Ads.txt Muncul Lagi ? Coba Cara Ini

Ads.txt Muncul Lagi ? Coba Cara Ini

Hariantrendingtopik.com - Notifikasi ads.txt sudah lama muncul dan bisa dengan mudah diatasi, tetapi beberapa bulan kebelakang notifikasi ads.txt ternyata keluar lagi tanpa alasan yang terperinci.

Oke, dulu tinggal mengaktifkan kustom ads.txt di menu monetisasi dengan memasukkan kode yang diberikan oleh Adsense kemudian nunggu 1 - 2 hari saja, notifikasi sudah hilang dengan sendirinya.

Tapi kali ini sedikit berbeda, kode masih terpasang dan menu monetisasi masih aktif tapi notifikasi tersebut masih muncul lagi dan sulit hilang. Cara memberikan label yang benar.

Kalau kamu juga mengalami hal yang sama, kamu bisa mencoba cara berikut yang tentunya sudah Kang Hartrop coba, siapa tau juga bekerja untuk akun adsense mu.

Mengenal Notifikasi ADS.txt


Mengenal Notifikasi ADS.txt

"Ads" pada ads.txt adalah singkatan dari Authorized Digital Sellers atau dalam bahasa Indonesia adalah Penjual Digital Resmi, meskipun artinya kurang sesuai dengan pengertiannya.

Intinya, kode pada ads.txt berfungsi sebagai alat otoritas bahwa website atau blog kamu teridentifikasi menayangkan iklan adsense secara sah dan sudah terverifikasi.

Tujuan harus diaktifkannya kode ads.txt tersebut tidak lain untuk menjaga situs yang belum terverifikasi menampilkan kode iklan kamu.

Jadi hanya domain situs yang sudah berhasil terverifikasi oleh Google Adsense dan terpasang kode ads.txt lah yang pendapatannya akan terhitung kemudian masuk saldo.

Kenapa bisa Notifikasi Ads.txt Muncul Lagi ?

Untuk pertanyaan tersebut, jujur Kang Hartrop belum paham secara keseluruhan tetapi yang jelas kemunculan notifikasi tersebut meskipun kode masih terpasang ada hubungannya dengan pihak domain ketiga atau custom domain TDL.

Entah apapun tujuannya, untuk saat ini bisa disimpulkan Adsense akan sangat selektif memantau mitra publishernya termasuk penggunaan domain ketiga.

Cara Menghilangkan Notifikasi Ads.txt yang Muncul Lagi


Langsung saja ke cara step by step menghilangkan notifikasi ads.txt yang muncul kembali, cara ini bekerja untuk akun Adsense Kang Hartrop dan semoga juga bekerja untuk akun adsense kamu.

1. Pastikan Blog kamu sudah Custom Domain

Yap, pertama kali pastikan blog kamu sudah memiliki custom domain dan bukan berdomain gratis blogspot.com. Berapa lama blog menghasilkan uang ?

Karena cara yang Kang Hartrop share ini tidak berfungsi kepada domain blogspot.com dimana domain tersebut sudah terdaftar adsense sebelum adanya proses verifikasi situs.

Mungkin, masih mungkin lho ya, belum pasti, kode ads.txt ini ada hubungannya dengan memastikan hanya TLD atau custom domain saja yang terhubung dengan akun non-hosted.

2. Pastikan Ceklis pengalihan Domain sudah Tercentang

2. Pastikan Ceklis pengalihan Domain sudah Tercentang

Setelah mengupgrade domain kamu ke pihak ketiga atau TLD, pastikan pengalihan domain dari tanpa www. ke domain dengan www. sudah tercentang.

3. Periksa akses Url situs kamu

Sekarang cobalah akses URL situs kamu dengan www atau tanpa www. Pada dasarnya url situs domain ke tiga ada 4 bentuk alamat, yaitu :

- https://www.domainkamu.com/
- http://www.domainkamu.com/
- https://domainkamu.com/
- http://domainkamu.com/

Cobalah untuk mengakses ke empat bentuk url tersebut dan pastikan semua teralihkan ke homepage situs kamu dan jangan sampai ada satupun yang eror atau 404.

4. Nonaktifkan menu Monetisasi dahulu

4. Nonaktifkan menu Monetisasi dahulu

Langkah berikutnya matikan dahulu menu monetisasi custom ads.txt dahulu meskipun sebelumnya sudah ada kode yang terpasang.

Untuk blog bisa masuk ke "Setelan-Preferensi penelusuran-Monetisasi-pilih tidak-Simpan". Sepertinya tidak begitu berpengaruh, tapi ada baiknya mengikuti alur algoritnya dimana robot akan memproses tiap perintah yang masuk.

5. Siapkan Kode Ads.txt

5. Siapkan Kode Ads.txt

Kode ads.txt sebenarnya sama saja dengan sebelumnya, atau agar lebih mudah kamu tinggal klik download dan copy isi file txt tersebut.

6. Aktifkan Monetisasi , Masukkan Kode, Simpan

6. Aktifkan Monetisasi , Masukkan Kode, Simpan

Berikutnya alur sama dengan poin nomor 4, tapi pilih aktifkan dan masukkan kode ads.txt kamu kemudian simpan.

Sampai disini proses pemasangan kode ads.txt sudah benar seharusnya, kamu tinggal melakukan langkah terakhir yaitu pengindekan ulang.

7. Pengindexan URL Hompage ulang

Tujuan pengindeksan ulang url homepage situs kamu bertujuan agar robot web meng crawl ulang kode-kode yang tertanam di situs kamu termasuk kode ads.txt dan kode di <head../head>.

Caranya copy kode hompage kamu misalnya https://www.domainkamu.com/ dan masukkan ke URL inspection pada Google Search Consele dan minta pengindexan ulang. Cara agar artikel mudah terindex.

Penutup

Cara untuk menghilangkan notifikasi kode ads.txt yang muncul kembali walaupun sudah ada kode yang terpasang sudah selesai, kamu tinggal menunggu maksimal 2x24 jam atau 2 hari agar notifikasi tersebut hilang dengan sendirinya.

Jikapun notifikasi tersebut masih muncul kemungkinan ada masalah dengan url domain pihak ketiga kamu. Nanti jika ada perkembangan informasi tentang kode ads.txt, akan Kang Hartrop ulas di post selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel