Sudah Tau Faktor Penyebab Perbedaan Kebutuhan dari Setiap Orang ?

Sudah Tau Faktor Penyebab Perbedaan Kebutuhan dari Setiap Orang ?

Hariantrendingtopik.com - Faktor Penyebab Perbedaan Kebutuhan Setiap Orang. Berbicara mengenai kebutuhan antara orang yang satu dan orang lain pasti berbeda. Perbedaan kebutuhan bisa terjadi tidak lain adalah karena faktor alami yang berjalan bersama kehidupan itu sendiri.

Pada artikel ini Kang Hartrop akan membahas mengenai Faktor - faktor apa saja yang menyebabkan perbedaan kebutuhan setiap orang. Walaupun yang dibahas biasa-basa saja, tapi semoga bisa menjadi masukan dari sudut pandang yang lain ketika menyikapi kebutuhan setiap orang.

Faktor - faktor apa saja yang menyebabkan perbedaan kebutuhan setiap orang ?


1. Faktor Jenis kelamin

Perbedaan jenis kelamin pastinya menyebabkan perbedaan kebutuhan setiap harinya. Antara pria dan wanita tentu akan sangat berbeda dalam kebutuhan perawatan tubuhnya.

Lokasi tempat makan, pakaian, sampai hobi pun akan membuat perbedaan yang cukup signifikan. Menurut Kang Hartrop, faktor pertama ini memang punya pengaruh besar yang menjadi penyebab perbedaan kebutuhan.

2. Faktor Usia

Bayi, anak-anak, dewasa, orang tua dan kakek nenek. Dari ke-5 jenjang kehidupan tersebut yang menjadi pembeda adalah faktor usia.

Faktor usia bisa menjadi penyebab perbedaan kebutuhan setiap orang karena pada jenjang usia tersendiri, segala kebutuhan mulai dari primer sekunder dan tertier akan selalu mengikuti bertambahnya usia tersebut.

3. Faktor Tingkat Nilai atau Jumlah pendapatan seseorang

Penghasilan seseorang sudah pasti berpengaruh dengan kebutuhan yang harus dipenuhi. Mereka yang berpenghasilan lebih besar pada umumnya akan memiliki tuntutan penampilan yang harus dipenuhi ketika dilingkungan pekerjaan.

4. Faktor Selera atau Minat

Tidak semua orang memiliki selera atau minat terhadap semua jenis barang yang sama. Maka dari itu semua produsen elektronik dan fashion berlomba-lomba selalu memperbarui tipe dan desain produk mereka.

5. Faktor Harga suatu barang

Faktor harga dari suatu barang berkaitan sangat erat dengan faktor jumlah pendapatan setiap orang. Ke-2 faktor ini tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Dengan adanya perbedaan harga dan jumlah pendapatan, maka sasaran pasar dari setiap orang dengan jumlah penghasilan tertentu akan menuju ke barang dengan harga yang sesuai nilai keuangan mereka.

6. Faktor Geografis

Orang-orang yang tinggal di dataran tinggi akan memiliki sarana transportasi, hiburan dan bahan makanan yang berbeda dengan orang yang tinggal di dataran rendah.

Orang yang tinggal di kondisi geografis dataran tinggi lebih dominan bergantung dengan sayur dan daging ternak. Sedangkan orang yang tinggal di kondisi geografis lebih dominan tertarik dengan ikan dan daging ayam.

7. Faktor Kesehatan

Bertambahnya usia artinya mulai ada perbedaan kondisi kesehatan. Orang yang mudah sakit tentu saja berbeda kebutuhan makan dengan orang yang kuat tahan di segala cuaca. Kondisi kesehatan jelas akan mempengaruhi kebutuhan manusia pada tingkan primer dan sekunder.

8. Faktor Kebutuhan Harian

Seseorang yang sudah berkeluarga dan masih singgle pasti memiliki perbedaan dalam kebutuhan hariannya. Dimana orang yang berstatus singgle pada umumnya akan lebih boros untuk sisi hiburan sedangkan orang yang sudah keluarga akan lebih boros pada sisi kebutuhan konsumsi keluarga.

9. Faktor Kondisi Ekonomi Global

Adanya efek ekonomi global yang mempengaruhi lesunya daya jual beli masyarakat serta nilai kenaikan pendapatan yang stagnan akan mampu merubah pasar untuk menurunkan nilai kualitas demi untuk sampai di nilai harga dari kemampuan serapan pasar.

Faktor Penyebab Perbedaan Kebutuhan dari Setiap Orang Apakah Selalu Sama ?


Kang Hartrop yakin jawabannya pasti tidak akan selalu sama. Seperti yang diuraikan poin ke 9 dimana kondisi ekonomi global akan sangat pengaruh maka perbedaan kebutuhan juga akan beradaptasi menyamakan laju dari ekonomi paling dekat disekitar kita.

Faktor - faktor apa saja yang menyebabkan perbedaan kebutuhan setiap orang tidak bisa dijawab dengan perbandingan nilai yang stagnan atau dengan variable tetap. Bahkan sama-sama orang yang hidup didataran rendah pun akan memiliki perbedaan kebutuhan yang jelas terlihat oleh mata.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel