Begini Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil

Begini Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil

Hariantrendingtopik.com - Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun apa yang harus dilakukan sudah jelas, tetap harus ada sesuatu hal yang dilakukan agar bisa keluar dari nilai gaji kecil tersebut.

Nilai dari gaji bisa dikatakan kecil sebenarnya relatif, perbandingannya bisa standar gaji daerah ataupun seberapa besar kebutuhan. Tapi kalau mengikuti besar kebutuhan pastinya gaji besar akan selalu kurang.

Satu satunya ukuran yang bisa digunakan untuk mengetahui gaji kamu kecil atau tidak hanya ukuran standar gaji daerah atau UMK. Katakan saja jika gajimu masih dibawah UMK daerah pasti bisa dimasukkan ke kategori gaji kecil.

Anggap saja UMK gaji di daerahmu sebesar 3 juta, jika gajimu sekitar 2 juta yang artinya masih dibawah UMK, kamu bisa mengatakan kalau gajimu tergolong kecil. Bukan suatu kesalahan, justru karena itu Kang Hartrop akan memberikan tipsnya buat kamu.

Setelah kamu paham kalau jumlah gaji yang kamu dapatkan masih kecil, kamu harus bisa memanajemennya agar mempunyai jalan keluar yang baik. Cara mengatur keuangan pribadi yang benar.

Di sini Kang Hartrop ingin berbagi bagaimana Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil agar minimal bisa menopang kebutuhan hidup harian.

Caranya sebenarnya sangat mudah, kamu hanya harus fokus pada berhemat dan berhenti dari kebiasaan suka jajan makanan enak atau benda benda mahal. Selain itu kamu harus berjuang untuk solusi mendapatkan penghasilan yang lebih baik.

Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji Kecil


1. Prioritaskan Melunasi Hutang dan Semua bentuk Cicilan

1. Prioritaskan Melunasi Hutang dan Semua bentuk Cicilan

Langkah pertama kamu tidak bisa langsung memanajemen keuangan sebelum menghilangkan semua faktor penghambat dan yang mengacaukan pengaturan keuangan pribadi kamu.

Jadi sebisa mungkin fokuslah untuk melunaskan semua jenis hutangan dan cicilan jangka pendek apapun bentuknya. Kalau hutang jangka panjang seperti hutang rumah ya jangan di bahas itu termasuk prioritas.

Bagaimanapun susahnya, jalani saja. Mau susah makan atau jarang jalan jalan, ya sudah itu resiko. Karena apa ? Kebutuha untuk mengangsur hutang atau cicilan setiap bulan itu sangat mudah mengacaukan rencana keuangan kamu.

Butuh waktu cukup lama juga tidak masalah, yang jelas posisikan dirimu sedang tidak terbebani hutang jangka pendek. Penyebab keuangan jadi boros.

2. Langsung Alokasikan Keuangan Untuk Ditabung

2. Langsung Alokasikan Keuangan Untuk Ditabung

Berikutnya jika kamu sudah bebas dari segala bentuk hutang, dan keungan bisa lebih longgar, selalu alokasikan keuangan untuk ditabung saat pertama kali mendapatkan gaji.

Jumlahnya relatif semampu kamu, tapi Kang Hartrop sarankan sebanyak 25% atau seperempat dari gaji kamu. Tujuannya untuk mempersiapkan modal atau dana saat nanti memutuskan melangkah merubah kondisi keuangan.

Maksudnya mengubah kondisi keuangan, kamu bisa menggunakan tabungan tersebut untuk membuka usaha atau menutup kebutuhan dana jika ingin bekerja di perusahaan yang gajinya lebih baik.

3. Alokasi Keuangan untuk Kebutuhan Utama

3. Alokasi Keuangan untuk Kebutuhan Utama

Setelah pendapatan kamu ambil seperempatnya untuk ditabung, gunakan sisa gaji kamu yang ada untuk memenuhi kebutuhan harian. Usahakan agar cukup walaupun harus bersusah payah.

Akan sangat banyak godaan dan kamu harus menang dari rasa keinginan membelanjakan uang untuk sesuatu yang kurang penting. Bukan menyiksa, tapi solusi dari gaji kecil memang hanya mempersiapkan untuk keluar dari kondisi tersebut.

Semua pengeluaran yang kira kira adalah pemborosan, maka jangan dilakukan. Makan seadanya dan jangan suka beli makan di tempat yang mahal. Cara agar keuangan tetap aman di tanggal tua.

Batasi atau kurangi nongkrong dan traveling atau jalan jalan. Daripada buang buang waktu akan lebih bagus digunakan untuk belajar sesuatu yang dari keterampilan tersebut bisa dipergunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

4. Atur Persiapan Modal untuk Sumber Penghasilan Lain

Bertahan dengan gaji kecil jelas akan terasa sangat berat apalagi kamu tinggal di perkotaan. Kecuali kamu memutuskan pindah ke daerah desa tentunya perhitungan kebutuhan akan langsung berbeda.

Solusi terbaik yaitu mempersiapkan modal dari tabungan atau menyisihkan uang yang lebih besar untuk mencari sumber penghasilan lain yang sekiranya lebih bagus.

Sumber penghasilan yang dimaksud bisa membuka sebuah usaha atau mencari pekerjaan diperusahaan yang standar gajinya lebih tinggi.

Beberapa tahun bekerja di tempat kerjamu yang sekarang tentunya sudah membuatmu memiliki pengalaman kerja yang cukup. Dengan adanya simpanan modal pastinya kamu akan lebih mudah keluar dari pekerjaan ini dan mencari sumber penghasilan lebih baik.

Kalau saran saja, gunakan modal tersebut untuk jenis usaha sampingan dulu yang bisa dikerjakan diluar jam kerja. Jadi dengan berjalannya waktu, pendapatan kamu bukan hanya dari gaji saja.

Tips Penting Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil


Mendapatkan gaji yang kecil bukanlah suatu kesalahan, semua pastinya berawal dari yang kecil. Setelah memiliki banyak pengalaman seharusnya pendapatan kamu akan bertambah.

Inti dari Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil yaitu kamu mengupayakan terbebas dari segala bentuk hutangan dan menyisihkan sebagian pendapatan kamu untuk modal pekerjaan yang baru, bisa berbentuk sebuah usaha atau tempat kerja yang baru dengan hasil yang lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel