Inilah Perbedaan Antara Kebutuhan dan Keinginan yang Harus Kamu Tau

Inilah Perbedaan Antara Kebutuhan dan Keinginan yang Harus Kamu Tau

Hariantrendingtopik.com - Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan. Dua kata dimana maknanya hampir sama tapi kenyataannya aksi dalam perilakunya sangat berbeda. Kebutuhan dan Keinginan sangat melekat erat dengan kehidupan manusia karena demikianlah kodrat yang diberikan.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan tidak lain hanya sebatas fungsi dan manfaatnya, walaupun penjelasannya tidak seringkas itu. Kang Hartrop akan mecoba menjelaskan secara mudah agar kamu bisa paham perbedaan antara keduanya.

Pengertian Kebutuhan


Dalam bahasa yang mudah dipahami, kebutuhan adalah semua hal dalam segala aspek yang memang dengan sengaja dan sadar dibutuhkan manusia untuk melangsungkan kehidupannya.

Lebih jelasnya akan ada dorongan niat yang memaksa manusia untuk mendapatkan sesuatu karena mereka sadar mereka sangat membutuhkannya.

Misalnya sebuah pekerjaan yang memang harus dilakukan agar mendapat pundi-pundi rezeki demi menghidupi keluarga. Hal tersebut termasuk sebuah kebutuhan karena manusia secara sadar berpikir harus bekerja untuk mendapatkan uang.

Pengertian Keingingan


Sedangkan Keinginan berada di sisi sebaliknya. Keinginan juga termasuk sebuah kebutuhan, hanya saja sifat dan alasanya tidak harus dipenuhi karena tidak begitu berpengaruh dengan kelangsungan hidup manusia.

Dorongan munculnya sebuah keinginan biasanya berasal dari hati yang ingin merasakan kepuasan dari sesuatu yang diharapkan lebih baik dari yang sudah dimiliki ataupun belum penting untuk dimiliki.

Semisal pekerjaan adalah kebutuhan, maka keinginan adalah sarana untuk melangsungkan sebuah pekerjaan. Ketika ada motor untuk berangkat kerja itu termasuk kebutuhan karena memang manusia membutuhkan transportasi untuk beraktifitas.

Saat motor sudah cukup memenuhi kebutuhan untuk transportasi, ada rasa ingin memiliki mobil agar terlihat lebih baik dalam sisi pandangan sosial daripada sebelumnya itulah yang disebut dengan keinginan.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan


Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan dari Waktu


Kebutuhan relatif membutuhkan waktu yang singkat untuk dipenuhi, misalnya nilai pendapatan seseorang dalam 1 bulan atau sering disebut gaji.

Keinginan tidak terbatas waktu untuk memenuhinya karena jika terpenuhi ataupun tidak juga tidak berpengaruh dengan kehidupan yang akan datang.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan dari Sifatnya


Kebutuhan bersifat mendesak atau memang harus dipenuhi, misalnya ketika badan sakit harus segera minum obat. Obat tersebut termasuk aspek kebutuhan yang harus dipenuhi.

Keingingan bersifat bebas dan tidak harus dipenuhi saat itu, misalnya ketika sakit anda ingin makan makanan yang panas dan terasa menyegarkan, padahal kebutuhan anda yang utama adalah obat agar sembuh dan bukannya makanan sesuai keinginan lidah.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan dari Hasil Ketika Sudah Terpenuhi


Kebutuhan yang terpenuhi akan memudahkan dan memberikan manfaat untuk anda dalam menjalani kehidupan. Misalnya dengan makan nasi dan lauk seadanya di pagi hari sudah cukup untuk menyambung hidup anda hari itu.

Keinginan yang terpenuhi hanya akan menimbulkan rasa kepuasan sesaat saja. Misalnya sarapan pagi dengan Ayam bakar. Sama sama kenyang tidak ada bedanya dengan nasi dan sayur, tidak memberikan manfaat lebih. Hanya saja ada rasa puas di hati karena sudah makan apa yang diinginkan.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan dari Kang Hartrop


Kebutuhan memang harus dipenuhi karena jika tidak akan membuat rutinitas harian kita akan terganggu sedangkan keinginan tidak harus dipenuhi karena memang tidak menimbulkan efek apapun pada kehidupan kita.

Baca Juga : Faktor Penyebab Perbedaan Kebutuhan Setiap Orang

Kebutuhan lebih berdampak dari sudut pandang kita sendiri sedangkan keinginan lebih berdampak kepada hasil sudut pandang orang lain yang melihat kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel