Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Hemat Energi untuk Hemat Keuangan

5 Tips Hemat Energi untuk Hemat Keuangan

Hariantrendingtopik.com - Hemat energi dan hemat keuangan adalah dua hal yang saling berhubungan satu sama lain, ya kalau bisa hemat energi pastinya akan berimbas ke hemat keuangan.

Faktanya kita tidak bisa terlepas dari penggunaan energi setiap hari seperti penggunaan listrik untuk penerangan, gas untuk memasak dan yang utama kebutuhan penggunaan air.

Satu satunya alat tukar yang bisa digunakan untuk membeli dan membayar penggunaan energi seperti listrik pastilah dengan uang.

Kang Hartrop punya nih 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan energi yang nantinya pasti bisa menghemat pengeluaran keuangan kamu.

5 Tips Hemat Energi untuk Menghemat Keuangan


1. Selalu Matikan Alat Listrik Saat Sudah Tidak Digunakan

Mulai dari yang sederhana saja, kamu bisa selalu mematikan lampu ketika akan keluar ruangan. Sepertinya sebuah tindakan yang sepele, tapi faktanya banyak orang yang membiarkan lampu tetap menyala saat ditinggal.

Sama juga saat tidur, biasakan mematikan lampu setiap akan terlelap agar lampu tidak menyala sepanjang malam. Dan kamu bisa bangun sepagi mungkin untuk mematikan penerangan lampu di teras rumah.

Mungkin kamu menyangkal sudah menggunakan lampu hemat energi, tapi mematikan lampu di saat fajar pasti lebih mengirit penggunaan listrik bukan ?

Permasalahannya tarif dasar listrik akan selalu naik setiap tahun, jadi kita harus sangat teliti untuk penggunaan listrik. Karena jika tidak tagihan listrik akan membengkak dan butuh uang banyak untuk membayarnya.

Artikel Seputar Keuangan :
2. Gunakan Mesin Cuci Hanya Ketika Banyak Pakaian Kotor

Masih dengan penggunaan listrik, jangan gunakan mesin cuci jika pakaian kotor hanya sedikit. Kalau pakaian kotornya sedikit di cuci biasa pakai tangan saja, barulah gunakan mesin cuci jika pakaian kotornya sudah menumpuk.

3. Hentikan Kebiasaan Mandi dengan Air Panas Setiap Pagi

Memanaskan air setiap pagi pastinya membutuhkan energi gas yang lebih banyak dari memasak. Apalagi kalau memanaskan setiap hari sudah pasti membutuhkan banyak penggunaan gas.

Coba cek harga gas di pasaran, untuk tabung gas ukuran 15kg rata rata dan paling murah dijual seharga 155.000 rupiah per tabung.

Coba berhenti masak air panas untuk mandi selama satu bulan, cek penggunaan gas. Mungkin yang biasanya sebulan bisa 2x beli jadi sebulan beli sekali.

Mandi pagi dengan air dingi nggak bikin sakit, justru malah lebih sehat untuk peredaran darah. Yang penting, hemat gas juga hemat uang.

4. Tinggalkan Rutinitas Nongkrong dan Jalan Jalan

Seperti yang dilansir oleh alamattempat.com yang membahas tips hemat energi agar hemat keuangan, nongkrong dan jalan jalan juga membutuhkan banyak penggunaan energi salah satunya BBM.

Belum lagi pasti makan dan minumnya yang cukup banyak merogoh kocek. Rasanya hampir tidak ada yang nongkrong tanpa minum atau makan apa-apa.

Mengingat harga BBM yang selalu naik setiap waktu, ada baiknya kamu tinggalkan kebiasaan nongkrong atau jalan jalan.

Dua Minggu sekali boleh lah, asal jangan rutin setiap hari. Atau mungkin tempat kerja kamu tidak jauh dari rumah, kamu bisa menggunakan kendaraan alternatif seperti sepeda.

5. Jangan Boros Air dan Perhatikan Penggunaannya

Kebutuhan penting dari kehidupan, apalagi kalau bukan air. Sumber air dikota besar semakin tahun akan semakin susah. Satu satunya sumber yang bisa diandalkan yaitu air pipa atau pengairan dari perusahaan pengelolaan air.

Masalah yang sering terjadi, ketika air sedikit dan yang mengalir air dengan udara,ukuran meteran akan sama saja karena bentuk meteran seperti kipas.

Jadi usahakan jangan boros penggunaan air, apalagi kalau air yang keluar sedang kecil. Jangan paksakan membuka keran terus menerus, gunakan secukupnya saja.

Mau yang keluar air atau angin, putaran meteran akan sama saja. Jadi kalau kondisi air kecil dipaksakan untuk membuka keran terus pasti nanti tagihan air akan melonjak tinggi.

Alasan Kenapa Hemat Energi Bisa Menghemat Keuangan


Sudah menjadi fakta kalau kita tidak mungkin bisa lepas dari penggunaan energi dalam bentuk apapun. Satu satunya yang bisa kita lakukan hanyalah menghemat dari jumlah pemakaian.

Hemat pemakaian energi artinya akan lebih sedikit uang yang dibutuhkan untuk membelinya, sehingga hemat energi pastinya bisa menghemat pengeluaran keuangan.