Penyebab dan Cara Mengatasi Jaringan Internet Tri 3 Lemot

Hariantrendingtopik.com - Sudah tau Penyebab dan Cara Mengatasi Jaringan Internet Tri 3 Lemot ? Seperti yang kita tau provider tri merupakan provider paling muda dan masih termurah diantara provider-provider lainnya.

Maksud Mas Topik, karena 3 termasuk provider paling muda, adalah hal yang wajar jaringan dan koneksinya terkadang bermasalah di lokasi tertentu misalnya sinyal hilang ataupun lemot.

Karena punya outlet pulsa dan paket data, Mas Topik mau men-share sedikit info tentang penyebab dan cara mengatasi koneksi jaringan internet Tri yang Lemot.

Cara Mengatasi Jaringan Internet Tri 3 Lemot

Cara Mengatasi Jaringan Internet Tri 3 Lemot

1. Pilihan Jaringan Tri 3G, HSDPA dan 4G LTE

Perlu kamu tau, di era pesatnya jaringan komunikasi, tidaklah mudah bagi operator muda untuk memperluas jaringan. Paket Internet tri Terbaru

Alasan utamanya karena harga frekuensi di Jaringan yang sudah banyak digunakan kala itu sudah sangat mahal misalnya 3G dan HSDPA, berbeda dengan provider lama yang sudah tumbuh ketika mulai masuk jaringan tersebut.

Secara singkatnya bagi operator baru akan lebih mudah mengembangkan daerah jangkauan sinyal dengan jaringan terbaru yang lebih murah, yaitu 4G LTE.

Jadi jika kamu pengguna Tri merasa lemot dengan pengaturan koneksi yang Otomatis, cobalah gunakan 4G Switcher untuk mengganti koneksimu hanya ke 4G saja dimana jaringan 4G memiliki jangkauan speed yang lebih tinggi.

Pernah mengamati iklan provider 3 di TV ? Pasti dengan gencarnya menawarkan kecepatan tinggi di jaringan 4G bukan ? salah satu alasannya ya itu tadi, karena perluasan jangkauan koneksi akan lebih mudah di jaringan baru.

2. APN ( Access Point Name ) Tri

Tidak banyak berpengaruh sebenarnya, tapi untuk APN ( Access Point Name ) tetap layak dibahas pada semua operator karena setiap operator punya APN sendiri-sendiri.

Perlu di garis bawahi bahwa mengganti APN ini hanya akan mengubah jangkauan lebar koneksi atau QOS yang diberikan, dan tidak akan menambah atau mengurangi kuota kamu.

Kalau kamu pengguna Tri, masuk ke pengaturan APN seperti biasa, buatlah APN baru dengan nama 3data dan APN nya juga 3data, tanpa spasi.

Seharusnya jika berhasil dan berada di jaringan 4G, kecepatan internet kamu akan meningkat sebanyak 10-25%.

3. Lokasi Kamu dan Jangkauan Sinyal Tri

Melihat kembali pada poin pertama, yang menjelaskan kalau perluasan jaringan akan lebih murah di jaringan baru yaitu 4G.

Permasalahannya tidak semua daerah tercover akses perangkat jaringan 4G atau BTS 3. Serta karena masih terbilang provider baru, maka jumlah BTS tidak terlalu banyak seperti operator yang sudah lama.

Cara ceknya sangat mudah, jika bar sinyal kamu hanya 1 atau 2 bar saja dan koneksi lemot, cobalah untuk pindah lokasi dimana bar sinyal kamu bertambah.

Lokasi yang menurut Mas Topik mudah terkena jaringan 4G biasanya di daerah pinggir kota dan sekitar kabupaten, yang harga sewa tanah untuk pendirian BTS masih murah.

4. Pilihan Paket Internet Produk Tri

Langsung ke solusinya kalau paket internet 3 kamu lemot, cobalah untuk melihat sisa kuota atau mengganti kuota internet Tri kamu ke paket umum lainnya.

Pilihan paket yang Mas Topik rekomendasikan salah satunya paket 3 AON atau AlwaysOn. Kenapa paket AON?

Paket AON adalah salah satu paket internet 3 yang sudah ada paling lama dari paket internet Tri lainnya.

Maksudnya paket ini sudah banyak yang pakai dan kualitasnya sudah dirasa baik oleh sebagian besar user 3. Cara Cek Nomor Tri

Solusi Terakhir Cara Mengatasi Jaringan Internet Tri 3 Lemot

Kamu sudah ganti jaringan ke 4G, ganti APN, ganti paket tapi tetap masih lemot ? Bukan maksud Mas Topik mengatakan kartu yang kamu pake tidak bagus, hanya saja lebih baik kamu ganti kartu provider yang paling kuat jangkauan sinyalnya di lokasi kamu.

Kamu bisa tanya ke anak-anak muda di daerah kamu tentang provider apa yang paling bagus sinyalnya di tempat kamu, jangan tanya yang paling murah, kalau ada yang murah dan bagus ya tidak apa-apa juga.

Atau, kamu bisa tanya ke abang outlet pulsa terdekat di daerah kamu, seperti Mas Topik yang sering ditanya kuota yang bagus, ngepasi pula memang paling kenceng di tempat Mas Topik ya provider Tri.