Vaksin Influenza : Harga, Manfaat dan Efek Samping untuk Dewasa dan Anak

Vaksin Influenza : Harga, Manfaat dan Efek Samping untuk Dewasa dan Anak

HarianTrendingTopik.com - Vaksin Influenza : Harga, Manfaat dan Efek Samping untuk Dewasa dan Anak. Vaksin Influenza atau sering disebut vaksin flu, termasuk jenis vaksin yang terbaik untuk mengatasi virus flu pada musim tertentu.

Vaksin flu juga biasa diberikan karena seseorang yang sedang menderita penyakit flu tidak lekas sembuh. Influenza atau penyakit flu sekilas memang terlihat seperti penyakit ringan biasa yang dapat sembuh dengan sendirinya, tapi anda harus berhati-hati karena penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi penyakit lainnya seperti infeksi saluran pernafasan bahkan sampai kematian.

Virus influenza mempunyai kemampuan untuk berkembang dengan sangat cepat dan selalu berubah pada musim tertentu terutama musim pancaroba. Jika mengkonsumsi obat pereda gejala flu biasa, virus flu hanya akan berada dalam kondisi tertidur dan akan berkembang lagi ketika ada jenis virus flu baru yang masuk ke dalam tubuh.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan semua orang, mulai dari usia sekitar 6 bulan untuk mendapatkan vaksin secara rutin setiap tahun karena dampak dari penyakit flu yang berbahaya.

Pentingnya suntikan vaksin flu adalah untuk menangkal virus flu ketika mencoba masuk ke dalam tubuh, menekan perkembangan virus flu, dan meminimalisir resiko penularan virus dari penderita ke orang lain.

Di Sisi lain, vaksin flu yang dilakukan secara rutin walaupun tidak sedang menderita penyakit influenza, dapat memberikan kemampuan pada antibodi tubuh untuk menangkal virus flu yang sudah berubah bentuk dan mengurangi resiko parah ketika virus flu mampu masuk kedalam tubuh.

Jenis Vaksin Influenza di Indonesia


Di Indonesia terdapat beberapa jenis vaksin influenza, tetapi jenis vaksin yang paling umum dan sering digunakan adalah vaksin influenza trivalent dan vaksin influenza quadrivalent. Istilah dari Trivalent dan Quadrivalent di dapat dari strain virus yang digunakan (strain atau galur adalah istilah biologi dari tipe virus yang digunakan dalam proses rekayasa ), dimana vaksin trivalent artinya menggunakan 3 strain virus dan vaksin quadrivalent menggunakan 4 strain virus.

Vaksin Influenza Trivalent


Vaksin Influenza Trivalent adalah jenis vaksin flu yang mengandung dua strain virus influenza A yaitu H1N1 dan H3N2 serta satu strain virus influenza B.

Fungsi dan kelebihan vaksin influenza trivalent :


  1. Vaksin trivalent dengan dosis tinggi atau yang terbuatdengan kandungan tambahan dapat diberikan kepada pasien yang berusia di atas 65 tahun.
  2. Suntikan vaksin trivalent dengan kombinasi yang bebas telur sudah disetujui dan dapat diberikan kepada pasien mulai dari usia 18 tahun. 
  3. Dosis standar dari vaksin trivalent yang diproduksi menggunakan virus yang ditanam pada telur dapat diberikan dengan prosedur suntikan dan dapat menggunakan jet injector pada pasien dengan rentang usia 18 sampai 64 tahun. 

Vaksin Influenza Quadrivalent


Vaksin influenza quadrivalent adalah jenis vaksin flu yang mengandung strain virus H1N1 dan H2N2, serta memiliki dua strain virus influenza tipe B.

Fungsi dan kelebihan vaksin influenza quadrivalent :


  1. Suntikan vaksin quadrivalent khusus ( mengandung virus yang dapat tumbuh di dalam kultur sel atau proses suatu sel dari suatu jaringan yang diambil dan ditumbuhkan pada kondisi terkontrol ) dapat diberikan pada anak-anak dengan usia diatas 4 tahun.
  2. Suntikan vaksin quadrivalent intradermal ( suntikan dengan jarum yang berukuran kecil ke dalam jaringan kulit ) dapat diberikan kepada pasien dengan usia 18 sampai 64 tahun. 
  3. Suntikan vaksin quadrivalent pada umumnya akan diberika pada pasien dengan pengelompokan usia tertentu. 

Kenapa harus mendapatkan vaksin influenza ?


Influenza bukanlah penyakit yang biasa, walaupun pada umumnya penyakit flu sering dianggap sepele karena dapat sembuh dengan sendirinya. Ada sebagian orang yang mudah sembuh ketika terserang flu dan ada sebagian orang justru bertambah parah ketika flu.

Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, yang paling sering ditemui adalah karena kondisi ketahanan tubuh seseorang dari perubahan cuaca yang extrim dan kondisi dari lingkungan yang mampu memperkuat virus flu seperti di negara beriklim tropis.

Banyak sekali penyebab terserangnya virus flu, Alergi Musiman juga berperan penting tentang kapan waktu banyak orang terkena flu. Karea beberapa orang yang terserang flu akibat alergi musiman, bisa jadi akan menularkan virus influenza kepada orang lain.

Mendapatkan suntikan vaksin influenza secara rutin setiap tahun adalah hal yang penting terutama untuk orang-orang yang sudah berusia lebih dari 60 tahun. Tujuan yang utama dari mendapatkan suntikan vaksin flu secara rutin bukan hanya untuk terhindar dari penyakit flu melainkan untuk memutus rantai penyebaran virus dan menghindari efek jangka panjang yang ditimbulkan karena virus flu yang berevolusi.

Bagi mereka yang masih berusia muda, sistem kekebalan tubuh masih produktif dan stabil. Sekedar penyakit flu biasa bukanlah masalah, bahkan dalam beberapa hari akan sembuh dan dapat beraktifitas normal kembali.

Efek jangka panjang dari penyakit flu hanya akan terasa ketika memasuki usia 40 tahun, dengan kondisi tubuh yang tidak lagi sekuat ketika waktu muda dan virus flu di dalam tubuh terus berevolusi, terserang penyakit flu lebih dari satu minggu dapat memicu munculnya komplikasi lain seperti penyakit jantung dan diabetes.

Siapa saja yang harus mendapatkan vaksin influenza ?


Vaksin influenza yang ada sudah dapat diberikan kepada semua orang dengan berbagai usia, dan ada juga vaksin influenza yang diberikan untuk seseorang dengan usia tertentu.

Walaupun demikian, tetap ada sebagian orang yang memang harus segera mendapatkan suntikan vaksin karena beberapa pertimbangan medis. Berikut adalah orang-orang yang dapat diprioritaskan untuk mendapatkan suntikan vaksin influenza :

  • Orang yang berusia lebih dari 50 tahun.
  • Anak yang berusia kurang dari 4 tahun ( usia 6 sampai 59 bulan ) 
  • Orang-orang dengan gejala atau indikasi penyakit kronis tertentu dimana memang harus terjaga agar tidak terkena flu karena dikhawatirkan akan memperparah keadaan seperti penyakit asma. 
  • Wanita yang sedang hamil. 
  • Orang-orang yang menderita obesitas. 
  • Para petugas pelayanan medis. Walaupun petugas pelayanan medis terlihat dalam kondisi sehat, mereka harus selalu melakukan kontak langsung pada pasien dengan berbagai penyakit. 
  • Orang yang melakukan kontak langsung dengan anak kecil. 

Siapa yang tidak disarankan atau tidak perlu untuk melakukan vaksin influenza ?


  1. Semua orang memang dapat dengan mudah terserang penyakit flu, tetapi tidak semua orang bisa mendapatkan vaksin influenza. Hal ini disebabkan keadaan tertentu yang dimiliki seseorang mengharuskan untuk menghindari vaksin flu karena dikhawatirkan jika diberikan suntikan vaksin akan menimbulkan resiko atau efek samping yang lebih berbahaya.
  2. Bayi usia 0 sampai 6 bulan. Vaksin flu dibentuk dari virus flu yang sudah dilemahkan kemampuannya sehingga tubuh mampu melawan dan merangsang lebih cepat terbentuknya antibodi penyakit flu, tetapi sistem kekebalan tubuh bayi belum mampu untuk beradaptasi dengan kondisi demikian. 
  3. Orang yang sedang sakit parah. Sistem kekebalan tubuh akan melemah ketika seseorang sedang sakit, jika diberikan suntikan vaksin flu tubuh tidak akan mampu untuk membentuk antibodi melawan beberapa virus sekaligus. 

Keefektifan suntikan vaksin influenza


Banyak sekali faktor yang mempengaruhi keefektifan dari vaksinasi influenza termasuk usia, kondisi kesehatan seseorang, atau adanya keterkaitan antara virus dalam vaksin dengan virus pada lingkungan tempat tinggalnya.

Jenis virus influenza yang terdapat di lingkungan selalu mengalami perubahan dan berbeda beda, karena itu mengapa sangat dianjurkan untuk melakukan suntikan vaksin influenza secara rutin setiap tahun untuk menangkal virus yang sudah mengalami perubahan.

Seseorang yang telah mendapatkan suntikan vaksin influenza bukan berarti terbebas sepenuhnya dari penyakit flu. Kemungkinan terserang flu masih ada, tapi kondisi mereka yang sudah mendapatkan suntikan vaksin flu tentunya tidak akan separah kondisi mereka yang tidak pernah mendapatkan vaksin. Akan sangat bagus jika suntikan vaksin flu diberikan rutin setiap tahunnya karena otomatis tubuh lebih cepat bereaksi jika ada virus flu yang mampu masuk ke dalam tubuh.

Biaya / Harga untuk suntikan Vaksin Influenza


Vaksin flu memiliki beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda sehingga biaya untuk mendapatkan vaksin juga berbeda tergantung jenis vaksin yang diberikan. Tentu saja perbedaan harga tiap jenis vaksinya tidaklah terpaut jauh.

Suntikan vaksin influenza pada umumnya mempunyai rentang harga sekitar 300ribu sampai 500ribuan untuk sekali suntik. Jumlah biaya ini tentunya sudah lengkap sepaket dengan biaya dokternya.

Tempat Pelayanan Vaksinasi Influenza


Jika anda bingung bagaimanan untuk memulai agar mendapatkan suntikan vaksin flu, anda dapat datang ke tempat dimana tersedia pelayanan vaksin influenza seperti berikut :

1.Rumah Sakit

Sebenarnya hampir semua rumah sakit berskala besar memberikan pelayanan vaksinasi flu. Tapi ada baiknya jika anda berkonsultasi kepada petugas medis tentang prosedur dan ketersediaan vaksin terlebih dahulu

2.Klinik Kesehatan

Jika anda lebih percaya pada klinik di dekat tempat tinggal anda juga tidak masalah. Tetapi anda perlu menanyakan tentang tersedianya layanan vaksin flu atau tidak, karena tidak semua klinik melayani suntikan vaksin flu.

Reaksi dan Efek Samping Vaksin Influenza


Vaksin flu sebenarnya adalah virus flu yang dilemahkan kemudian di suntikkan ke dalam tubuh pasien dengan tujuan tubuh pasien mampu mulai memproduksi anti bodi dasar untuk penyakit flu, jadi reaksi dan efek samping setelah mendapatkan suntikan vaksin pasti ada tetapi akan berbeda pada setiap orang.

Reaksi dan efek samping vaksin flu yang sering terjadi :

  • Bengkak pada bagian yang mendapatkan suntikan vaksin, hal ini sangat wajar terjadi.
  • Demam dan Mual. 
  • Pucat, merasa lelah dan sedikit pusing. 
  • Muncul gejala-gejala seperti saat sakit flu. 
  • Jantung berdebar dan gelisah. 

Jika reaksi ini berlangsung hanya kurang dari 24 jam itu tidak menjadi masalah. Jika reaksi efek samping ini berlangsung lebih dari 24 jam anda harus segera menghubungi dokter atau tempat anda mendapatkan suntikan vaksin.

Kontraindikasi Vaksin Influenza


Tidak jarang ada seseorang yang menderita flu kemudian memutuskan untuk mendapatkan suntikan vaksin tanpa melalui konsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Hal ini terbilang cukup berbahaya karena bisa jadi vaksin tidak cocok dengan kondisi tubuh pasien.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan kontraindikasi setelah vaksin influenza : 

  1. Orang yang meniliki kondisi alergi berat terhadap telur ayam.
  2. Sudah pernah mendapatkan suntikan vaksinasi influenza dan menimbulkan gejala-gejala yang tidak normal atau sangat parah. 
  3. Pasien dengan usia kurang dari 6 bulan karena memang vaksin flu tidak diperbolehkan untuk usia dibawah 6 bulan. 
  4. Pasien yang sedang menderita penyakit berat atau demam parah. 
  5. Pasien memiliki riwayat Guillain-Barr√© Syndrome ( penyakit lumpuh parah ) dimana kelumpuhan terjadi setelah menerima vaksin influenza sebelumnya. 

Vaksin influenza untuk Ibu Hamil


Ketika sedang hamil, sistem kekebalan seorang ibu akan menurun drastis sehingga sangat rentan terhadap beberapa jenis penyakit terutama yang menular melalui udara. Para Ibu yang sedang hamil justru sangat disarankan untuk mendapatkan suntikan vaksin influenza karena jika terserang flu dengan waktu yang cukup lama, dikhawatirkan akan menimbulkan kontraksi dan mempengaruhi kesehatan bayi di dalam rahim.

Vaksin flu sekarang sudah terbukti aman untuk diberikan kepada ibu hamil. Vaksin flu yang diberikan pada ibu hamil juga memiliki keuntungan lain, antibodi yang dikembangkan oleh ibu untuk menangkal penyakit flu juga dapat diturunkan ke bayi, sehingga bayi akan memiliki antibodi untuk penyakit flu dalam beberapa bulan setelah kelahiran.

Vaksin Influenza Untuk Anak


Untuk anak, vaksin influenza dapat diberikan mulai usia 6 bulan sampai 8 tahun. Keefektifan vaksin flu yang diberikan pada anak mencapai 70-90% dalam mencegah terjangkitnya penyakit influenza. Persentase tersebut juga tergantung dari intensitas dan panjangnya musim flu pada tiap iklim negara serta kondisi kesehatan anak Anda.

Tidak menutup kemungkinan jika ada anak yang sudah mendapat suntikan vaksin influenza tapi tetap terserang penyakit influenza, tapi anak yang sudah mendapat suntikan vaksin gejala dan kondisinya tidak akan separah anak yang belum pernah mendapatkan vaksin.

Hal terpenting dari vaksin flu pada anak yaitu anak anda akan terhindar dari segala bentuk komplikasi dari flu seperti asma, radang paru-paru atau radang tenggorokan.

Vaksin influenza tidak memberikan efek samping terjangkitnya penyakit flu yang datang dengan tiba-tiba pada anak karena vaksin flu menggunakan sumber virus yang sudah mati.

Vaksin influenza yang diberikan kepada anak seharusnya tidak memberikan efek samping apapun kecuali jika kondisi kesehatan anak sedang melemah atau mempunyai gangguan tertentu.

Hubungan Antara Vaksin Influenza dan Alergi Telur


Pemberian vaksin influenza kepada pasien yang mempunyai alergi telur sebaiknya di waspadai dan jika memungkinkan lebih baik jika di hindari. Vaksin influenza pada dasarnya menggunakan media telur untuk proses pembuatannya, karena itu di khawatirkan jika pasien menderita alergi telur akan memberikan efek samping lain seperti gatal pada seluruh bagian kulit.

Bagi orang dengan alergi telur akan lebih baik memperhatikan asupan makanan yang bergizi dan olahraga rutin untuk menguatkan antibodi dengan maksimal. Cara hidup sehat sangat penting jika anda ingin menghindari penyakit flu tanpa mendapatkan suntikan vaksin, jika anda memilih untuk mengkonsumsi obat flu, anda dapat berkonsultasi dengan dokter tentang obat flu apa yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan antibodi anda.

Apakah Vaksin Influenza Penting ?

Penyakit flu pada dasarnya adalah virus penyakit biasa, sangat normal memang jika seseorang terkena penyakit flu. Tapi virus flu sangat lah unik, sangat sulit bahkan hampir tidak bisa dimusnahkan tetapi sangat mudah berubah dan berevolusi. Karena itu virus flu akan semakit kuat setiap waktu.

Vaksin Influenza akan sangat membantu tubuh untuk bertahan dan menciptakan antibodi baru untuk virus flu yang berevolusi tersebut. Dan memang sebaiknya ketika terserang flu jangan dibiarkan saja. Efek dari Vaksin Influenza akan berbeda untuk dewasa dan anak, tetapi keuntungannya akan lebih banyak. Harga Vaksin Influenza dewasa ini juga sudah sangat terjangkau, apalagi hanya minimal setahun sekali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel