Tips dan Cara Bisa Mendapatkan Foto Produk yang Terlihat Menarik Murah Meriah

Hariantrendingtopik.com - Kali ini kita akan ngulas bab tentang foto produk, tentu kita sebagai seller sangat penting untuk perlu tau konsep dasar cara foto produk agar bisa menjadi menarik dan tentunya rendah cost untuk awal bergelut di dunia online shop. Kualitas Foto Produk yang menarik perhatian akan menjadi daya tarik tersendiri dari sebuah toko online.

Kamu juga pasti menyadari kalau di beberapa toko online yang sering dikunjungi dan punya rating bagus tentu sudah dapat dipastikan bahwa fotonya bagus dan menarik, foto produk yang menarik ini pastinya berpengaruh cukup banyak untuk mendapatkan calon pembeli dan pengunjung yang akan tertarik untuk check out.

Kenapa Hariantrendingtopik merasa Hal ini penting ? Perihal ini jelas karena pada dasarnya manusia adalah makhluk visual yang cenderung melihat sesuatu dari tampilan fisik suatu produk, maka dari itu sebagai penjual maka kita harus menyikapinya dengan memberikan tampilan foto produk yang menarik.

Cara Agar Foto Produk Bisa Terlihat Menarik

Kamu Cari Bagaimana Cara Foto Produk yang Menarik ? Coba 10 Langkah ini !

Memang sangat disayangkan jika teman - teman penjual online hanya memasang foto biasa saja dan atau kurang fokus karena nantinya foto tersebut akan dilihat banyak orang. Hariantrendingtopik punya nih 10 tips cara mengambil foto produk yang menarik untuk toko online yang ingin di share dan pastinya rendah cost serta mudah dicoba.

1. Pastikan Pencahayaan Ke Produk Cukup

Mungkin tentang pencahayaan yang cukup ini kamu bisa mengambil foto secara outdoor, kemudian pastikan intensitas cahaya mataharinya tinggi untuk hasil yang lebih baik, jadi kamu bisa memotret foto di siang hari. 

Dan kemudian jika kamu ingin bisa mengambil foto di dalam ruangan untuk semua waktu, maka usahakan untuk mencari ruangan yang terpapar cahaya matahari dengan baik atau gunakan lampu tambahan secukupnya, karena kalau berlebihan pasti over budget.

2. Gunakan Kamera Smartphone Saja

Kamu tidak perlu mendapatkan foto produk yang menarik harus di foto dengan kamera yang mahal, gunakan saja kamera smartphone, itu sudah sangat cukup mengingat kamera smartphone sekarang kualitasnya sangat oke. 

Perhatikan saja bagaimana teknik penngambilan fotonya dengan benar, janga tidak asal-asalan. Dan ingat ya, faktor pencahayaan masih menjadi poin utama yang harus diperhatikan.

3. Tidak Perlu Sewa Studio

Awal bergelut di usaha jualan online tidaklah perlu untuk sewa studio, karena pasti akan menjadi berat di keuangan dan wira wiri nya. Hariantrendingtopik sarankan untuk buat studio foto sendiri di rumah yang minimalis dan simple. Usahakan saja untuk memiliki lampu sorot, background, dan perlengkapan sederhana lainnya tanpa harus menyewa perlatan super mahal.

Fokus yang harus diperhatikan bagaimana produk tersebut terlihat dan terdeskripsikan dengan jelas, beli saja studio mini yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran,harganya pun terjangkau jika dibandingkan dengan harus berkali-kali ke studio foto untuk mendapatkan foto produk yang bagus dan menarik.

4. Penting Untuk Paham Brightness dan Contrast

Saat mengambil sebuah foto produk maka dari pengalaman Hariantrendingtopik sangat penting untuk memperhatikan dua pengaturan yang ada di kamera kamu yaitu brightness dan contrast, antara brighness dan contrast harus seimbang agar objek produk yang kamu foto terlihat lebih bagus dan menarik.

Brightness ini adalah sebuah atribut persepsi visual di mana sumber muncul untuk memancarkan atau memantulkan cahaya, mudahnya yaitu mengatus seberapa banyak cahaya yang masuk ke dalam sebuah gambar. Kemudian tentang contrast adalah perbedaan pencahayaan atau warna yang membuat sebuah objek dapat dibedakan dari warna sekitarnya.

Pengaturan antara brightness dan contrast harus seimbang dan saling berkaitan antara satu sama lain, jadi kalau kamu mengubah brighness, maka contrast juga harus diruban dan sebaliknya. Pengaturan ini biasanya dilakukan setelah selesai mengambil foto produk dan di edit pada aplikasi seperti Photoshop atau PhotoScape dan lain sebagainya, gunakan yang mudah saja.

5. Pakai Background Polos Berwarna Netral

Kalau kamu berpikir jika semakin ramai background foto akan semakin menarik pula hasilnya ? Lebih baik cek kembali contoh yang pernah ada, karena di toko online itu semakin ramai background foto dan banyak hiasan justru akan membuat calon pembeli yang melihat foto tersebut tidak fokus pada produk utama yang kamu jual.

Bahkan pembeli justru bisa bingung tentang produk yang kamu jual, agar tidak terjadi hal seperti itu, maka sebaiknya gunakan background foto yang polos dan berwarna netral seperti putih, coklat, hitam atau motif kayu dan sebagainya. Aksesoris pemanis bole digunakan tapi secukupnya saja jangan terlalu banyak, jadi pembeli akan bisa langsung melihat barang yang kamu jual.

6. Coba Ambil foto Dari Banyak Sudut

Kemudian cobalah ambil Foto produk dari banyak sudut, kan jumlah foto produk yang bisa diupload ke toko online itu biasanya 4-5 foto, maka dengan begitu pembeli akan bisa melihat produk dari banyak sisi juga.

Dannn kadang kala sebuah produk akan terlihat lebih bagus dan menarik ketika produk tersebut di foto dari sudut tertentu, maka demikian sangat disarankan untuk kamu harus mengeksplorasi produk yang ingin kamu foto dari berbagai sudut agar kamu menemukan sudut yang bagus. Jangan hanya menampilkan produk dari tampak depan saja.

7. Tentang Pakai Foto Model

Yaaaa memang sih sebuah produk akan bisa terlihat lebih bagus dan menarik apabila menggunakan model yang memakai atau membawa produk tersebut. Misalnya, untuk produk kaos anak muda, maka kamu bisa gunakan model yang memakai kaos tersebut. 

Sesuaikan juga kaos yang kamu jual dengan celana atau aksesoris lainnya yang sesuai agar kemeja tersebut terlihat bagus dan lebih menarik untuk dibeli oleh calon pembeli. Tidak perlu sewa model mahal, minta aja teman kamu untuk dijadikan model dadakan.

Nah semisal untuk produk elektronik seperti smartphone, tablet, ataupun laptop mungkin juga bisa menggunakan model. Caranya minta model yang kamu ingin foto berpura-pura memperagakan sedang menggunakan produk elektronik tersebut seperti menggunakan smartphone utnuk telpon dan sebagainya.

8. Gambar Produk yang Tematik

Maksud dari gambar produk Tematik di sini adalah kamu membuat sebuah tema pada saat kamu melakukan photo shoot produk yang kamu jual. 

Contohnya jika yang dijual adalah sepatu safety boots, maka kamu bisa membuatnya lebih menarik dengan foto bertemakan seorang pekerja konstruksi atau pekerja lapangan yang sedang bekerja di sebuah proyek, intinya seperti photo produk dengan konsep dimana barang tersebut akan digunakan.

9. Lakukan Edit Seperlunya Saja

Selanjutnya photo produk harus di edit, ya tentu saja untuk mempercantik hasil foto. Tidak perlu gunakan aplikasi mahal, gunakan saja aplikasi pendukung yang bisa di download gratis, karena tidak perlu juga mengedit sangat banyak, apalagi mengingat masih dalam fase awal jualan. 

Jangan berlebihan menambahkan filter atau efek karena penggunaan efek yang terlalu berlebihan hanya akan membuat foto produk kamu terlihat seperti palsu. Ingat, produk yang terlihat asli akan bisa lebih diterima pembeli, lagipula bisa saja pembeli kecewa karena produk yang ia terima tidak sesuai dengan yang ada di foto jika menggunakan banyak filter. Atur saja untuk pencahayaan dan kontrasnya saja.

10. Wajib Tambahkan Watermark

Kalau sebuah foto produk kamu ambil dengan tangan sendiri, maka Hariantrendingtopiksarankan untuk wajib menggunakan watermark, alasan sederhana saja agar foto tersebut tidak dipakai oleh penjual online lain tanpa ijin. 

Jangan pasang watermark pada bagian pojok foto karena watermark tersebut akan mudah dihapus, pasang watermark di tengah produk dengan pengaturan tranparansi foto agar tidak menutupi jelas bagian produk, dengan begitu foto kamu akan tetap aman, kalau tetap ada yang pakai, berarti itung itung promosi gratis.

Kira kira seperti Itulah ulasan dari beberapa cara mengambil foto produk yang bisa kamu lakukan agar foto produk kamu terlihat lebih bagus dan menarik perhatian para pengunjung dan calon pembeli, dan tentu saja masih hemat biaya. 

Kalau nanti omset kamu sudah tinggi dan keuntungan sudah besar, baru terserah kamu kalau ingin menggunakan jasa foto studio. Semoga tips cara foto produk yang Hariantrendingtopik ulas diatas bisa bermanfaat yaa. Terimakasih sudah mampir.