Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat


Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Hariantrendingtopik.com - Cara mencegah dan menghilangkan jerawat yang muncul diwajah harus segera lakukan, karena selain mengganggu penampilan jerawat yang dibiarkan saja bisa membuat kulit wajah kamu rusak.

Bagaimana Proses Munculnya Jerawat ?

Jerawat yang sering muncul di wajah umumnya disebabkan karena jenis makanan yang dikonsumsi, meskipun tetap ada penyebab lainnya yang tidak bisa dihindari seperti pengaruh hormon atau kondisi lingkungan. Karena ini kamu harus mengetahui kebiasaan dan cara mencegah serta menghilangkan jerawat.

Masalah jerawat pasti akan dialami oleh seseorang dengan usia antara 13 sampai 20 tahun, karena pada usia ini hampir semua hormon berkembang pesat termasuk hormon testosteron.

Perbedaannya, jika jerawat muncul ketika usia pubertas, kemungkinan besar penyebabnya adalah hormon.

Tapi kalau jerawat sangat sering muncul di usia non-pubertas, bisa jadi disebabkan oleh faktor dari luar seperti kondisi lingkungan yang kotor atau jenis makanan berlemak jahat.

Meningkatnya aktivitas kelenjar minyak pada masa pubertas menyebabkan bertumpuknya minyak dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori wajah. Masker pisang untuk membersihkan jerawat.

Pada kondisi seperti ini, ada sejumlah bakteri yang mengeluarkan zat penyebab iritasi pada kulit. Bagian dari kulit wajah yang mengalami iritasi dan pembengkakan ini sering disebut dengan jerawat.

Jerawat pada seseorang juga dapat disebabkan karena keturunan. Jika ayah atau ibu sangat mudah muncul jerawat pada wajahnya, kemungkinan besar kamu atau salah satu saudara kamu akan mewarisi jenis kulit yang sama.

Mengatasi jerawat karena keturunan tentunya akan jauh lebih sulit karena berhubungan dengan genetik dari pada jerawat yang disebabkan karena meningkatnya aktivitas hormon pada kelenjar minyak.

Jerawat tidak bisa dihilangkan secara instant, jadi saran saja sebaiknya kamu menghindari produk yang menawarkan penghilang jerawat dengan cepat karena kemungkinan menggunakan bahan kimia dengan dosis yang sangat tinggi.

Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat


1. Menjaga Kebersihan Wajah

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Menjaga kebersihan wajah sangat penting karena jerawat lebih mudah muncul jika kondisi kulit sering berminyak dan kotor karena debu atau polusi.

Pori-pori kulit wajah yang tersumbat minyak bercampur kotoran pasti akan menjadi jerawat, karena itu rajin lah membersihkan wajah dan pastikan tidak ada kotoran yang menggumpal seperti bintik hitam pada pori-pori.

Kamu dapat membersihkan kulit wajah teratur menggunakan air bersih minimal 2 kali dalam sehari. Sebisa mungkin jangan biarkan kulit terlalu lama basah, keringkan menggunakan handuk yang bersih atau tisu.

Kamu juga dapat membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka atau sejenisnya. Tapi perlu di ingat jangan gunakan sabun dengan zat kimia terlalu sering, cukup gunakan sekali saja pada sore hari.

Selain diwaktu tersebut kamu dapat menggunakan air bersih saja atau dengan uap air panas untuk merelaksasi pori-pori wajah agar kotoran dapat mudah keluar.

2. Gunakan Pelembab yang cocok untuk Kulit Wajah Kamu

Produk pelembab yang dijual dipasaran hampir semuanya sudah melalui tahap uji agar tidak menyebabkan komedo atau jerawat.

Pakailah pelembab yang benar-benar cocok untuk jenis kulit yang kamu miliki. Jika sekali pemakaian saja menimbulkan sedikit rasa gatal atau tidak nyaman, lebih baik hentikan pemakaian dan jangan dilanjutkan.

Cara mengetahui pelembab yang cocok untuk kulit kamu sebetulnya sangat mudah, kamu harus mengetahui jenis kulit apa yang kamu miliki, kemudian cari pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit kamu.

Jika setelah dipakai tidak menimbulkan rasa apapun dan kulit wajah terasa ringan, kemungkinan itu adalah jenis pelembab yang cocok untuk kulit wajah kamu.

Memakai pelembab yang cocok dengan kondisi kulit memang akan terasa nyaman, tapi tetap saja jangan terlalu sering menggunakan pelembab, hanya gunakan jika dalam keadaan susah mendapatkan air untuk mencuci wajah.

Sebisa mungkin biarkan wajah dalam kondisi natural karena regenerasi kulit terutama dibagian wajah memerlukan waktu yang cukup lama.

3. Hindari Makeup yang berlebihan

3. Hindari Makeup yang berlebihan

Carilah informasi tentang produk kecantikan atau Makeup yang cocok pada jenis kulit kamu dan jangan gunakan secara berlebihan karena dapat menyebabkan pori pori pada wajah mudah tersumbat.

Sebisa mungkin hindari penggunaan makeup jika wajah sedang memiliki jerawat yang parah atau dengan jumlah yang banyak.

Jika kamu seorang wanita yang dituntut untuk selalu berpenampilan menarik karena pekerjaan, pastikan kamu menggunakan pembersih makeup yang cocok dan mampu untuk membersihkan sisa noda makeup secara tuntas.

Untuk mengetahui produk makeup apa yang cocok, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter kecantikan atau dokter kulit wajah, hal ini sangat disarankan karena jika salah memakai makeup, kulit wajah kamu akan menjadi rusak dan sangat sulit untuk disembuhkan.

Jangan coba-coba menggunakan merek makeup yang disarankan sembarangan orang apalagi memiliki kulit wajah yang berbeda dengan kamu.

4. Konsultasi dengan Dokter
Untuk menghidari salah menggunakan obat atau kosmetik, berkonsultasi lah dengan dokter yang kamu percayai.

Tanyakan pada dokter tentang obat apa yang cocok atau kosmetik yang dapat dapat sering kamu gunakan. Dokter kulit pada umumnya akan menyarankan menggunakan obat obat tertentu yang sudah teruji dan dijamin keamanannya untuk semua pasien.

5. Mandi Pagi kemudian Berolah Raga

Mandi pada pagi hari terutama pada waktu sebelum fajar (subuh) terbukti sangat baik untuk tubuh dalam hal ini adalah mengecilkan pori pori dan mengencangkan kulit. Menari untuk kesehatan kulit.

Setelah mandi tunggu sampai matahari muncul lakukanlah olahraga seperti joging , senam atau lainnya yang dapat mengeluarkan banyak keringat, cara ini akan memaksa kotoran yang terdapat dalam pori-pori untuk keluar bersama keringat.

Hampir semua orang yang melakukan rutinitas ini memiliki wajah yang bersih. Nilai positifnya, orang yang sering mandi pagi sebelum fajar, metabolismenya akan terjaga dengan baik, kondisi pencernaan akan lebih siap menyerap nutrisi, waktu aktif pembakaran lemak akan lebih awal dan tubuh akan terasa lebih semangat. 

Kenapa Jerawat harus Dibersihkan ?


Setiap orang pasti pernah memiliki jerawat pada wajahnya dan itu adalah hal yang wajar. Tetapi jika jerawat yang muncul dalam jumlah banyak dan dalam waktu hampir bersamaan artinya ada yang salah dengan kondisi kulit kamu.

Segeralah mengambil tindakan untuk mencegah dan menghilangkan jerawat, jangan lupa hubungi dokter spesialis kulit terdekat dikota kamu untuk mendapatkan perawatan khusus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel