Penyebab Alergi Musiman : Gejala Dan Cara Terbaik Mengobatinya

Penyebab Alergi Musiman : Gejala Dan Cara Terbaik Mengobatinya

HarianTrendingTopik.Com - Penyebab Alergi Musiman : Gejala Dan Cara Terbaik Mengobati. Ketika pergantian musim, alergi musiman dan influenza sangat sulit dibedakan karena mempunyai gejala yang hampir sama.

Alergi musiman di alami seseorang karena kondisi kesehatan tubuh lambat beradaptasi terhadap perubahan musim, sedangkan influenza disebabkan karena serangan virus. Jenis alergi seperti ini dapat dialami oleh hampir semua orang tanpa kecuali. Seseorang yang terserang alergi musiman pada umumnya akan merasakan hidungnya berair dan mata gatal pada waktu-waktu tertentu.

Gejala alergi musiman biasanya terjadi pada sistem pernapasan dan hanya muncul beberapa kali dalam satu tahun. Karena kondisi seperti itu, hampir setiap orang yang mengalami alergi musiman tidak menyadarinya, dan mereka menganggap gejala yang dirasakan disebabkan oleh flu.

Suatu hal yang menyebabkan alergi pada seseorang disebut alergen, apapun bentuk dan jenisnya. Alergen tidak akan sama jenisnya pada setiap orang dan wilayah, karena memang kondisi ketahanan tubuh dan iklim di setiap wilayah pasti berbeda-beda. Dari penelitian para ahli, dua jenis alergen yang paling sering menjadi penyebab reaksi alergi adalah sejenis serbuk sari dan jamur.

Tidak ada orang yang mempunyai alergi dengan bunga, karena yang menjadi penyebab alerginya adalah serbuk sari yang terdapat pada bunga tersebut. Alergi musiman yang disebabkan karena serbuk sari akan muncul hanya pada waktu tertentu dalam satu tahun.

Penyebab alergi musiman lainya adalah bulu hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Serbuk kayu atau zat kimia tertentu dapat juga dapat menyebabkan reaksi alergi yang berlebihan pada sistem kekebalan tubuh.

Ketika seseorang yang memiliki riwayat alergi musiman dan kemudian terkena alergen, sistem kekebalan tubuh akan bereaksi mempertahankan diri dengan melepaskan sejenis zat biokimia yang dapat menyebabkan peradangan dan hidung berair.

Perbedaan Gejala Alergi Musiman dan Gejala Flu


Gejala alergi musiman hampir sama dengan gejala flu, yang membedakan hanya berapa lama dan parahnya kondisi gejala tersebut.

1.Batuk

Jika mengalami batuk ketika terserang alergi musiman, batuk hanya akan muncul beberapa kali dan tidak terus menerus. Berbeda dengan flu, batuk akan muncul setiap waktu jika kondisi tubuh belum membaik.

2.Nyeri

Gejala alergi tidak menyebabkan rasa nyeri berlebihan pada tubuh, hanya rasa pegal pada bagian pundak dan leher bagian belakang. Nyeri dan memnggigil hanya dirasakan jika seseorang terserang penyakit influenza

3. Gatal pada Mata

Gejala gatal pada bagian mata akan sangat dirasakan oleh orang yang terserang alergi musiman, jika terserang penyakit flu, mata akan pedih dan berair tetapi tidak akan terasa gatal dengan berlebihan.

4.Bersin

Bersin akan di alami oleh orang yang menderita penyakit flu dan alergi musiman. Hanya saja jika terserang alergi musiman, bersin akan terjadi pada saat-saat tertentu tetapi dengan jumlah bersin yang lebih banyak.

5.Hidung tersumbat dan berair

Gejala hidung tersumbat dan selalu berair juga dapat dialami oleh penderita alergi dan flu. Gejala ini hampir tidak ada bedanya karena reaksi alami dari tubuh.

6.Demam

Gejala demam hampir tidak akan muncul pada orang yang mengalami alergi musiman. Walaupun muncul gejala demam, kondisinya tidak akan terlalu parah dan waktu terjadinya juga relatif lebih singkat daripada gejala demam ketika sakut flu. Mencegah flu dengan vaksin influenza.

Alergi musiman pada bayi dan anak-anak


Alergi musiman sangat jarang terjadi pada bayi, alergi musiman dapat terjadi karena ada alergen yang masuk kedalam tubuh terutama melalui sistem pernafasan, sedangkan bayi masih sangat jarang bersinggungan dengan kondisi dunia luar. Jika ada gejala yang muncul, kemungkinan bayi mengalami sakit flu karena tertular virus dan bukan karena alergi musiman.

Anak anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dimana sangat menyenangi hal-hal yang baru di luar rumah akan lebih rentan terkena gejala alergi. Tapi tidak masalah, alergi pada anak lebih mudah di kenali dan diobati karena kondisi anti bodi tubuh anak sedang berkembang dengan pesatnya.

Jika anak anda terkena alergi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menghilangkan penyebab alergi atau sumber dari alergen. Jaga kondisi rumah selalu bersih dan tertutup dari debu, jangan berpergian ketika penyebab alergi seperti serbuk sari atau spora di luar rumah jumlahnya mulai bertambah.

Hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah dengan menyuruh anak untuk selalu mencuci tangan atau mandi dan berganti pakaian yang bersih setelah bermain di luar.

Cara terbaik mengobati alergi musiman


Jika gejala alergi musiman ringan, anda dapat langsung ke dokter untuk mendapatkan resep obat, dan jika gejala alergi sudah parah, anda sebaiknya segera mendapatkan perawatan dari rumah sakit.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah alergi musiman adalah dengan mengindari alergen yang ada di udara. Anda harus selalu membersihkan rumah atau tempat kerja setiap hari, hal ini akan sangat membantu mengurangi munculnya alergi pada musim tertentu.

Membersihkan debu, tungau dan jamur di dalam rumah harus dilakukan secara teratur. Mengurangi kelembaban dan memasang penyaring udara sangat diperlukan untuk menjaga agar alergen tidak mudah masuk kedalam tubuh.

Obat yang dapat anda gunakan untuk meredakan gejala alergi yang muncul adalah obat jenis Antihistamine. Obat ini dapat dibeli secara bebas dan ada dalam bentuk cairan atau kapsul. Efek samping dari Antihistamine hanya menyebabkan mengantuk, tentu saja karena jika anda sedang terkena alergi musiman, anda diharuskan banyak istirahat untuk menghindari alergen.

Obat lain yang dapat meringankan hidung tersumbat atau gatal pada tenggorokan adalah semprotan hidung. Semprotan hidung dapat sangat membantu meredakan alergi, tetapi pada wilayah tertentu semprotan hidung tidak dapat dibeli secara bebas dan harus menggunakan resep dari dokter.

Penggunaan Minyak Esensial Untuk Meredakan Alergi Musiman


Maeve O’Connor, MD, Ahli alergi dari American College of Allergy, Asthma and Immunology, menyatakan bahwa minyak esensial bisa digunakan sebagai aroma terapi untuk membantu menenangkan reaksi alergi.

Cara menggunakan minyak esensial dapat diletakkan ke dalam diffuser, atau dioleskan pada sekitar tangan mulai dari punggung tangan sampai daerah siku, atau di teteskan pada bantal yang digunakan untuk tidur.

Cara kerja aroma terapi adalah dengan merangsang indra penciuman pada hidung yang kemudian mengirimkan pesan ke bagian otak melalui sistem saraf, sehingga otak memerintahkan tubuh agar mengontrol emosi dan menjadikankondisi tubuh lebih tenang karena alergi akan menyebabkan rasa cemas akibat gangguan dari sistempernafasan.

Walaupun demikian, tidak semua jenis minyak esensial dapat mengatasi menenangkan kondisi tubuh akibat dari alergi. Jika tubuh anda tidak cocok dengan jenis minyak esensial yang digunakan justru akan menyebabkan sakit kepala, mual dan bahkan ada yang mengalami gatal-gatal pada bagian tubuh yang terkena olesan minyak. Baca Juga : Manfaat minyak alpukat .

Jadi sebelum menggunakan obat atau minyak esensial jenis apapun, anda harus berkonsultasi dengan dokter tentang alergi yang anda alami.

Kesimpulan dari Artikel Penyebab Alergi Musiman


Alergi musiman dapat menyerang siapa saja, hal tersebut adalah kondisi yang normal. Penyebab alergi musiman paling sering karena berubahnya musim, terlebih lagi ketika musim semi ketika serbuk sari mulai bertebaran. Gejala alergi musiman hampir mirip seperti gejala flu.

Cara mengobati alergi musiman paling baik adalah dengan menjaga kebersihan dan selalu membawa obat ringan untuk penanggulangan gejala awal yang muncul .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel