Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Jenis Tipe Rumah dan Kisaran Harganya

Macam Jenis Tipe Rumah dan Kisaran Harganya

Hariantrendingtopik.com - Ketika kamu berencana beli rumah maka pasti akan ada banyak macam dan jenis tipe rumah yang menjadi pilihan, dengan menentukan tipe rumah yang akan dipilih maka kita akan bisa memperkirakan kisaran harga dari rumah tersebut.

Di Indonesia sendiri ada beberapa tipe rumah yang biasa digunakan dan harus kamu pahami. Tipe - tipe rumah ini akan menentukan klasifikasid dari rumah tersebut dan pada umumnya semakin besar tipe rumah maka bisa semakin tinggi harganya.

Kalau untuk sebutan istilahnya sih misalnya rumah sederhana, rumah menengah, dan rumah mewah. Nah setiap istilah ini punya istilah turunan atau kriteria yang lebih spesifik sesuai dengan ukuran rumah tersebut seperti tipe rumah 45, 60, 70 dan sebagainya.

Mungkin disini yang paling penting kamu harus mengetahui dan memahami ukuran serta karakteristik dari tiap ukuran tersebut.

Faktor Dari Tipe- Tipe Rumah

Faktor Dari Tipe- Tipe Rumah
Sebelum masuk ke tipe - tipe rumah, ada pentingnya untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi dari tipe rumah yang ada. Apalagi ini sebuah rumah, sebuah kebutuhan primer yang ketika dibeli atau dibangun akan digunakan dalam waktu lama dan banyak sekali pertimbangan yang harus dipikirkan.

1. Lokasi dari Rumah

Pertama kali yang harus dipikirkan sebelum membeli rumah atau menentukan tipe rumah yang diinginkan sebaiknya cek lokasi terlebih dahulu dan juga jarak tempuh rumah ke tempat penting seperti kantor, sekolah atau tempat perbelanjaan.

Dengan tipe rumah yang sama, semakin mudah dan dekat dengan pusat kota maka harganya akan semakin tinggi, apalagi jika yang kamu tuju adalah perumahan maka tipe rumah yang ditawarkan tidaklah banyak, hanya tipe-tipe rumah umum saja.

2. Luas Lahan

Nah, berikutnya yang berpengaruh untuk tipe rumah yaitu luas lahan, karena sudah pasti ukuran tipe rumah akan lebih kecil dari luas lahan yang ada, begitu juga soal harganya, sudah pasti kalau lokasi dari luas lahan tersebut berpengaruh untuk harganya.

Mungkin dalam satu kompleks perumahan yang sama tapi yang satu berada di bagian depan kompleks dan yang satu lagi berada di bagian belakang kompleks, sudah pasti luas lahan yang ada akan berbeda.

3. Pertimbangan Faktor Lingkungan

Sepertinya poin ini tidak terlalu banyak berhubungan dengan tipe rumah yang akan dipilih, tapi jika kamu berencana menempati rumah dalam jangka waktu yang lama atau memang membeli rumah untuk tinggal permanen dan berkeluarga maka pertimbangan faktor lingkungan bisa menjadi hal yang harus dipikirkan.

Carilah rumah di lingkungan yang sesuai dengan usia kamu, misalnya kompleks perumahan atau rumah tapak yang banyak anak muda, atau mungkin area perumahan yang banyak keluarga muda baru, jika lingkungan rumah memiliki tetangga yang usianya sudah jauh di atas kamu maka lebih baik jadikan pilihan terakhir.

Hal ini akan berhubungan dengan tipe rumah yang akan dipilih, karena tipe rumah yang sesuai untuk anak muda single akan berbeda dengan tipe rumah keluarga baru dan tentu akan berbeda juga dengan tipe rumah untuk orang - orang yang sudah berumur. Tujuannya agar proses membesarkan dan mendidik anak bersama keluarga kondusif.

Kategori Rumah yang Umum di Indonesia

Kategori Rumah yang Umum di Indonesia

Disemua belahan dunia, tipe rumah akan banyak macam jenisnya. Tapi untuk Indonesia sendiri rumah dikategorikan menjadi beberapa dan tiap kategori tersebut akan memiliki range tipe rumahnya masing masing.

1. Kategori Rumah Sederhana

Kategori yang pertama yaitu tipe rumah sederhana yang biasanya merupakan bangunan satu lantai dengan luas bangunan kurang dari 90 meter persegi serta didalam desainnya semua berunsur sederhana dan normal seperti hunian biasa.

Kategori ini dirancang secara efektif dan sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan penghuni di lahan yang terbatas misalnya seperti mereka yang mencari rumah untuk sendiri dan kesehariannya bekerja, jadi biaya yang dibutuhkan tidak begitu besar, kemudian kategori rumah sederhana memiliki rang rumah tipe 21, 36, 45 dan 60.

2. Kategori Rumah Menengah

Kategori berikutnya yaitu rumah menengah memiliki luas bangunan berkisar antara 90-300 meter persegi dan karakternya membawa tema rumah sederhana atau minimalis yang bisa terdiri dari satu lantai atau dua lantai dengan luas bangunan di range tersebut.

Rumah kategori hunian menengah memiliki lebih banyak ruangan daripada rumah sederhana karena luas lahannya lebih besar dan tipe rumah yang masuk dalam kategori ini yaitu tipe 90, 120 dan seukuran di range tersebut.

3. Kategori Rumah Mewah

Terakhir jika luas bangunan rumah lebih dari 300 meter persegimaka termasuk pada kategori rumah mewah, tidak perlu mengukur luas bangunannya, dari terlihat mata saja kita pasti sudah tau kalau sebuah rumah dikatakan mewah. Ya, mulai dari tanahnya yang jauh lebih luas daripada hunian biasa dan rumahnya bisa tingkat 2 atau 3 dengan tiang penyangga utama yang besar.

Katergori ini tidak memiliki pembagian tipe yang mendetail karena bukan merupakan hunian yang umum dimiliki masyarakat terutama pada tanah Indonesia, mungkin hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu atau di lingkungan perumahan elit. Soalan harga jual bisa mencapai enam kali lipat harga jual rumah sederhana yang jika dinominalkan maka diatas satuan Milyar.

Tipe Rumah dan Kisaran Harganya

Berikutnya Hariantrendingtopik.com akan mencoba menjelaskan dan mendiskripsikan tipe - tipe rumah yang sering dan banyak ditemui di wilayah kita.

Rumah Type 21

Pertama ada rumah tipe 21 yang tergolong sebagai tipe rumah sederhana dengan luas bangunan sekitar 21 meter persegi hingga 24 meter persegi, pembagian ruangan pada umumnya ada satu kamar tidur, kamar mandi dan ruangan multifungsi.

Dan untuk kamar mandi dan dapur biasanya berada atau diletakkan terpisah di luar rumah agar area dalam lebih luas, dengan ukurannya yang kecil fungsi rumah ini jarang sekali menjadi rumah tetap dan seringnya menjadi rumah sewa atau dikontrakkan kepada orang-orang yang berasal dari luar kota dan bekerja di kota tersebut.

Rumah Type 36

Tipe rumah berikutnya yang sering ditemui yaitu tipe 36 dan tipe ini merupakan salah satu yang paling populer dengan luas bangunan 36 meter persegi memiliki susunan ruang ada 2 kamar tidur kemudian 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, dapur dan 1 kamar mandi.

Rumah Type 36 banyak diminati karena cocok untuk keluarga kecil serta harganya yang terjangkau di kisaran Rp300-400 juta, dengan kebergunaan serta keterjangkauannya maka biaya bulanan yang dikeluarkanpun relatif lebih sedikit.

Rumah Type 45

Rumah Type 45 memiliki susunan ruangan yang hampir sama dengan tipe 36, untuk keluarga kecil rumah dengan tipe ini sudah sangan nyaman, dengan ukuran ruangan yang lebih luas maka setiap anggota keluarga akan mendapatkan ruang gerak lebih leluasa dan bangunan lebih mudah untuk ditinggikan atau dibuat 2 lantai.

Lahan untuk Rumah type 45 umumnya memiliki luas 6 x 7.5 dan range harganya mulai antara Rp500 juta sampai Rp900 jutaan dan belum sampai satuan 1M.

Rumah Type 54

Kalau kamu menginginkan rumah dengan 3 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan satu kamar mandi maka bisa memilih Tipe rumah 54. Luas bangunannya 54 m2 yang mampu untuk memiliki 3 kamar tidur nyaman.

Rumah tipe ini sangat cocok untuk keluarga dengan dua orang anak, biasanya bangunan ini dibangun diatas tanah dengan ukuran 9 kali 6 m2, rumah tipe 54 sudah memiliki carport minimalis atau garasi yang muat untuk satu mobil dan 2 sepeda motor.

Standarnya rumah type 54 memiliki ruangan dalam rumah yang lebih lega, jadi sangat disarankan untuk keluarga kelas menengah, range harganya hampir sama dengan tipe 45, kalau nominalnya mungkin mulai di angka 600 juta an keatas.

Rumah Type 60

Berikutnya ada Rumah type 60 yang luas bangunannya 60 m2 dengan pembagian ruangan menjadi tiga kamar tidur serta ruang tambahan, mungkin bisa menjadi tempat ibadah atau untuk kamar asisten rumah tangga.

Rumah tipe ini disarankan untuk keluarga dengan 2-3 orang anak dan menginginkan ruangan lebih lega, kelebihan dari tipe 60 juga biasanya memiliki pekarangan atau halaman yang cukup luas bisa untuk taman atau berkebun.

Rumah type 60 jika dibangun diatas tanah yang mumpuni biasanya hanya akan menjadi satu lantau dengan 4 kamar, atau kalau memang tanahnya terbatas maka sering dibangun menjadi dua lantai. Dimensi umum dari tipe ini yaitu 6 kali 10M. Untuk rumah tipe 60 yang dibangun 2 lantai harganya berkisar 1M di tengah kota besar, dan pasti akan memiliki harga yang lebih rendah jika lokasinya berada di pinggir kota.

Rumah Type 70

Luas bangunan dari tipe ini berkisar di 70 meter persegi seperti rumah tipe 70 pada umumnya, sering kita lihat kalau rumet tipe 70 ini dibangun 2 lantai dengan 4 kamar serta dibagian depan ada taman dan carport.

Tapi jika keadaannya membeli rumah tipe 70 dari desain bawaan perumahan, dasarnya kamu akan mendapatkan 4 hingga 5 buah kamar yang tersebar di dalam rumah kemudian kelebihannya memiliki ruang pendukung yang lebih luas. Harga rumah type 70 berkisar di range 1-2 milyar untuk daerah kota besar dan mungkin bisa lebih rendah jika berada di pinggoran kota.

Rumah Type 80

Tipe diatas 70 ada rumah tipe 80 dengan luas bangunan 80 meter persegi namun kalau dilihat sih rumah tipe 70 dan 80 ini tidak terlalu berbeda, misalnya saja ada luas tanah 100meter persegi, untuk tipe 70 memiliki luas bangunan 70 meter persegi yang biasa ditulis 70/100, kemudian untuk tipe 80 memiliki luas bangunan 80 meter persegi yang biasa ditulis 80/100, jadi perbedaannya hanya sedikit hanya di luas bangunannya.

Rumah tipe 80 ini memiliki lebih banyak ruang yang cukup luas terdiri dari kamar tamu, ruang keluarga, 3 sampai 4 kamar tidur, kemudian biasanya memiliki 2 kamar mandi serta satu ruangan dapur. Taman kurang avaliable untuk tipe ini, namun lebih bagus untuk desain bangunan 2 lantai modern.

Rumah Type 90

Selanjutnya ada Rumah type 90 yang memiliki lias bangunan sekitar 90 m2. Panjang dan lebar rumah biasanya 10 m x 9 m, atau 11.25 m x 8 m, atau 15 m x 6 m dan sebagainya yang menghasilkan rumah sekitar 90m2.

Perlu dipahami kalau tipe 90 ini bisa dibangun diatas luas tanah yang sangat beragam, bisa 110 m2, 120m2, 130m2, hingga 150m2. Nah angka 90 ini adalah luas bangunannya, jadi kita akan sering menemukan promosi rumah dengan tertera angka 90 didepannya, seperti
  • ( 90/110 )artinya luas bangunannya adalah 90 m2 dan luas tanahnya adalah 110 m2
  • ( 90/120) artinya luas bangunannya adalah 90 m2 dan luas tanahnya adalah 120 m2
  • ( 90/130) artinya luas bangunannya adalah 90 m2 dan luas tanahnya adalah 130 m2
  • ( 90/150) artinya luas bangunannya adalah 90 m2 dan luas tanahnya adalah 140 m2
Rumah tipe 90 sering di kategorikan sebagai tipe mewah karena halamannya yang cukup luas, dibandingkan dengan tipe 70 kebawah, maka tipe 90 akan terlihat sangat luas dan harganya selalu naik karena desainnya yang rata-rata bagus dan nampak mewah. Bicara soal harga, rumah tipe 90 ini dikota besar seperti Semarang atau Surabaya, harganya sudah diatas 1,4M tergantung lokasi, semakin menjauhi kota besar maka harganya relatif akan turun.

Rumah Type 100

Rumah denganTipe 100 pada umumnya dibangun diatas tanah dengan luas 150m2, dan akan sangat jarangsekali kita lihat jalanan umum, rumah tipe ini tergolong rumah mewah yang lebih banyak menjadi cluster perumahan mewah, atau mungkin rumah yang berada di samping jalan raya penghubung antar kota.

Luas bangunan 100m2 bisa dibangun dengan 1 lantai atau 2 lantai, untuk bangunan 1 lantai kamu bisa mendapatkan 4 kamar tidur dan ruang pelengkap lainnya, untuk bangunan 2 lantai kamu bisa dapat hingga 5 kamar tidur dengan 2 kamar mandi. Harga rumah ini menyentuh 2M di kawasan kota, karenaitu digolongkan sebagai rumah mewah.

Rumah Type 120

Hampir terakhir yaitu Rumah dengan tipe 120 yang bisa disebutkan sebagai tipe rumah paling luas di pasar properti Indonesia dengan luas bangunannya 120 meter persegi dan biasanya rumah tipe ini bertujuan untuk diaplikasikan berbagai gaya arsitektur yang digemari pemilik rumah.

Karena memang tanahnya yang luas rata-rata diatas 150m2 rumah dengan tipe ini punya semua ruangan yang dibutuhkan seperti 4-5 kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, ruang makan, dapur, hingga ruang kerja. Dari segi harga pasti expensive ya mengingat selera menjadi tujuan utama dari bangunan rumah ini.

Rumah Type 150

Rumah dengan tipe 150 sepertinya jarang sekali ditemui pada pasar properti Indonesia, kalau yang lebih besar justru ada untuk mereka yang memang ingin rumah dengan tipe besar dan mewah sedangkan tipe 150 ini tebilang nanggung, namun rumah tipe 150 bisa digolongkan ke kategori rumah mewah.

Hunian dengan tipe 150 memiliki luas bangunan 150meterpersegi yang dibagun diatas tanah seluas 180meter persegi keatas, jadi taman, carport luas, garasi, taman belakang bisa sangat mumpuni untuk diaplikasikan. Rumah tipe 120 dan 150 pada umumnya desain bangunan bukan konsep perumahan, melainkan dibangun sesuai desain selera si pemilik tanah.

Tipe Rumah Minimalis

Tipe Rumah Minimalis

Sedangkan tentang tipe rumah minimalis yaitu merupakan sebuah konsep dari fungsi tujuan serta kebergunaan dari ruangan yang ada, jadi rumah denga tipe berapapun seperti 54, 60 hingga keatas bisa mengaplikasikan konsep rumah minimalis.

Tipe Rumah Minimalis adalah sebuah konsep tata ruang sebuah rumah yang bertujuan fungsional sehingga bisa mendapakat kesan ruangan atau rumah yang luas dengan tiap ruangan yang bisa digunakan untuk berbagai fungsi.

Tipe rumah sederhana dan tipe minimalis ini hampir sama tapi pada konsepnya memiliki perbedaan yang mendasar, rumah sederhana lebih menyesuaikan luas lahan yang ada sedangkan rumah minimalis merupakan konsep yang diterapkan pada bangunan dengan luas berapapun.

Rumah tipe minimalis lebih sesuai dengan mengisi ruangan menggunakan perabotan sederhana dan simpel untuk menghindari ornamen berlebiha yang tidak multifungsi.