar dengan baik.

Pondok makan juga sudah diatur sangat rapi dan mudah di jangkau dari lokasi tempat bermain air. Di dekar lokasi curug ada lahan yang cukup luas dengan panggung yang bibuat untuk berkemah ataupun camping. Anda dapat menghubungi pengelola jika ingin berkemah di tempat ini.

lapangan Curug 7 Bidadari Sumowono Kabupaten Semarang

tempat makan Curug 7 Bidadari Sumowono Kabupaten Semarang

Harga Tiket Masuk dan Tarif Curug / Air Terjun 7 Bidadari Sumowono Semarang


Harga Tiket masuknya sangat murah hanya sebesar 5000 rupiah untuk satu orang, tiket parkir mobil 4000 rupiah dan tiket parkir motor 2000 rupiah.

Dengan harga tiket masuk yang sangat murah, anda dan keluarga dapat menikmati indahnya suasana sungai dan persawahan yang sangat tenang , sejuk dan tentunya bebas stress karena keramaian kota.

tiket parkir Curug 7 Bidadari Sumowono Kabupaten Semarang

Cerita Mitos dan Mistis dari Curug / Air Terjun 7 Bidadari Sumowono Semarang


Nama Curug / Air Terjun 7 Bidadari bukan didapat dari karangan belaka, ketika lokasi curug ditemukan sekitar tahun 2010, dipercaya masyarakat setempat ada yang pernah melihat 7 orang bidadari yang sedang mandi. Percaya atau tidak, ya itulah mitos yang beredar di masyarakat sana.

Dilihat dari bentuk batu dan susunannya memang enak sih buat mandi dan bermain air, ya mungkin saja cerita itu benar, "mereka" kan memang ada.

Di atas curug ada sebuah sumur, nah aneh lagi kan. Di atas air terjun yang mengalir terus sepanjang tahun, ada sumur ? sumurnya buat ngambil air ?

Penduduk yang berdagang di sekitar curug jika ditanya tentang sumur tersebut juga tidak mau menjawab, paling jawabannya hanya " dari dulu sudah ada sumur itu, ndak tau siapa yang buat". Yang buat aneh adalah penduduk menyalurkan airnya langsung dari sungai dan bukan dari sumur.

Kenapa harus berkunjung ke Curug / Air Terjun 7 Bidadari Sumowono Semarang

Sudah lah, datang saja ke Curug 7 Bidadari Semarang. Duduk santai di pinggir sungai menikmati pemandangan persawahan.

Pasti bisa bikin stress hilang. Udara di sekitar Curug juga masih sangat bersih. Masih kurang greget ? Campinglah disini nikmati lokasi curug pada malam hari bersama api unggun dan kawan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel