Begini Caranya Agar Keuangan Kamu Tetap Aman di Tanggal Tua

Begini Caranya Agar Keuangan Kamu Tetap Aman di Tanggal Tua

Hariantrendingtopik.com - Beratnya kondisi keuangan ditanggal tua menjadi hal yang umum dan biasa dirasakan oleh sebagian besar penduduk bumi, entah itu orang dewasa, pekerja, pelajar, mahasiswa, pokoknya hampir semuanya deh.

Rasa cemas takut dan berat sebenarnya bukan disebabkan karena tanggal tua, melainkan kondisi keuangan yang mulai kehabisan nafas diatas tanggal 20. Semua terlihat lebih sulit, mau beli barang sulit, mau jalan jalan sulit, mau makan enakpun sulit.

Berbicara sulitnya kondisi keuangan di masa masa tanggal tua bukan karena hal terjadi begitu saja, namun pada dasarnya kondisi tersebut tercipta karena kita kurang mempersiapkan atau bahkan tidak merencanakan keuangan sama sekali pada awal bulan.

Dengan begitu akan terjadi hubungan sebab akibat yang pasti terjadi. Kalau di awal bulan kita seenaknya saja dengan penghasilan yang didapatkan, misalnya seperti langsung belanja belanja atau makan enak, kemungkinan besar di akhir bulan kondisi akan menjadi sulit

Karena itu, Kang Hartrop punya sedikit tips yang mau di share tentang apa saja yang seharusnya dilakukan agar kondisi keuangan kita tetap aman dan tidak kembang kempis pada tanggal tua.

Cara Agar Kondisi Keuangan Tetap Sehat Ketika Tanggal Tua


1. Terapkan gaya hidup hemat dari awal bulan

1. Terapkan gaya hidup hemat dari awal bulan

Lawan kata dari boros sudah pasti adalah hemat. Karena itu memperbaiki pola pengeluaran dengan mulai berhemat sejak awal bulan sewajarnya akan mengamankan debit keuangan di akhir bulan.

Kesalahan pertama yang membuat kondisi pendanaan menjadi kacau tentu saja lepas kontrol masalah pengeluaran ketika mendapatkan gaji. Cara mengatur keuangan pribadi yang benar.

Suka belanja barang-barang kurang penting atau suka jajan makanan yang mahal sebenarnya bukan menikmati hidup tapi justru akan merusak alokasi dana untuk akhir bulan.

Usahakan untuk selalu berhemat dalam pengeluaran apapun, gunakan apa yang masih bisa digunakan jangan langsung memutuskan untuk membeli.

Kalaupun ingin membeli makanan yang enak atau barang seperti gadget ya jangan rutin rutin amat, makan enak 2kali sebulan oke saja, beli gadget juga jangan tiap bulan tapi cari gadget yang mampu bertahan sekitar 3-5tahunan.

2. Paksakan untuk menabung menyiapkan alokasi uang cadangan

Kondisi keuangan kamu sekiranya bisa lebih aman di akhir bulan jika dari pertama menerima penghasilan atau gaji, segera alokasikan untuk dana cadangan serta tabungan.

Bukan mengajak untuk susah diawal bulan, tapi daripada berat di pikiran ketika akhir bulan, kan lebih baik tenang karena ada dana cadangan.

Alokasi keuangan cadangan dan tabungan tersebut jangan diutak atik kalau tidak sangat butuh sekali atau tidak ada keadaan mendesak. Jadi di akhir bulan kamu sudah tenang karena masih ada uang. Jikapun tidak jadi dipakai, kan bisa buat nambah kapasitas keuangan bulan depan.

3. Stop jalan jalan traveling dan shoping

Jenis pengeluaran yang langsung bikin alokasi pengaturan keuangan menjadi kacau di akhir bulan tidak lain karena suka jalan jalan, touring, traveling dan shoping yang ditutupi dengan dalih hidup harus dinikmati. Penyebab keuangan jadi boros.

Itu bukan menikmati hidup namanya, tapi tidak peduli dengan kesiapan dana dimasa depan. Tidak usah jauh jauhlah paling dekat kalau uang sudah terpakai untuk traveling, akhir bulan pasti akan sangat terasa mencekik.

4. Kamu harus bisa mengontrol semua pengeluaran

Hal yang paling sulit untuk dilakukan Agar Keuangan Kamu Tetap Aman di Tanggal Tua yaitu kamu harus mampu mengontrol pengeluaran. Beberapa hari mengontrol pengeluaran sih oke oke saja, tapi tiap hari selama satu bulan itu beda cerita.

Faktanya tanpa motivasi khusu seseorang tidak mungkin dapat bertahan dari mengontrol semua pengeluaran. Kalaupun ada pasti dari kecil orang tersebut sudah terlatih untuk hidup hemat.

5. Solusi ada di pemasukan tambahan

Terakhir langsung saja ke solusi, misal dirasa penghasilan kamu setiap bulan selalu terasa berat di akhir bulan walaupun sudah dengan berbagai upaya penghematan. Cobalah untuk mempertimbangkan mencari penghasilan tambahan.

Kalau memang terasa susah juga mencari tambahan, mungkin karena waktunya yang tidak ada atau keluarga butuh perhatian khusus, maka bersabarlah karena ujian itu bentuknya bermacam macam salah satunya dengan sempitnya keuangan.

Buat Kamu yang Masih Merasa Berat Urusan Keuangan di Tanggal Tua


Sudah berhemat, sudah mengontrol pengeluaran dan masih saja terasa berat serta bikin pusing persoalan keuangan di tanggal tua ?

Kang Hartrop ada beberapa saran yang mungkin bisa kamu lakukan yaitu cari penghasilan tambahan apapun bentuknya yang penting halal, tinggalkan lingkungan yang mengajak boros dan yang terakhir berhentilah mengikuti gaya hidup orang lain. Sekiranya itu saja, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel