Ide Tempat dan Produk Jualan di Semarang Toko dekat Pusat Keramaian

Ide jualan di Semarang sebenarnya bisa sangat beragam karena melihat target pasar yang majemuk dan dinamis dari berbagai kalangan serta latar belakang pekerjaan.

Karena Mas Topik juga asli dari Kota Semarang lebih dari 20 tahun, mungkin referensi ide dagang serta jualan di Semarang berikut bisa menjadi masukan kamu jika ingin berlaga di pasar Semarang.

Latar belakang Jualan di Semarang

Kota Semarang, tentunya semua sudah tau kalau ibukota Jawa Tengah sudah pasti menjadi pusat urbanisasi untuk mencari pekerjaan ataupun melanjutkan pendidikan tinggi.

Berkaca pada latar belakang tersebut secara garis besar bisa disimpulkan target pasar dominan pada para pekerja dan pelajar, meskipun tidak menutup kemungkinan target rumahan.

Mungkin untuk target pasar bisa dirangkum dengan persentase seperti berikut : Pekerja 40%, Pelajar dari berbagai strata 50% dan target umum 10%.

Dengan perkiraan data singkat tersebut, kita bisa melanjutkan ke faktor referensi berikutnya yaitu tempat jualan di Semarang.

Tempat Usaha Di Semarang

Ide Tempat dan Produk Jualan di Semarang

Setelah melihat target pasarnya, sekarang kita bisa menarik benang merah untuk lokasi jualan di semarang yang bagus.

Pada dasarnya semua tempat di Semarang bisa digunakan untuk berjualan serta berdagang, bahkan ada tempat makan yang berada di gang sempit bisa sangat populer sampai luar kota.

Tapi tentu saja bab kualitas tidak bisa dibohongi, untuk saat ini kita akan membahas perjalanan awal berdagang dan berjualan di Semarang.

Jadi antara target dan tempat jualan harus di pikirkan dengan baik sebelum langsung memutuskan untuk terjun ke lapangan.

Karena pembagian persentase target pasar ada 3 variabel, maka kemungkinan variabel tempat usaha untuk penyetara dan penyeimbang maksimal ada 5 lokasi usaha yang memadai.

1. Ruko atau Toko dekat Pusat Keramaian

Faktor sebab akibat berlaku disini, semakin dekat tempat jualan dengan pusat keramaian misalnya pusat perbelanjaan atau pusat destinasi wisata pasti akan semakin mudah mendapatkan konsumen.

2. Area dekat Tempat Kerja atau Pendidikan

Yang kedua kembali melihat variabel dari latar belakang profesi, maka dari hari senin sampai sabtu sudah pasti area tempat kerja atau pendidikan tidak akan sepi dari orang berlalu-lalang, cocok dibuat usaha.

3. Jalur Akses Utama

Masih terkait dengan tempat jualan nomor 1 dan 2, untuk menuju tempat pusat ekosistem bisnis atau tempat kerja dan pendidikan pasti akan melewati jalan utama.

Sepanjang jalan utama tersebut tentu saja bagus untuk jualan apapun produknya, tinggal belajar bagaimana membuat promosi yang menarik pembeli.

4. Area Berkumpulnya orang Di Hari Tertentu

Semarang adalah kota dengan penduduk yang majemuk, semua profesi dan minat bercampur jadi satu. Apalagi ada hari-hari tertentu saat semua orang berkumpul misalnya ketika CFD.

Jualan di area CFD Semarang sudah pasti sangat strategis ataupun kamu bisa jualan di area pasar dadakan sabtu minggu.

5. Jaringan Usaha Online

Pusat dari Provinsi Jawa Tengah, semua infrastruktur mulai dari fasilitas fisik sampai jaringan internet sudah sangat mumpuni. Lapak bisnis online juga mempuyai jangkauan konsumen yang sangat luas.

Semua kantor pusat jasa ekspedisi di Jawa tengah berkumpul di Kota Semarang, jadi apalagi yang menghalangi kamu untuk memulai bisnis online ?

Ide Produk Jualan di Semarang

Setelah melihat target pasar dan lokasi usaha yang cocok, sekarang saatnya mengulas produk apa saja yang bisa laku di Semarang.

1. Makanan Berat Standar

Maksud makanan berat standar ya tidak lain seperti olahan ayam, nasi goreng, dan dagangan nasi yang lain ataupun olahan mie atau bahan pokok yang utama.

Semarang banyak sekali pekerja yang sibuk dari pagi sampai malam, pastinya makanan jadi akan menjadi pelabuhan ketika pulang kerja ataupun kalau memang sengaja tidak masak karena suatu hal.

2. Makanan dan Minuman Kekinian

Salah satu keanehan Semarang dengan kotanya yang sudah Besar adalah dominan orang penasaran dengan makanan dan minuman baru.

Sayangnya hampir sebagian besar menunya tidak bertahan lama, harus ada inovasi yang terus menerus atau peralihan ke menu meraknyat.

3. Tempat Nongkrong

Pelajar dan anak muda, tempat nongkrong bisa jadi satu ide usaha di Semarang yang memikat, pastikan banyak benefit yang dicari misalnya wifi gratis dan sebagainya.

4. Barang Otomotif

Sarana berangkat kerja atau ke sekolah secara umum menggunakan kendaraan pribadi. Kamu bisa jualan serba serbi sekitar mobil atau motor, mungkin barang ataupu jasa perbaikan.

5. Peralatan Hobi

Mulai naik daun beberapa tahun terakhir segala macam aksesoris dan barang-barang dari sisi minat dan bisnis hobi. Antara peluang usaha dan resikonya jelas terlihat 50:50, tapi tidak ada salahnya sebagai ide usaha.

6. Fashion

Tuntutan kerja, tuntutan sosial semuanya pasti akan mulai dari penampilan. Semua pernak pernik atau barang fashion mendapat target terbesar di Kota Semarang.

7. Semua yang berhubungan dengan Gadget dan Komputer

Yang ini tidak perlu dibahas lagi, di semua kota besar barang dan jasa yang berhubungan dengan Gadget ataupun komputer banyak dicari, dan jangan lupa banyak saingan.

8. Jasa Kebersihan

Karena kesibukannya para penduduk semarang, tak bisa dipungkiri jasa kebersihan seperti Laundry atau kebersihan rumah banyak dicari, bahkan sebagian besar pelaku usahanya berasal dari luar kota.

9. Perawatan Tubuh

Kota besar dan tuntutan penampilan tidak mungkin bisa dipisahkan, banyak sekali ide usaha pada sub perawatan tubuh yang bisa kamu pertimbangkan.

10. Barang kebutuhan Sehari-hari

Barang dan bahan kebutuhan pokok tidak mungkin sepi pembeli, asal berikan pelayanan terbaik misalnya layanan antar.

Jangan lupa air minum atau bahan bakar untuk tujuan apapun seperti memasak dan sebagainya bisa menembus semua target pasar.

11. Tempat Tinggal

Perlu kamu tau, sekarang hampir 40% penduduk semarang berasal dari luar daerah, bisa karena kerja atau kuliah. Usaha seperti kost atau kontrak rumah bisa kamu perhitungkan bila mempunyai lahannya.

12. Bidang Kesehatan

Usaha dan jasa dibidang kesehatan membutuhkan keahlian khusus, kabar baiknya bidang ini masih sedikit persaingan karena legalitas dan sisi keilmuan sangat dituntut untuk dimiliki.

13. Jasa Transportasi

Ide dan saran usaha di Semarang tidak lain adalah bidang transportasi, apapun bentuknya. Karena itupula ojek online di Semarang sangat luar biasa pesat perkembangannya.

Perkembangan Jualan Di Semarang

Melihat teori dan ulasan di atas sepertinya Jualan di Semarang itu mudah, Kesimpulan seperti itu adalah kesalahan yang amat besar.

Dengan luasnya target pasar Jualan di Semarang maka perang harga dan persaingan bisnis tidak dapat dihindari. Kalau cuma alasan agar punya uang banyak, maka lupakan saja rencana untuk memulai usaha.

Menjalankan usaha atau bisnis di Kota Semarang butuh lebih dari sekedar ingin punya uang, harus ada alasan lain yang membuat kamu selalu kuat untuk berjalan di dunia usaha.