Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bisnis Restoran Bertahan Di Masa Pandemi

Tips Bisnis Restoran Bertahan Di Masa Pandemi

HarianTrendingTopik.com - Bisnis di bidang makanan pastinya akan sangat berimbas ketika masa PSBB seperti sekarang, mungkin ada beberapa tips yang bisa anda coba agar bisnis restoran bisa bertahan di masa pandemi.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berisi protokol kesehatan yang mau tidak mau membuat restoran mengurangi pengunjung makan di tempat hingga 50%.

Baca juga : 5 Bisnis Online yang Naik Daun Di Masa Pandemi

Otomatis pendapatan akan berkurang, karena itu sangat disarankan untuk bisnis restoran beradaptasi dengan sejumlah teknologi agar tetap mendapatkan pelanggan dengan cara yang lain dan tetap taap aturan protokol kesehatan.

Optimasikan Bisnis Ke Pelayanan Via Teknologi

Kondisi pembatasan jumlah pelanggan seperti ini bisa di atasi dengan mengoptimasikan sistem bisnis dengan serangkaian teknologi baru agar tetap mendapatkan pelanggan dan meminimalisir sentuhan maupun kontak langsung.

Pemanfaatan teknologi yang dimaksud seperti pemesanan online, pembayaran via digital, dan juga membuat platform sendiri sehingga pelanggan bisa tetap pesan dan menu makanan bisa diantar sampai rumah.

Adaptasi Teknologi QR Code

Untuk mengurangi ribetnya klak klik menu dan sebagainya mungkin scan QRcode sangat harus di adaptasi untuk mengakses menu hingga melakukan pembayaran dan sebagainya, bisa juga untuk mengaksek ke aplikasi dari restoran anda sendiri.

Disisi lain khusus pembayaran sesegera mungkin untuk menerapkan sistem cashless atau pembayaran digital, bisa menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) atau juga QRCode dengan bekerjasama pada salah satu platform pembayaran elektronik.

Layanan Pesan Online Delivery Harus Ada

Demi mengatasi 50% pengurangan kapasitas pelanggan maka salah satu tindakan yang bisa diambil yaitu menerapkan platform online delivery sehingga pelanggan bisa memesan makanan favorit tanpa harus pergi ke restoran.

Berikan Promo Khusus Menggunakan Fitur Digital

Peralihab ke sistem pesanan digital, pengiriman online hingga pembayaran via elektronik harus dikenalkan ke pelanggan dengan suatu cara khusus.

Maka dari itu promo tertentu jika menggunakan fitur digital yang baru dari restoran bisa diberikan kepada pelanggan, sehingga para pelanggan tau kalau restoran anda punya fitur-fitur baru tersebut.

Baca juga : Cara Ampuh Membuat Konten Media Sosial Menjadi Viral

Segera Adaptasi Platform Teknologi Pesanan dan Pembayaran Terbaru

Dimasa pandemi dan diterapkannya PSBB, sebagai pengelola restoran sudah seharusnya segera beradaptasi dan mengimplementasikan sistem digitalisasi ke bisnis restoran yang sedang dijalankan.

Pasalnya hal ini menjadi satu-satunya cara untuk mendapatkan perhatian pelanggan kembali setelah menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan jumlah pelanggan yang makan ditempat.

Menggunakan fitur dari platform pengiriman makanan, pemesanan online atau pembayaran digital yang sudah ada dan banyak dipakai orang juga menjadi rekomendasi karena peralihan ke sistem digital mandiri dari bisnis akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Namun tindakan-tindakan ini penting untuk di analisa dan dilakukan sehingga bisnis retoran tetap bisa bertahan di situasi pandemi seperti sekarang dimana sistem makan bayar konvensional sudah tidak bisa bertahan lagi.