Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Benar

Begini Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Benar

Hariantrendingtopik.com - Cara Mengatur Keuangan Pribadi sepertinya relatif muda ya, mengingat belum ada beban seperti kebutuhan keluarga, tapi tantangan terbesarnya justru karena belum ada yang ditanggung maka kontrol keuangan akan lebih sulit.

Sebelum masuk ke bagian cara mengatur keuangan pribadi yang benar, kita ulas dulu sebenarnya untuk siapa sih cara manejemen keuangan ini ?

Karena topiknya keuangan pribadi maka yang dimaksud yaitu orang orang dengan penghasilan tertentu dan belum berkeluarga. Berapapun gaji yang dimiliki tetap namanya keuangan pribadi.

Jika untuk mahasiswa atau pelajar namanya tetap keuangan pribadi, tapi sumber uang tersebut sebagian besar bukan dari usaha sendiri, ya walaupun tidak sedikit mahasiswa yang bekerja juga.

Oke kita sepakati mau itu pekerja atau pelajar, yang jelas belum menikah maka uang yang dimiliki adalah keuangan pribadi, jadi pasti ada cara mengatur keuangan tersebut dengan benar.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Baik dan Benar


Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Baik dan Benar

Topik Pilihan :
Sedikit susah jika pengaturan keuangan harus disusun secara terperinci, akan lebih mudah apabila cara mengatur keuangan pribadi tersebut berdasarkan persentase.

Tapi sebelum itu kamu harus tau berapa 100%nya keuangan kamu dalam satu ukuran waktu. Maksudnya jika kamu bekerja dalam sebulan dapat gaji berapa, atau jika kamu berstatus mahasiswa dalam seminggu dapat uang kiriman berapa, jumlah tersebut adalah 100% keuangan kamu.

Cara mengatur keuangan pribadi dengan manajemen pengelolaan yang benar bisa mengikuti pembagian seperti berikut.

40% Untuk Kebutuhan Utama

Pembagian pertama kamu bisa ambil 40% - 50% untuk kebutuhan primer dan sangat amat penting. Misalnya bayar kos, untuk orang tua, untuk makan atau kebutuhan penting apapun dalam segmen kehidupan kamu.

Pasalnya kebutuhan penting seseorang sangat dinamis, maksudnya berbeda beda tiap orang jadi tidak bisa disamakan dengan perhitungan tetap. Intinya setengah dari penghasilanmu untu kebutuhan prioritas.

25% Untuk Akomodasi dan Harian

Alokasi yang kedua ambilah dan sisihkan 25% untuk kebutuhan akomodasi seperti bensin, beli minum atau buat kebutuhan wira wiri. Soalnya kalau tidak di alokasikan dari awal pasti akan lepas kontrol khusus kebutuhan ini.

20% Persiapan Dana Cadangan Mendadak

Kemudian sebisa mungkin ambil 20% dari dana yang ada untuk cadangan mendadak, jadi dana ini bisa bersifat multifungsi. Kalau kebutuhan prioritas ternyata kurang bisa ambil cadangan dari dana ini atau mungkin tiba tiba ban bocor mendadak, bisa juga.

Kalaupun misalnya dibulan itu tidak ada keperluan mendadak, masukkan saja dananya ke tabungan. Dengan begini jika terjadi oleng di perencanaan keuangan, dana cadangan dan tabunganmu siap menopang.

15% Simpanan atau Tabungan

Terakhir alokasikan 15% dari keuangan bulananmu khusus untuk tabungan. Jaga jaga kalau ada yang terjadi diluar rencana atau mungkin buat persiapan beli rumah dan nikah.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil


Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil

Kalau perihal Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil, sebaiknya jangan fokus kenominal gajinya. Pengaturannya tida berbeda dengan diatas.

Tapi sebisa mungkin jangan bertahan dengan nominal tersebut, carilah tambahan pemasukan atau pandangan pekerjaan dan kesempatan usaha yang lebih baik.

Faktanya rencana tidak seindah kenyataan. Kalaupun kamu saat ini tidak ada kesempatan meninggalkan jumlah nilai tersebut, saran yang bisa Kang Hartrop berikan hanya bersabar dahulu dan tahan semua rasa keinginan membeli sesuatu dan manfaatkan apa yang ada.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi untuk Mahasiswa

Kalau untuk Cara Mengatur Keuangan Pribadi untuk Mahasiswa justru sangat rumit. Pasalnya kendali diri di urusan keuangan gampang goyah apalagi soal jalan jalan.

Ya intinya keuangan utamakan untuk bayar yang wajib dibayar dan persiapan makan. Diluar itu jaga diri dari lingkungan yang mengajak hura hura, jalan jalan, pemborosan dan pahami tujuan makan itu untuk hidup, bukan makan enak tiap hari.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi di Usia Remaja

Cara Mengatur Keuangan Pribadi di Usia Remaja ini lebih epik lagi susahnya, karena uang jajan masih dijatah orang tua. Pokoknya jangan boros, tugas kamu belajar.

Tapi kalau mampu melangkah untuk mencari tambahan (note:bagi yang mampu), kamu pasti secara alami paham dengan sendirinya urusan mengatur keuangan.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Baik


Terakhir, Kesimpulan dari Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Baik berada pada kontrol diri kamu masing masing. Tahan diri untuk tidak pemborosan, paksakan untuk menabung dan mencari tambahan penghasilan, jangan bergaul degan teman yang boros, pasti pengaturan keuanganmu aakan baik baik saja.