Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terapkan Gaya Hidup Minimalis agar Keuangan Selalu Sehat

Terapkan Gaya Hidup Minimalis agar Keuangan Selalu Sehat

Hariantrendingtopik.com - Kondisi keuangan yang sehat pastinya menjadi dambaan setiap orang. Perbedaannya tidak setiap orang memiliki standar pendapatan yang sama. Karena itu gaya hidup minimalis sangat membantu menjaga kondisi keuangan agar tetap sehat.

Gaya hidup minimalis bisa menjadi sebuah metode untuk kamu dalam membantu pengiritan, menabung, menyiapkan investasi dan bahkan membantu kekuatan keuanganmu untuk berdiri setelah lama terbaring tak sadarkan diri.

Apa itu Gaya Hidup Minimalis

Secara garis besar yang bisa dinalar dan dipahami dengan baik, gaya hidup minimalis adalah sebuah tindakan pengambilan keputusan di setiap langkah hidup dengan memprioritaskan faktor fungsional daripada keinginan dan penampilan.

Jadi disetiap kamu ingin membeli sesuatu atau menginginkan sesuatu, pertama kali yang harus kamu pertimbangkan adalah keseimbangan dengan kebutuhanmu.

Apa itu Gaya Hidup Minimalis

Artikel Seputar Keuangan :
Misalnya kamu ingin membeli smartphone baru karena smartphone lama sudah rusak atau tanda tanda mati. Kamu tau betul kebutuhanmu hanya sebatas aplikasi komunikasi dan toko online atau sosial media.

Kemudian kamu berniat membeli smartphone dengan harga di atas 5juta dengan fitur sangat jauh diatas kebutuhan, itu namanya pemborosan. Kalau dengan smartphone di harga 2.5juta sudah mendukung semua kebutuhanmu ya belilah dengan harga tersebut.

Adapun uang yang tidak terpakai bisa ditabung atau digunakan sebagai modal investasi kontan kalau ada keadaan yang tak terduga.

Gaya hidup minimalis lebih mengutamakan mengcover aspek kebutuhan daripada mengeluarkan uang lebih agar dipandang lebih keren daripada orang lain.

Dengan begitu keuangan kamu akan bisa bernapas dengan baik dan siap untuk keadaan yang tak terduga. Kalau mengikuti keinginan hasil akhirnya sudah jelas, buka lubang tutup lubang untuk mempertahankan kondisi keuangan.

Contoh Penerapan Gaya Hidup Minimalis


1. Transportasi untuk Berangkat Kerja

1. Transportasi untuk Berangkat Kerja

Cukup penting untuk dibahas karena bagian ini banyak sekali mengeluarkan dana untuk hal tak terduga. Pertama kali kamu harus memahami apa kebutuhanmu untuk transportasi ke tempat pekerjaan kemudian gunakanlah yang paling sedikit membutuhkan pendanaan.

Misalnya lokasi kerja dengan tempat kamu tinggal tidak lebih dari 10KM, pilihlah sepeda untuk sarana transportasi, buang jauh jauh soal gengsi.

Dengan sepeda seharga 3juta kamu bisa hemat uang bensin untu 2-3 tahun, biaya perawatan normallah motor dan mobil juga butuh perawatan.

Kalau tempat kerja kamu lebih dari 10KM bisa kamu gunakan sepeda motor untuk sarana. Jangan pilih yang mahal dan keren, tapi pilihlah yang irit BBM serta biaya perawatannya murah.

Kemudian kalau tuntutan kerja kamu membutuhkan penampilan yang perfect karena bertemu dengan pembesar perusahaan lain, baru pakailah mobil untuk menunjang pekerjaanmu.

2. Persoalan Makan Harian

2. Persoalan Makan Harian

Langsung saja, maka enak itu boleh asal jangan setiap hari. Untuk kebutuhan makan berpikirlah kalau makan itu untuk menopang kehidupan, jadi jangan biasakan makan tiap jam, makanlah ketika sudah terasa lapar saja dan jangan sampai kekenyangan.

Masak sendiri bagus bisa sangat hemat, kalaupun kondisi tidak memungkinkan untuk masak, warteg bisa menjadi pilihan terbaik murah dan hemat. Daripada harus ke restoran yang sekali makan bisa lebih dari 100ribu, jangan gengsi ke warung saja yang 20ribu udah kenyang.

3. Kebutuhan Akan Gadget

Persoalan gadget tentu saja tidak ada habisnya, kalau di ikuti terus sudah pasti bikin keuangan jebol dan jatuh bangun gak karuan.

Seperti yang sudah dicontohkan diatas, pilihlah gadget misalnya smartphone yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian kamu. Jangan beli sesuai yang kamu inginkan apalagi sampai memaksakan untuk hutang, pasti kacau itu kondisi keuangan nantinya.

4. Sebisa mungkin Hindari Hutang

Hidup minimalis artinya menggunakan sesuatu yang sudah ada dan sesuai fungsinya. Jadi sebisa mungkin jangan jadikan hutang sebagai solusi yang utama.

Kalaupun memang harus berhutang, bandingkan dulu dari satu tempat ke tempat yang lain. Pilihlah yang bunga paling ringan dan ambilah sesuai kebutuhan saja.

5. Kebutuhan Sekunder

Terakhir tentang kebutuhan sekunder atau pelengkap misalnya pakaian dan tas. Kondisi ini amat sangat sulit terutama bagi para wanita. Cara mengatur keuangan dengan gaji kecil.

Pria lebih mampu menguasai keinginan ketika membeli sesuatu seperti pakaian atau pelengkap lainnya. Berbeda dengan para wanita yang harus berjuang menahan diri ketika ingin membeli sesuatu.

Belulah sesuai kebutuhan saja, jangan sampai koleksi tas membuat kamu menghabiskan seluruh tabungan hanya untuk di bilang selalu update fashion.

Hubungan Gaya Hidup Minimalis dan Kondisi Keuangan


Jika benar gaya hidup minimalis diterapkan, seharusnya akan muncul penumpukan dana cadangan tiap waktu ke waktu. Alokasi keuangan seperti inilah yang akan membuat kondisi kamu kuat menghadapi masa sulit ataupun jika ada kebutuhan yang mendadak.

Bedakan kalau kamu sudah mempersiapkan keuangan dengan mengikuti keinginan saat belanja. Ketika tiba masa misalnya resign, kamu yang sudah mempersiapkan keuangan akan sangat tenang karena alokasi dana cadangan sudah ada.

Jadi tidak ada salahnya menerapkan gaya hidup minimalis untuk menjaga stabilnya kondisi keuangan kamu. Hilangkan jauh jauh pikiran gengsi, apapun yang dikata orang jangan dengarkan yang penting kamu mampu bertahan dari setiap masa sulit yang datang.