Inilah Arti Kode CX di Mobil - Mobil Mazda dari Seri ke Seri Seperti CX-5 CX-9 CX-60

Hariantrendingtopik.com - Sudah tau dong pastinya kalau Mobil-mobil buatan Mazda banyak memakai kode inisial CX di depan seri dari mobilnya, seperti misalnya Mazda CX-3, CX-5, CX-8, CX-9, CX-60 dan seri dengan CX lainnya. Tidak mungkin tidak kalau inisial CX pada mobil-mobil Mazda hanya sebuah seri saja, pastinya ada maksud dan artinya tersendiri.

Kali ini HarianTrendingTopik ingin megulas sedikit maksudnya tentang Arti nya kode CX di Mobil-mobil Mazda yang biasa kita temui dan lihat. Pertama sebagai informasi yang harus kamu tau yaitu Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku Agen Pemegang Merek dan distributor Mazda di Indonesia.

Ketika artikel ini dibuat, model terbaru dari Mazda adalah All New Mazda CX-60 yang merupakan Mobil SUV premium dengan mesin mild hybrid, dimana mobil ini menjadi elektrifikasi pertama Mazda di Indonesia, pada seri ini juga terlihat kalau Mazda menggunakan kode CX disertai kode nomor tertentu.

Arti kode CX di Seri Mobil Mazda

Hampir dominan mobil Mazda yang diluncurkan di Indonesia sering memakai inisial CX, ya misalnya seri lain Selain CX-60 seperti CX-3 Pro 2.0, CX-30, CX-5, CX-8, CX-9, CX-9 AWD dan kemudian seri seri diatasnya. Inisial CX pada Mobil-mobil Mazda terlihat biasanya adalah jenis mobil yang menerapkan gaya SUV atau crossover pada serinya.
 
Arti nya kode CX di Mobil-mobil Mazda
Mazda CX-5 2022 (Sumber : Dok. Mazda)

Yaaaa masuk juga, kalau Hariantrendingtopik baca dari berbagai sumber seri seri mobil, huruf C ini bisa menjadi inisial dari kata “Crossover”, kemudian untuk huruf X nya lebih masuk ke istilah sport atau sportscar, diatas seri mobil mobil yang digunakan pada tujuan umum.

Nah untuk angka yang disertakan setelah inisial CX ini lebih disebutkan merujuk untuk dimensi dan kategori mobil yang dibuat Mazda. Untuk saat ini seri kecil yaitu CX-3 dan untuk seri yang paling besar yaitu CX-9, mungkin nanti bisa juga ada seri yang lebih besar ataupun seri lebih kecil, gimana Mazda nya aja lah ya, tapi untuk sementara ya seperti itu.
 

Kode Selain CX di Mobil Mazda Seperti MX

Kemudian tentang jenis mobil-mobil Mazda yang tidak menggunakan inisial CX pada serinya, mobil mobil tersebut bisa kita lihat berjenis sedan, hatchback, atau juga jenis estate Misalnya, ada Mazda2 hatchback, Mazda2 sedan, Mazda3 hatchback dan sebagainya, pokoknya bukan jenis Crossover atau sport, lebih ke elegan dan luxury.

Selain kode CX, kita juga pernah lihat pastinya seri mobil Mazda yang menggunakan inisial MX seperti misalnya seri MX-5 RF A/T atau MX-5 RF M/T dan sebagainya. Ternyata inisial MX ini disebut dan dikaitkan dengan singkatan dari Mazda Experimental project, mobil dengan kode MX ini biasanya jenis mobil sport juga, sering dibuat dengan kapasitas dua penumpang dengan atap yang bisa dibuka alias konvertibel, intinya seri MX mungkin lebih seperti seri mobil sport khusus dari Mazda.

Okee, kamu pilih mana nih ?? kalau Hariantrendingtopik sendiri sih masih suka dengan seri – seri CX yang kalau dilihat-lihat lebih cocok buat gang dan manuver di jalan – jalan kota.