8 Ide Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil Yang Bisa DiCoba Semua Orang

Sebenarnya Apa sih Ide Bisnis Rumahan yang bisa dijalankan dengan Modal Kecil ? Secara garis besar maksudnya adalah ide-ide usaha yang bisa kamu lakukan mulai dari rumah dengan modal yang sedikit dan nantinya bisa menjadi usaha sampingan.

Beda Bisnis Rumahan dan Bisnis di Rumah

Bisnis rumahan, usaha rumahan, bisnis di rumah secara tata bahasa mempunyai makna yang sama. Meskipun begitu ada beberapa perbedaan yang terlihat.

Perbedaannya hanya Bisnis rumahan mengacu pada obyek bisnis yang akan dikerjakan, sedangankan bisnis dirumah adalah aksi kerja seseorang yang memulai sebuah bisnis dengan ruang kerjanya di sekitar rumah saja.

Bisnis atau usaha dirumah tidak membutuhkan banyak syarat, hanya saja memang sumber pembelinya bersumber dari orang-orang yang lewat di jalan. Jadi bisnis di rumah akan lebih mudah dimulai jika rumah berada di pinggir jalan utama, jalan 2 arah.

Jika jalan terlalu lebar dan hanya 1 arah justru tidak bagus untuk bisnis rumahan karena dengan jalan satu arah hampir semua orang hanya akan terfokus pada perjalanan mereka.

Ukuran Modal untuk Bisnis Rumahan

Modal untuk bisnis dirumah bisa dari berbagai sumber. Jika baru akan memulai jangan mencoba mendapatkan modal dari hutang bank.

Gunakan saja modal yang ada, berapapun jumlahnya. Jika memang membutuhkan modal tambahan pinjamlah kepada saudara atau teman yang bisa dibayar tanpa kelebihan atau bunga.

8 Ide Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

Ukuran modal kecil untuk bisnis rumahan bukan berarti harus dibawah 5 juta. Perbandingannya harus sesuai dengan jenis usaha yang akan dikerjakan.

Dari berbagai informasi yang ada, Mas Topik menyimpulkan ukuran modal kecil untuk bisnis dirumah berkisar antara 20-30juta.

Modal tersebut merupakan perhitungan total dari mulai mendekor tempat, peralatan yang akan digunakan untuk bekerja dan modal kontan yang berputar.

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Jika melihat dari potensinya, tentu saja sangat banyak sekali ide ide dan peluang dari bisnis rumahan yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Tapi tentu saja, harus bisa lihat potensi pasarnya terlebih dahulu, kalau ada potensi pasar bisa langsung di coba.

1. Makanan Ringan (Snack) dan Minuman Trend

Usaha di rumah yang mudah untuk dimulai ya jenis bisnis makanan ringan atau snack. Sedangkan minuman trend seperti jenis yang lagi naik daun apapun bentuknya seperti thai tea, manggo thai dan sejenisnya biasanya dengan sistem franchise.

Makanan ringan atau snack seperti kripik tempe dan kripik pisang butuh modal untuk peralatan operasi seperti kompor set untuk penggorengan, alat press sampai pengering sekitar 3 juta rupiah.

Sedangkan kebutuhan bahan baku untuk perputaran produksi setiap bulan sekitar 10 juta rupiah jika bisnis sudah berjalan. Jika masih awal, modal bahan bakunya bisa menyesuaikan.

Dengan modal bahan mentah sekitar 10 juta, dan terjual habis, keuntungan jual makanan ringan berupa keripik pisang saja bisa sampai 2,5 juta rupiah.

Untuk produk minuman yang lagi trend, modal yang dibutuhkan tergantung dari sistem franchise nya. Biasanya disediakan perpaket, yang rata-rata antara 3 - 5 juta perpaketnya. Keuntungannya bisa fleksibel menyesuaikan banyak sedikitnya pembeli.

Permasalahannya, makanan ringan akan selalu bisa terjual tapi dengan laju yang pelan, karena itu harus pandai-pandai menyebar produk di titip-titipkan ke toko manapun yang bisa. Sedangkan minuman yang trend pasti mempunyai umur masa jual yang relatif singkat.

2. Katering Harian dan Paket Makan

Salah satu bisnis rumahan dan dengan waktu yang fleksibel selanjutnya adalah katering harian atau paket makan per order.

Contoh mudahnya seperti ini, misalnya ada karyawan kantor yang mengadakan sebuah acara dengan makan siang untuk 30 orang. 30 Pak paket makan siang ini yang dinamakan katering harian per order.

Jadi modal yang dibutuhkan hanya jumlah kebutuhan bahan mentah sesuai dengan menu orderan. Menunya bisa anda sesuaikan sendiri menurut selera pengorder, atau sudah anda plot sesuai dengan pembagian paket.

Untuk 100 Box Paket makan siang dengan menu :
  1. Nasi
  2. Ayam bakar
  3. Capjay
  4. Sambal
  5. Kerupuk
  6. Pisang
Total pembelanjaan bahan mentahnya saja tidak lebih dari 1.400.000 rupiah. Jika per box diberikan harga paket 20.000 maka omzet yang didapat sebesar 2.000.000 per order.

Keuntungan per order yang bisa anda dapatkan sudah sebesar 500.000 rupiah, nilai yang bagus sekali untuk paket makan harian dalam 1x orderan saja.

Apalagi kalau bisnis anda sudah dikenal dan jadi langganan misalnya dalam 1 hari anda mendapat 3 paket orderan, sudah ada keuntungan 1.500.000 yang masuk ke dalam kantong anda.

Kelebihan dan kekurangan pasti ada, kelebihan bisnis ini modal selalu berputar cepat. Kekurangannya membutuhkan tenaga masak ekstra dan promosi harus segencar mungkin setiap hari.

Target promosi yang cocok misalnya pekerja kantoran, mahasiswa, anak sekolah untuk acara kegiatan dan bisa juga organisasi yang akan pariwisata. Jadi dimana ada sebuah kegiatan organisasi, disana anda bisa promosi semaksimal mungkin.

3. Laundry Kiloan

Secara perhitungan angka omset laundry kiloan terbilang cukup besar bisa mencapai nilai jutaan rupiah perhari. Hanya saja, kapasitas pencucian harus besar, karena jika dikerjakan sendiri jumlah orderan yang masuk akan sangat terbatas.

Modal inventaris peralatan yang diperluakan awal mebuka usaha laundry cukup lumayan, tapi masih bisa terukur.

Misalnya untuk peralatan seperti mesin cuci 3 atau 4 buah, setrika, lemari, meja, hanger gantungan, telepon, detergen pewangi dsb dibutuhkan modal sekitar 18 juta rupiah.

Biaya operasional berupa gaji karyawan, air, pln, telepon, perawatan alat, bensin serta promosi rata-rata tidak lebih dari 10 juta perbulannya.

Perhitungan keuntungannya

Jika orderan setiap hari sebanyak 200 kg, anggap saja 1 orang melaundrykan pakaianya sekitar 2kg, dengan harga jasa 4000 per kg maka perhitungan kasarnya,

Total Omzet 200 x 3.000 x 30hari = 18.000.000 (delapan belas juta rupiah)

Keuntungan = Omzet - biaya operasional. 18 juta - 10 juta. Maka dengan usaha laundry yang tiap hari mendapatkan orderan 200kg anda akan mendapatkan keuntungan sekitar 8 jt perbulannya. Perhitungan dapat naik turun sesuai keadaan tenaga kerja yang dibutuhkan.

4. Service Alat-Alat Elektronik

Usaha jasa servis berbagai macam alat-alat elektronik bisa menjadi bisnis sampingan, kalau sudah jalan dan menghasilkan justru akan menjadi bisnis yang utama dalam mencari rejeki.

Karena yang sedang Mas Topik bahas adalah bisnis rumahan yang notabene bertempat di rumah sendiri maka modal yang dikeluarkan tidak termasuk sewa tempatnya.

Untuk modal yang dibutuhkan berupa perangkat set alat servis lengkap dengan komputer dan inventari seperti meja kursi lampu bisa sampai 20juta rupiah. Itupun total dari semua alat yang digunakan.

Jika baru pertama mulai, belilah alat-alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Sambil berjalan dan mendapatkan keuntungan dari jasa menservis, mulailah lengkapi alat-alat yang harus ada.

Keuntungan perbulan dari jasa servis akan sangat relatif tergantung dari jumlah orderan yang didapat. Tapi untuk perhitungan setiap servisan bisa mengambil jasa sekitar 100-150 ribu rupiah belum termasuk suku cadang yang dibutuhkan.

5. Toko Online dan Dropship

Dari berbagai jenis bisnis yang dapat di lakukan di rumah, toko online dan drophsipper sepertinya menjadi bisnis dengan potensi rumahan terbaik.

Dengan pasar target yang menjangkau seluruh nusantara, pengiriman sudah ditangani oleh jasa expedisi yang dipilih, seharusnya keuntungan sudah mudah didapatkan.

Permasalahannya persaingan sangat banyak dan perang harga terlalu bebas. Untuk dapat bertahan di usaha bisnis online anda harus memperhatikan beberapa hal berikut.
  • Barang yang dijual bukan barang pasaran, bisa barang unik ataupun barang yang susah dicari pada toko-toko terdekat.
  • Promosi lewat medsos yang kemudian mengarahkan ke toko online anda, karena jika mengandalkan pembeli dari search platform pasti akan susah
  • Pahami dengan benar keyword barang yang akan dicari orang
  • Utamakan kualitas barang, kecepatan proses pengiriman, jangan ikut perang harga murah
Modal yang dibutuhkan untuk bisnis toko online sangat beragam, tapi inventaris awal akan berkisar di nominal yang sama
  • Laptop sekitar 5 juta
  • Printer dan kertas sbg berkisar 1,5 juta
  • Alat lain seperti Selotip, Gunting Internet ponsel dan sebagainya 200 ribu
  • Modal untuk barang yang dijual (toko online) atau uang yang diputar (dropshipper) bisa sekitar 10juta saja untuk awalnya
Persiapan dan modal tersebut seharusnya bisa membuat toko online anda berjalan, tapi tantanganya akan datang setelah itu.

Anda harus mampu melihat kemauan pasar serta harus belajar metode untuk pemasaran yang menarik. Dorong terus promosi anda, tebar umpan harus selalu dilakuan setiap hari jangan sampai lengah.

Dan yang paling penting, semua hal dalam bisnis tersebut dapat anda lakukan dengan leluasa di rumah sendiri.

6. Konter Pulsa Paket Data

Outlet Pulsa dan Paket Data internet, usaha mudah yang bisa dilakukan semua orang termasuk ibu rumah tangga sekalipun. Hanya saja, karena mudah dipelajari jadi banyak sekali yang membuka bisnis konter dirumah.

Persaingan yang banyak sepertinya bukan masalah dari sisi pandang Mas Topik, karena bisnis outlet memiliki hal yang unik yaitu harga relatif sama dan hampir sebagian orang tidak terlalu memikirkan berlangganan di 1 outlet saja kecuali memiliki harga yang jauh dipasaran.

Modal yang dibutuhkan untuk etalase dan Hp yang digunakan untuk bertransaksi butuh sekitar 3juta rupiah, bisa kurang jika anda sudah punya media transaksinya.

Untuk tempat jualan anda bisa membuat lokasi di depan rumah pinggir jalan paling terjangkau dengan bangunan semi permanen, biaya modal yang dibutuhkan bisa antara 10-15 juta rupiah.

Sedangkan modal uang yang akan diputar menjadi saldo serta barang dagangan fisik untuk awalnya tidak terlalu banyak. Cukup sediakan 10 juta untuk dibelanjakan menjadi saldo serta paket fisik internet.

Dalam memilih server All Operator untuk pertama kali jangan tergiur dengan harga yang murah, tapi cek dulu testimoni memberlain untuk kualitas transaksinya. Karena harga yang ditawarkan bisa berubah-ubah setiap saat, pilihlah server yang menyediakan media informasi update harga berkala.

7. Penulis Artikel

Bisa dibilang bisnis rumahan juga bisa dibilang bisnis yang bisa dilakukan dimana saja. Walaupun terlihat mudah, menulis artikel itu tidak mudah lho! Apalagi artikel harus seo atau harus sesuai format tertentu.

Penulis artikel membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk dapat menghasilkan uang. Dalam menulis artikel anda harus mendapatkan "pengakuan" dari sebagian besar orang didunia maya bahwa artikel anda berkualitas dari format tuntutan.

Tidak semua orang mampu menjadi penulis artikel, bahkan lulusan sastra tidak semuanya mampu menulis artikel yang baik.

Walaupun demikian, penulis artikel tetap menjadi salah satu bidang bisnis rumahan yang bisa menjadi opsi jika anda siap dengan segala tantangannya.

8. Toko Gas dan Aqua

Gas dan Aqua pasti dibutuhkan apalagi di daerah perkotaan yang memang keduanya menjadi prioritas pertama dalam perbelanjaan bulanan.

Mas Topik jamin pasti ada pembeli apalagi lokasi toko tepat berada di pinggir jalan. Yang harus diketahui akan sangat sulit melangkah pertama kali dalam mencari pangkalan yang memberikan harga miring.

Modal yang dibutuhkan cukup lumayan ketika pertama kali buka.
  • Gas LPG 3KG isi 20pcs x 170.000 = 3.400.000
  • Aqua Galon Isi 30pcs x 80.000 = 2.400.000
  • LPG 12 KG 5pcs x750.000 = 3.750.000
Itu baru modal barang yang akan dijual nantinya, belum dengan renovasi toko depan rumah yang akan digunakan. Kalau ada kelontong, bisa juga disandingkan bersama.

Semisal sudah berjalan mulailah mencari tenaga antar dan inventaris berupa motor. Layani pembeli dengan telepon kemudian antar barang.

Ide Bisnis Rumahan Menurut Mas Topik

Menurut Mas Topik Bisnis Rumahan akan lebih cocok untuk anda yang berniat berjuang didunia bisnis untuk pertama kali.

Bisa dikatakan resiko yang diambil lebih kecil karena cost yang dibutuhkan sudah tanpa biaya tempat. Jangan asal memilih usaha untuk dijalankan dirumah.

Lebih baik carilah dulu teman atau saudara yang bisa mengajarkan anda tentang bagaimana memulai bisnis dirumah, karena pertama kali berjalan di dunia bisnis akan sangat berat.