Cara Menyimpan Adonan Roti dan Roti Tawar di Kulkas

Cara Menyimpan Adonan Roti dan Roti Tawar di Kulkas

Hariantrendingtopik.com - Cara menyimpan adonan roti ataupun roti tawar di kulkas jangan dilakukan dengan sembarangan karena alih-alih jadi awet justru bisa menjadi keras.

Anda hobi atau sering membuat makanan jenis roti dalam jumlah banyak ? Anda sering bingung bagaimana cara menyimpan adonan roti nya kalau sisa atau ditinggal pergi ?

Cara menyimpan adonan roti agar awet dan tidak cepat berjamur sebenarnya tidak sulit, bahkan bisa dibilang gampang, tetapi memang harus menggunakan teknik khusus dan jangan sembarangan memasukkannya ke dalam kulkas.

Jika adonan roti dimasukkan sembarangan kedalam kulkas atau asal masuk saja, bisa jadi bukan awet tapi malah akan berjamur dan busuk.

Cara menyimpan adonan roti ini bisa digunakan untuk semua jenis adonan roti seperti roti tawar, gandum, maryam, jala, canai, pizza, bolu, bahkan roti burger, tetapi dengan syarat adonan masih utuh dan belum melewati proses pemasakan.

Cara menyimpan adonan roti di kulkas agar awet


1. Istirahatkan adonan yang sudah difermentasi ( Proofing ) sampai mengembang sekitar 2 kali lipat dari ukuran asli, kemudian lubangi adonan atau kempeskan sampai tidak ada udara di dalam adonan. Padatkan adonan dengan cara dibulatkan atau bisa bentuk lainnya.

2. Siapkan kantong plastik, bisa kantong plastik biasa atau plastik cling warp. Bungkus adonan yang sudah dipadatkan tadi dengan plastik, sebaiknya menggunakan 2 lembar plastik agar tidak mudah sobek saat adonan di simpan. Pastikan adonan dibungkus dengan rapat dan tidak ada udara di dalamnya.

3. Jika adonan hanya disimpan sebentar saja, misalnya pagi adonan dibuat dan sore akan di panggang, adonan yang sudah di bungkus plastik bisa diletakkan pada tempat makanan atau di beri alas kertas saja tidak masalah.

4. Jika adonan akan disimpan dengan waktu yang lama misalnya 2-3 hari, anda bisa memasukkan adonan yang sudah dibungkus rapat dengan plastik pada tuperware atau jenis tempat makanan yang kedap udara, kemudian taruh di dalam freezer kulkas.

Dengan Cara Menyimpan Adonan Roti diatas, adonan dapat bertahan sekitar 5 hari. Untuk cara mengeluarkan adonan dari kulkas, jangan menggunakan penghangat makanan atau merendam dengan air hangat untuk mencairkannya.

Cukup dengan buka bungkus adonan dan diamkan dalam suhu ruangan sampai adonan kembali dalam keadaan lunak seperti saat sebelum disimpan dalam kulkas.

Cara Menyimpan Roti Tawar agar Awet dan tidak Cepat Berjamur


Cara Menyimpan Roti Tawar agar Awet dan tidak Cepat Berjamur

Selain menyimpan adonan, apakah anda juga sering menyimpan roti tawar untuk dikonsumsi lagi ?

Pada umumnya hampir semua orang "salah" dalam cara menyimpan roti tawar. Cara menyimpan roti tawar agar awet tidak jauh berbeda dengan cara menyimpan adonan roti.

Hanya saja jika roti tawar langsung di simpan di kulkas setelah kemasan dibuka justru akan lebih cepat rusak atau berubah teksturnya daripada yang disimpan di suhu ruangan.

Roti tawar yang langsung di simpan di kulkas (bukan pada freezer) akan lebih cepat mengalami retrogradasi yaitu sebuah proses yang menyebabkan roti akan mengalami rekristalisasi dan menjadi keras.

Jadi, jika anda berniat menyimpan sisa roti tawar yang tidak habis dikonsumsi, anda bisa mencoba beberapa tips berikut yang mungkin bisa membuat roti lebih awet sekitar 4 hari sampai 1 minggu.

1. Jangan Terburu-buru Membuka Kemasan Roti

Jika anda membeli roti tawar tetapi tidak berniat untuk langsung dikonsumsi atau untuk persediaan, lebih baik jangan langsung membuka kemasannya. Kemasan roti tawar dari pabrik memang sudah di desain agar dapat mempertahankan kondisi roti tawar lebih lama.

Saat membeli roti tawar, usahakan membeli roti dengan kemasan yang tertutup sempurna dan sulit dibuka dan bukan roti tawar dengan kemasan terikat. Sebenarnya hal ini berlaku untuk kemasan semua jenis roti.

Roti dengan kemasan yang tertutup dan belum terbuka akan awet sampai 1 minggu di suhu ruangan dan dapat awet lebih lama di freezer. Jadi jangan khawatir untuk membeli lebih dari satu kemasan roti tawar.

2. Pindahkan Roti ke Tempat Makanan yang Kedap Udara

Hal terpenting yang pertama kali harus diperhatikan dalam cara menyimpan roti tawar di kulkas adalah tempat untuk roti itu sendiri. Setelah kemasan dari pabrik dibuka, udara dan kelembaban di sekitar roti akan membuat roti lebih cepat berubah teksturnya.

Sebisa mungkin setelah membuka kemasan roti, langsung pindahkan roti ke tempat yang kedap udara. Anda juga bisa memasukkan roti kedalam tempat kedap udara bersama dengan kemasan plastiknya yang sudah dikeluarkan semua udara yang berada dalam plastik.

Banyak sekali jenis tempat makanan kedap udara yang dapat digunakan seperti fresh box, glasslock microwave, sealware, klip to keep dan masih banyak jenisnya.

Jika roti tawar tidak langsung habis saat dikonsumsi, anda dapat menyimpan roti tawar dengan cara membagi dua setelah membuka kemasan roti. Jadi ketika akan mengambil roti dari kulkas, ambillah satu kotak saja dan biarkan kotak lainnya tetap didalam kulkas.

3. Bekukan Roti dalam Freezer

Cara menyimpan roti tawar dalam kulkas yang paling awet adalah dengan membekukannya pada freezer. Dengan proses pembekuan, roti akan bertahan lebih dari satu bulan. Cara ini sangat cocok untuk anda yang sering membeli roti tawar dalam jumlah banyak.

Anda bisa membungkus roti dengan alumunium foil kemudian masukkan kedalam plastik dan membekukannya setelah itu, atau dengan memindahkan roti ke tempat makanan zip lock kedap udara baru dimasukkan ke dalam freezer.

Tentu saja roti tawar yang dibekukan dalam freezer akan mengeras dan alot, tetapi bukan mengkristalisasi.

Roti yang keras karena beku dapat dicairkan dan menjadi keadaan lembut seperti semula walaupun mungkin daerah kulit roti akan sedikit terasa crispy, sedangkan roti yang keras karena mengkristalisasi tidak akan berubah menjadi lembut kembali.

Tips Cara Mencairkan Roti yang Dibekukan dalam Freezer Kulkas


1. Keluarkan roti dari dalam tempatnya, pindahkan ke tempat dengan suhu ruangan normal dan biarkan saja kurang lebih satu jam sebelum akan dikonsumsi. Dengan begitu roti akan kembali ke tekstur awalnya.

2. Jika anda ingin mengkonsumsi roti dalam waktu yang lebih cepat, anda dapat menghangatkan roti menggunakan microwave.

Sebelum memanaskan roti menggunakan microwave, ada baiknya jika sudah dialasi paper towel dan jangan terlalu lama, sekitar 10-15 detik saja sudah cukup. Dengan cara ini bagian dalam roti akan tetap lembut meskipun bagian luar sedikit garing.

3. Cara mencairkan roti yang terakhir ini akan sangat amat mudah dan relatif cepat. Ambil roti dari dalam tempat kedap udara, jika belum terbungkus plastik, anda dapat membungkusnya terlebih dahulu kemudian taruh roti pada penghangat nasi.

Cara ini akan membutuhkan waktu sekitar 10menit sampai roti kembali menjadi lunak setelah dibekukan.

Cara menyimpan roti tawar dalam kulkas di atas sebenarnya dapat anda gunakan untuk menyimpan roti dengan jenis apapun seperti roti gandum, bolu atau burger asalkan bukan roti yang sudah diberi isian di dalamnya. Sebelum membeli roti dengan jumlah yang banyak, pastikan juga mengecek masa kadaluarsanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel