Cara Buka Usaha Konter Pulsa dan Kuota untuk Pemula, Bisa Dilakukan Semua Orang

Cara Buka Usaha Konter Pulsa dan Kuota sebenarnya tidak begitu sulit dipelajari apalagi untuk pemula ( baru mencoba usaha di dunia perkonterpulsaan ). Nilai positifnya, bisnis konter pulsa dan kuota ini umumnya bisa dijalankan oleh semua orang apalagi modalnya relatif kecil.

Apa kamu sedang ingin buka usaha tapi bingung mau bisnis apa yang bisa dilakukan dirumah tentunya harus menghasilkan dan tidak mudah jamuran atau basi dan mudah buat dipelajari ?

Mas Topik menyarankan salah satunya yaitu untuk membuka usaha konter pulsa dan kuota paket data internet bisa menjadi pilihan buat kamu sebagai ide usaha dirumah.

Sebenarnya sangat banyak sekali ide usaha rumahan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan cuan keuntungan atau pemasukan tambahan, bisa jadi malah sumber penghasilan utama. Tapi dari sisi perhitungan dibutuhkan, maka konter pulsa ini lah yang bisa dilakukan dengan modal yang relatif serta pasti dibutuhkan.

Cara Buka Usaha Konter Pulsa dan Kuota untuk Pemula

Selanjutnya jika diperhitungkan kemungkinan besar modal usaha konter pulsa kuota dan Perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuka konter pulsa juga mudah didapat, katakan saja dengan nominal 10 Juta kamu sudah bisa buka konter pulsa. Secara yang terlihat mata pulsa tidak akan basi seperti jenis bisnis makanan serta tidak butuh waktu persiapan yang panjang.

Cara Buka Usaha Konter Pulsa dan Kuota

Cara Buka Usaha Konter Pulsa dan Kuota sangat mudah dipelajari, hanya perlu mencoba dan akan bisa dengan sendirinya seiring waktu. Maksudnya itu usaha ini bisa dipelajari untuk semua orang. Apalagi buat kamu yang merasa belum punya skill khusus, bisa kok buka konter pulsa kuota sembari belajar yang lain.

Jadi berikut ini Mas Topik akan menguraikan dan mengulas beberapa rincian tahapan, modal serta cara promosi untuk kamu sebagai acuan awal membuka usaha konter pulsa, karena jika awalnya sudah bisa, nanti berjalannya waktu pasti akan paham dengan sendirinya mengikuti keinginan pasar.

1. Modal Usaha Konter Pulsa dan Kuota : Tempat yang Cocok

Buka usaha konter pulsa dan kuota  internet tidak butuh tepat yang luas, minimal sekitar lebar depan 3 meter x panjang 4 meter saja juga sudah cukup untuk bisa menjalankan usaha konter pulsa diawal penyesuaian.

1. Modal Usaha Konter Pulsa dan Kuota : Tempat yang Cocok

Justru yang paling penting adalah lokasi parkirnya. Lokasi parkir harus ada. Jika konter bertangga tidak masalah. Lebih baik lagi jika antara parkir dan tempat berdiri beli kuota sangat dekat, kebanyakan karakter pembeli sih 
  1. naruh motor
  2. jalan bentar
  3. beli kuota
  4. di isikan
  5. berhasil dan pergi
  6. mereka ingin proses isi pulsa yang cepat.
Usahakan konter sebaiknya jangan jauh dari jalan raya, lebih dekat dengan jalan akan lebih baik. Jika lokasi konter masih di halaman rumah sendiri, buat saja tempat semi permanen, yang penting dasar nya sudah di plester atau sudah di keramik agar tetap menghemat modal.

Saran dari Mas Topik, jika memang punya dana lebih dan menyiapkan diri untuk usaha di dunia konter pulsa, maka kontrak atau sewa tempat saja di pusat keramaian, karena karakter uang dari usaha ini harus mendekati tempat banyak orang, misalnya : 
  • Dekat Pasar, 
  • Dekat Tempat Kerja, 
  • Sekitar Tempat Makan, 
  • Sekitar Taman dan sebagainya, 
  • pokoknya banyak orang berkumpul untuk tujuan membelanjakan uang.

Modal Usaha Konter Pulsa Kuota : Pendanaan & Keuangan

Modal berikutnya yang harus dibahas karena dibutuhkan untuk membuka konter pulsa dan paket data yaitu berupa uang atau dana, memang untuk mulai usahanya saja tidak lebih dari 15juta. Perhitungan modal tersebut tentunya masih diluar pembuatan tempatnya. Tapi untuk langsung serius, tentu saja perhitungannya tidak semudah itu.

Modal Usaha Konter Pulsa Kuota : Pendanaan & Keuangan

Jadi kamu bisa alokasikan sendiri berapa modal untuk tempatnya karena bahan bangunan yang digunakan akan berbeda-beda. Garis besarnya, kamu sudah punya tempat untuk mulai usaha, dan tempat tersebut berada di pinggir jalan raya atau di kawasan yang ramai orang.

Modal dari Saldo pulsa yang akan diputar ( saldo pulsa yang dibeli dan dijual ) nanti mulai dari berkisar 6-8 juta saja dulu di awalnya, karena nanti akan dipecah menjadi beberapa saldo operator mkios jika sudah ada sales yang datang. Diawal mulai, kamu pasti akan ikut AllOperator dulu sebelum ada sales dari providernya yang datang menawarkan chip mereka masing masing.

Kenapa besarannya hingga 8 jutaan? Hal ini berguna agar tidak bolak balik transfer atau pesen ke sales. Lagipula saldo all-operator juga biasa digunakan untuk transaksi PPOB juga. Untuk top-up kan sekarang harus transfer bank, jadi misalnya ada saldo 10juta, maka kamu tidak akan capek bolak balik transfer, mungkin hanya sebulan 2kali untuk awalnya.

Sedangkan modal untuk voucher fisik kuota internet sekitar 5 juta.an lah Modal sejumlah itu menurut Mas Topik sudah cukup untuk stok paket data, jangan banyak-banyak dulu, intinya per item ada paling banyak 5 pcs saja. Misalnya voucer tri 1gb 5pcs, voucer indosat 1gb 5pcs dan voucher Telkomsel 5GB 5pcs seterusnya agar aman dari masa exp.

Sisa modalnya bisa kamu belikan berbagai macam aksesoris Hp sebagai pelengkap konter. Saran Mas Topik mulai dari 3 jenis saja dulu yang paling sering di cari seperti Cas, Kabel data, dan Handfree atau cas mobil. Dengan persiapan disini, kamu sudah bisa buka usaha konter pulsa dan kuota.

Modal Perlengkapan Pendukung Konter Pulsa dan Kuota

Selanjutnya kamu harus mempersiapkan perlengkapan pendukung untuk membuka konter pulsa agar tempat kamu lebih terlihat seperti outlet, jadi kalau ada orang sekilah lihat langsung berfikir "oh itu konter pulsa". Yang paling dibutuhkan adalah etalase lengkap dengan lampunya.

Modal Perlengkapan Pendukung Konter Pulsa dan Kuota

Panjang etalase untuk tempat aksesoris dan voucher internet menyesuaikan lebar tempatnya, jadi kalau lebar tempat 3 meter, etalasenya bisa 2.5 meter sisanya untuk jalan masuk. Atau mungkin pas kan 3M dan masuk nya lewat belakang atau pintu samping.

Perhitungan waktu mas topik buat Etalase dulu, sepanjang 2,5 meter beserta lampunya rata-rata membutuhkan dana sebesar 1.5 - 2 juta rupiah itu sudah lengkap dan jadi. Untuk masa sekarang kalau kamu baca artikel ini, survei saja ke 3-5 tempat buat etalase dan cari harga rata-ratanya.

Kemudian kamu harus punya alat untuk transaksinya. Ketika pertama kali kamu membuka bisnis konter, yang diperlukan hanya 1 hp untuk transaksi dan 1 hp android untuk kontak ke cs dari server pulsa kamu, hp android juga bisa untuk transaksi juga. 

Update terbaru lebih baik kamu beli langsung 2 smartphone android ram 4 internal 64gb merk terserah dengan jaringan minimal 4G, perangkat ini sudah sangat mendukung untuk usaha.

MMT dan papan iklan kaki segitiga. Ini juga penting agar orang yang lewat tau bahwa kamu itu sedang jualan konter. MMT cukup 1 saja di muka depan konter kamu untuk identitas nama kontermu karena sering sales foto-foto. Kalau kamu bingung, ke tempat cetak banner saja dan bilang "mau buat banner konter pulsa" biasanya mereka sudah punya formatnya dan tinggal sesuaikan ukurannya.

Iklan kaki segitiga juga 1 saja, tingginya kira-kira 1 meter sudah cukup. Gunanya agar orang yang lewat bisa melihat lokasi kontermu dari jauh, tidak perlu daftar harga, cantumkan saja apa yang kamu jual misalnya pulsa,paket data dan aksesoris.

Sepertinya untuk perlengkapan awal hanya itu saja dari Mas Topik karena nantinya akan bertambah sendiri sesuai kebutuhan kamu. Karena yang mas topik ulas di artikel ini untuk cara buka konter pulsa untuk awalnya, nanti berjalan beberapa bulan, kamu juga pasti tau sendiri kebutuhan perlengkapan apa saja yang harus ditambahkan.

Tips Mencari Server Pulsa dan Paket Data

Jika persiapan tempat dan perlengkapan sudah siap semua, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mencari server pulsa untuk dijual kembali. Sepertinya tidak mungkin untuk mengejar MKIOS ketika pertama kali buka, apalagi transaksi juga belum stabil, jadi server all opp menjadi paling bisa dijangkau.

Tips Mencari Server Pulsa dan Paket Data

Kamu bisa tanya ke konter lainnya mereka pake ALL-Opp dari server mana, bagaimana kualitas transaksinya, sering troubel atau tidak. Kamu juga bisa mencari informasi dari facebook karena biasanya serverpulsa memasarkan produk mereka lewat media itu juga.

Cek testimoninya. Ingat jangan utamakan harga yang murah karena harga dapat berubah sewaktu-waktu, cari yang transaksinya jarang troubel, selisih 100perak lebih mahal tidak masalah.

Paling penting carilah yang sistem depositnya mudah dan bisa lewat trasfer bank, serta csnya dapat dihubungi dengan respon jawaban yang cepat. Jika sudah ketemu mulai deposit dari sedikit dulu, 200 ribu kemudian naik pelan pelan.

Kalau selama 5 bulan tidak ada masalah transaksi artinya itu server bener-bener bagus dan lanjutkan saja memakai jasanya, kamu bisa deposit lebih besar misalnya 2juta sekali transfer.

Pengalaman mas Topik, pakai server ALL Operator dari PalyStore android itu sudah cukup bagus, bahkan sampai sekarang mas Topik juga masih pakai salah satunya untuk beli pulsa tiap hari, carilah dengan rating tertinggi dan cek ulasannya, karena ulasan untuk aplikasi seperti ini tidaklah bohong.

Untuk bab ini, sepertinya kamu harus mencoba sendiri, cara mencobanya tidak perlu top up banyak, 200ribuan sudah cukup, nanti tambah tiapkali habis, kalau cocok dan tidak ada masalah, pakai saja server tersebut. Oh iya, cari yang transaksinya bisa lewat Aplikasi Chat misalnya WA dansebagainya.  

Sama seperti mencari server pulsa, mencari agen paket data fisik juga lebih mudah menggunakan facebook. Untuk agen kuota jagan beli langsung banyak, sedikit saja dulu misalnya 3pcs per item. Jika ada masalah dengan returan paket data yang eror, lebih baik cari dan ganti agen lainnya.

Mencari Distributor Aksesoris Untuk Konter

Mencari distributor akasesoris hp yang cocok dari pengalaman Mas Topik memang tidak bisa langsung ketemu dan dari 1 tempat saja, paling tidak kamu harus tau 2 atau 3 tempat yang menjual grosir aksesoris hp.

Mencari Distributor Aksesoris Untuk Konter

Karena apa? setiap tempat grosiran punya produk andalan mereka. Misalnya di tempat A cargernya banyak macam dan harganya miring,tapi aksesoris lainnya mahal dan sedikit macamnya. Begitu pula sebaliknya, di lokasi B, produk handsfree nya banyak dan murah tapi cas dan sebagainya lumayan mahal.

Jadi Memang harus keliling dan mencoba beli kalau mau tau bagaimana kualitas tempat grosiran aksesoris. Untuk Charger beli di grosir mana, untuk Handsfree beli digrosir mana dan seterusnya. Apakah benar memperhatikan komplain konsumen atau hanya mencari untung saja.

Belilah misalnya charger atau cas paling tidak 3 merk dagang dengan harga yang berbeda beda, per merk stok saja 5 pcs. Begitu juga dengan kabel dan handsfree. Begini, ambillah aksesoris kualitas bagus, sedang dan kualitas murah, masing masing 5 pcs misalnya, jadi nanti pembeli bisa milih sendiri.

Cara Promo Konter Pulsa dan Kuota

Promosi konter pulsa tidak sulit-sulit amat, hanya papan segitiga di depan konter sudah cukup. Pastikan jam bukamu stabil dan pas jam-jam trafik jalan ramai, misalnya ketika orang berangkat kerja dan pulang kerja.

Cara Promo Konter Pulsa dan Kuota

Lama-kelamaan pasti juga bertambah sendiri yang datang membeli. Promosi lewat medsos juga tidak masalah, cantumkan saja produk yang ada dan harganya.

Target promosinya jangan terlalu luas, paling besar hanya 1 kecamatan saja. Pasti ada kan grub sharing info di tiap kecamatannya, ukuran segitu justru paling bisa mendatangkan pembeli daripada share ke grub yang lebih luas.

Soal promo harga, jangan terpaut jauh dari harga pasar, karena ketika nanti kamu pakai harga normal, pasti pembeli langsung pergi dan kembali ketempat mereka suka, itungan mudahnya mungkin seperti ini :

Contohnya kuota voucher harga jual 35ribu, itu biasanya ambil dari sales atau grosiran harga 31-32ribu, jual aja 33 ribu sebagai promonya, selisih 2 ribu dari harga pasar. Oh iya, di konter itu berlaku harga cross selling, maksudnya ada barang yang dimurahkan untuk menarik pembeli dan ada barang yang lebih dimahalkan untuk menutup keuntungan dari barang yang dimurahkan tadi.

Jumlah Keuntungan Konter Pulsa dan Kuota

Berbicara tentang Keuntungan Konter Pulsa dan Kuota, kita tidak bisa menuntuk kualitas dari keuntungan itu sendiri karena konter pulsa dan kuota bermain di kuantitas. Maksudnya setiap item untung sedikit antara 1.000 - 5.000, dan jumlah perhitungan didapatkan dari banyaknya pembeli yang datang.

Jumlah Keuntungan Konter Pulsa dan Kuota

Rata rata sih kalau Keuntungan Konter Pulsa dan Kuota itu bisa di hitung berkisar 10% dari harga item yang dijual seperti charger, hp, kabel data dsb, kecuali pulsa yang untungnya stagnan saja sekitar seribu-duaribu pertransaksi.

Untungnya dikit ya ? ya seperti itu lah, maka dari itu harus ngejar di kuantitas atau banyaknya item yang terjual, termasuk voucher internet harus bisa muter terus menerus. Bagaimanapun juga usaha konter pulsa itu tidak butuh banyak skill, jadi untung sedikit dan banyak saingan itu jadi resiko yang harus dihadapi, karena nya faktor modal tempat lokasi jadi yang pertama Mas Topik bahas diatas. Tempat tidak perlu Besar, yang penting banyak trafik orang datang dan pergi.

Setelah Buka Usaha Konter Pulsa dan Kuota

Mungkin pertanyaannya setelah membuka Membuka Usaha Konter Pulsa dan Kuota Paket Data Internet terlihat ada pembeli yang mulai menjadi pelanggan seterusnya bagaimana?

Mudah saja, jalan terus seperti biasa, nanti dengan pengalaman dan setiap hari menggunakan juga pasti akan paham dengan sendirinya apa yang harus dilakukan.

Jika sudah ada sales dari MKIOS datang untuk menawarkan chip, tanyalah dahulu berapa target perbulannya, apakah kira-kira transaksimu bisa menghandlenya atau tidak, bicarakan saja dulu dengan salesnya.

Dan yang paling penting dalam Cara Membuka Usaha Konter Pulsa dan Kuota Paket Data Internet adalah Sabar. Ya, sabar memang sangat dibutuhkan di semua usaha bukan?

Perkembangan Usaha Konter Pulsa dan Kuota

Mengingat persaingan usaha konter pulsa dan kuota semakin pelik dan padat, imbasnya pasti akan kesulitan mendapatkan pelanggan. Jika berlangsung lama pasti akan bangkrut.

Sedini mungkin jika kamu membuka usaha konter pulsa ada baiknya jika mendigitalkan usahamu. Mulai dari yang sederhana saja, promosikan dengan media sosial untuk paket isi ulang internet dan pembayaran via transfer.

Kalau kamu mampu membuat website, buatlah sebuah website khusus untuk usaha kontermu. Sebagai aset jangka panjang sehingga target pasarnya mencakup area yang luas.

Membangun Server Pulsa Sendiri

Tidak menutup kemungkinan jika kamu ingin serius bermain di usaha konter pulsa kuota, ilmu hulunya tentu terkait dengan pembuatan server pulsa mandiri.

Jadikan ini sebagai salah satu tujuan usahamu, yang jelas untuk membangun server pulsa mandiri membutuhkan tenaga, dana, dan pengetahuan teknologi yang memadai.

Kalau kamu membangun website dari awal untuk usaha kontermu dan nanti sudah mampu membangun server pulsa maka kombinasi promosi dan aksesnya lebih mudah dikaitkan satu sama lain.

Jadi Tempat Grosiran

Menurut mas Topik, tujuan agak jauh dari konter pulsa yang paling bisa menguntungkan itu sepertinya jadi server pulsa murah, portal pembayaran atau yang paling bisa dijangkau yaitu jadi Tempat grosiran seperti bisnis lainnya.

Terserah mau di grosiran kuota internet, voucher atau aksesoris HP atau pusat sparepart. Semuanya pasti bisa mendatangkan keuntungan yang besar, tentu kerja keras juga. Dulu memang punya banyak cabang outlet pulsa sangat bisa menjanjikan, tapi sekarang terlihat lebih baik punya satu tempat yang punya nama besar di Grosir barang tertentu. Jadi Selamat Mencoba dan Terus Berusaha !