Usaha Pembuatan Stempel, Mudah Sedikit Saingan

Usaha Pembuatan Stempel, Mudah Sedikit Saingan

Hariantrendingtopik.com - Bisnis atau jasa pembuatan stempel baik stempel warna atau stempel kayu tidak bisa dipungkiri pasti ada yang membutuhkan dan mencari.

Peran stempel, tentu saja dibutuhkan oleh semua isntansi, kelompok, organisasi dan apapun itu dimana memiliki label. Bisa berupa label dagang maupun label suatu kelompok.

Stempel hampir menjadi barang yang wajib ada ketika berurusan dengan dokumen apapun bentuknya, karenanya pembahasan tentang Bisnis , analisa usaha dan keuntungan jasa pembuatan stempel berikut semoga bisa menjadi informasi tambahan untuk anda.

Memulai Bisnis Usaha Pembuatan Stempel


Bisnis Stempel Warna

Stempel warna adalah variasi jenis stempel model baru dengan tinta yang diserap kedalam bantalan busa sehingga warna stempel bisa menyesuaikan sesuai yang di inginkan.

Stempel Warna lebih digandrungi pada masa kini karena hasil cap nya yang bagus dan tidak membutuhkan peralatan lain. Bisnis atau Usaha Apa Ya ?

Bisnis Stempel Warna lebih banyak diminati pasar moderen karena selain hasil capnya yang sudah bagus, bentuk dan bahan stempel lebih terlihat elegan. Tapi jika membuka usaha stempel ada baiknya melayani keduanya antara stempel warna dan kayu.

Bisnis Stempel Kayu

Stempel Kayu adalah stempel dari generasi pertama dimana material stempel dari kayu dan bagian karet cap bersifat paten dan tidak dapat di isi tinta.

Stempel Kayu membutuhkan bantalan terpisah serta tinta yang berwarna ungu saja karena bahan dari tinta tersebutlah yang mudah menempel pada karet cap.

Sangat tidak portabel dan kemungkinan tinta tercecer bisa terjadi sehingga berkesan mudah kotor. Namun jenis stempel kayu masih sering dicari salah satunya untuk cap "Lunas" karena cap stempel kayu dinilai tidak mudah rusak dibagian karet cap dan pegangannya.

Bisnis stempel alangkah baiknya melayani kedua jenis stempel tersebut karena alat yang dibutuhkan hampir sama, bahannya saja yang berbeda.

Analisa Usaha Stempel

Analisa Usaha Stempel


Kesan pertama usaha stempel pastilah tidak banyak saingan karena bisa dilihat tidak banyak outlet pembuatan stempel dalam satu wilayah.

Faktor yang membuat usaha ini minim saingan yaitu :

1. Bukan kebutuhan primer
2. Intensitas kebutuhan yang rendah
3. Tidak dibutuhkan setiap hari
4. Keuntungan stagnan per pcs
5. Prospek bisnis kedepan terlihat terbatas

Sedikitnya saingan bisa menjadi nilai positif dan negatif, tergantung bagaimana cara kita menyikapinya. Yang jelas usaha pembuatan stempel ini baik warna taupun kayu tidak dapat berdiri sendiri.

Maksudnya adalah dalam satu tempat, toko, kios atau ruko dengan label usaha stempel, anda juga harus mengisi pelayanan dengan menu yang lain tentunya yang masih dalam satu koridor percetakan, misalnya pembuatan wallpaper dinding, mug gambar, pin, kaos atau aksesoris pesanan lainnya.

Cara Memulai Bisnis Stempel


Cara Memulai Bisnis Stempel tidak berbeda dengan memulai bisnis yang lain, jika belum paham caranya pasti akan kebingungan untuk mulai dari mana. Usaha Sampingan Jasa Pembuatan Pin dan Gantungan Kunci.

Salah satu saran Kang Hartrop untuk memulai bisnis stempel adalah dengan menemukan mentor. Pilihan mentor ada 2 yaitu yang paling mudah dengan ikut paket bisnis stempel, dengan demikian anda akan diajari berbagai macam ilmu dasarnya.

Cara kedua dengan mencari dan belajar dari kenalan yang paham tentang pembuatan stempel, tidak semudah cara pertama, tapikelebihannya anda tidak perlu terikat dengan perjanjian frenchise atau waralaba.

Bahan dan Alat yang dibutuhkan untuk Usaha Stempel

Kebutuhan bahan dan alat standar saja sebenarnya tidak terlalu rumit, jika anda mengikuti paket bisnis stempel pasti sudah disediakan dan lengkap dengan material stempelnya.

Alat dan bahan standar yang dibutuhkan

- Komputer set dengan Printer laser jet
- Pemotong busa dengan kawat panas
- Mesin Stempel Sinar UV
- Bahan bodi stempel ( dijual perpaket ukuran jadi tidak buat sendiri )
- Busa atau karet stempel (dijual perpaket juga)
- Kertas Kalkir
- Lem dan bahan alat percetakan lainnya

Nilai kebutuhan modal untuk usaha stempel dalam hitungan kasar tidak lebih dari 50juta diluar tempat usaha atau bangunan jika bersifat pribadi, jika terikat dengan paket usaha stempel tergantung dari paket penjualan yang ditawarkan.

Keuntungan Bisnis Stempel


Melihat potensi dari keuntungan bisnis stempel, kita tidak bisa berharap berkembang dengan cepat, maka dari itu pada salah satu point di atas, Kang Hartrop menyarankan agar tidak hanya stempel saja di satu tempat.

Tipikal pembeli stempel pada umumnya membeli untuk suatu instansi atau keperluan stempel, setelah itu stempel akan digunakan pada waktu lama, hanya saja jika kesan pertama sudah bagus maka kemungkinan besar jika ingin membuat stempel maka akan kembali ke tempat anda.

Untuk stempel umum diameter 4Cm dengan harga jual berkisar di angka 50ribu, anda bisa mendapatkan keuntungan sekitar 20-40% tergantung dari bahan yang digunakan.

Nilai positif dari keuntungan bisnis stempel yaitu tidak ada persaingan harga karena yang dicari pembeli adalah kualitasnya dan tidak mungkin ada yang menawar. Perang Harga Dalam Bisnis.

Jika anda ingin meningkatkan penghasilan di bisnis stempel, sepertinya hanya ada satu jalan yaitu membuat brand bisnis stempel anda kemudian membuka cabang di lokasi lain, kabar baiknya membuka cabang usaha stempel sangat amat mudah.

Paket Usaha Stempel


Pilihan terbaik untuk awal yang ada jika anda ingin memulai tapi bingung harus dari mana, mungkin anda dapat membeli paket usaha stempel yang sekaligus diajari teknik pembuatanya.

Paket usaha stempel adalah sebuah metode yang digunakan oleh pelaku bisnis stempel dimana bertujuan membuka cabang tapi dengan perjanjian bagi untung.

Jika mengikuti paket stempel, kemungkinan besar bahan jadi pegangan stempel sudah sekaligus dipasok, jadi anda tidak perlu bingung mencari.

Tidak masalah mengikuti waralaba paket usaha stempel, karena dari sana ilmu pembuatan stempel mudah didapatkan dan info-info dari pengalaman owner nya.

Biasanya paket usaha stempel bertarif 10juta, 20juta, 30juta dan kelipatannya tergantung kebijakan pelaku bisnis. Perbedaan harga paket usaha dikarenakan adalah perbedaan alat dan jumlah bahan yang didapatkan.

Semua nilai paket usaha tentunya diluar dari kebutuhan modal untuk lokasi bisnis, jadi sewa tempat atau renovasi semuanya anda sendiri yang melakukan.

Sukses Bisnis Stempel


Mungkinkah sukses dari bisnis stempel ? Jawabanya sudah pasti Iya, dan selalu ada kemungkinan. Bagaimana bisa tau akan sukses atau tidak ? Mudah saja jika anda serius menjalankan bisnis ini sudah pasti akan banyak pengalaman yang anda dapatkan.

Dari pengalaman selama perjalanan inilah nantinya yang akan memberi ide usaha lain atau optimasi dan variasi dari bisnis anda, termasuk dengan membuka sistem waralaba.

Satu hal yang mudah terlihat dari bisnis stempel, jika sudah mampu berdiri sendiri usahakan untuk membuat brand bisnis anda dan selanjutnya bukalah cabang di setiap daerah. Kelebihan yang anda dapatkan ketika menjalankan bisnis stempel yaitu kontrol bisnis yang mudah dan tidak ribet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel