Bisnis Online : Pengertian, Macam dan Perbedaannya

Bisnis Online : Pengertian, Macam dan Perbedaannya

Hariantrendingtopik.com - Bisnis Online. Berkembangnya era digital dengan basis internet pastinya akan membuat bergesernya tingkah laku bisnis yang awalnya dengan media offline face to face menjadi media bisnis online.

Bisnis online mulai digandrungi dan mewabah bersamaan dengan melesatnya teknologi smartphone dimana semua akses ke website porta entah itu media sosial atau online portal market semakin mudah dan ringkas dalam genggaman.

Pengertian Bisnis Online


Bisnis Online adalah Proses dan alur jual beli yang memanfaatkan media internet berupa website untuk bertransaksi antara penjual dan pembeli. Memang bukan arti yang sebenarnya dari pakar-pakar istilah. Kang Hartrop hanya berusaha menjelaskan secara mudah dengan kata-kata Kang Hartrop sendiri.

Ketika dulu belum ada sistem internet dan gadget, manusia lebih suka bertemu satu sama lain karena memang belum terpisah jarak pada waktu itu. Transaksi jual beli hanya dapat mencakup paling luas satu daerah saja pada waktu itu.

Kemudian setelah teknologi internet muncul, perilaku masyarakatnya pun berubah, lebih sering bersama smartphone atau komputernya daripada langsung bertatap muka karena terkendala jarak. Mulai dari situlah proses transaksi bisnis berkembang dengan basis internet.

Kenapa Bisnis Online ?


Pertanyaan selanjutnya, kenapa harus mengikuti basis bisnis internet daripada offline ? Sebenarnya menurut kang Hartrop, pilihan tersebut kembali ke hak pribadi masing masing. Tergantung jenis bisnis dan kenyamanan pelaku bisnis. Tidak mungkin juga kan jual beton online, kalau menawarkan tentu masih bisa.

Baca Juga : 24 Ide Bisnis dan Usaha di Desa

Kamu harus mengikuti sistem bisnis online jika, target produk jualanmu bisa mencapai berbagai kota misalnya aksesoris,kue,sepatu dan produk global lainnya. Alasan utamanya karena target pasarmu bisa jauh lebih luas dan tidak terkendala jarak karena ada jasa expedisi.

Bisnis Online Shop


Layaknya toko biasa di dunia nyata tetapi seluruh produknya berupa foto dan menggunakan basis website portal toko online untuk jualannya.

Contoh website portal toko online atau Ecomers di Indonesia sudah banyak sekali seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada dan masih banyak lainnya. Atau kamu bisa membuat website toko onlinemu sendiri dengan media Blog atau CMS agar target pencariannya lebih organik dan jadi prioritas.

Bisnis Online Dropship


Bisnis Online dengan sistem Dropship hampir sama dengan toko online, hanya saja bedanya kamu menawarkan produk dari toko utama yang kamu jual lagi. Seperti reseller di dunia nyata, tapi jika ada pesanan nanti yang mengirim barangnya toko utama, kamu akan mendapat keuntungan dari selisih harga yang ditawarkan.

Tidak mudah menjalankan bisnis online dropshipper, kamu harus paham betul cara promosi online dan target pencarian barangnya.


Bisnis Online Tanpa Modal


Kang Hartrop sedikit bingung menjelaskan apa itu Bisnis Online Tanpa Modal. Hampir semua bisnis tentunya membutuhkan modal meskipun ada yang hanya butuh sedikit modal pada awalnya.

Menjadi penulis artikel lepas atau bisnis adsense juga termasuk salah satu kategori dari bisnis online. Walaupun hanya menulis, kamu juga membutuhkan modal, seperti internet, laptop atau komputer, dan jangan salah, waktu yang kamu gunakan untuk promosi itu termasuk modal juga loh.

Bisnis Online Terpercaya


Kata Bisnis Online terpercaya biasanya dilihat dari sudut panda user atau pembeli. Kenapa begitu ? Karena ya sama saja didunia nyata ada pelaku bisnis yang menipu dan ada yang jujur. Bisnis online pun demikian apalagi kesempatan untuk menipu bisa lebih besar.

Pelaku bisnis online yang terpercaya biasanya sudah berumur lama berkecimpung di dunia bisnis online. Terpercaya atau tidaknya bisa dilihat dari berbagai testimoni yang sudah disampaikan melalui media sosial dan sebagainya.

Bisnis Online Terbaru


Perlu kamu tau, keyword "Bisnis Online Terbaru" Selalu ada di dalam daftar pencarian Google setiap harinya. Itu artinya sebagai pelaku bisnis online, kamu harus mampu mengikuti trend pasar dan harus mampu berpindah haluan strategi bisnis dengan cepat.

Segmen Bisnis online terbaru akan sangat cocok untuk pemula yang sedang ingin belajar berbisnis menggunakan platfrom online. Tentu saja sama seperti bisnis di dunia nyata, perlu kerja keras dan waktu yang tidak sebentar untuk berkembang.

Bisnis Online yang Menjanjikan dan Menguntungkan


Beralih ke topik Bisnis Online yang Menjanjikan dan Menguntungkan artinya lebih ke memilih sub kategori bisnis online itu sediri, ada berbagai macam contohnya toko online, dropshipper, marketing online, penulis, adsense atau sebagainya.

Artikel Pilihan : 35 Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Perihal menjanjikan dan menguntungkan, semua bisnis pada dasarnya sama, ada pasang surut dan hambatan ketika menjalankan bisnis tersebut. Bisnis yang menguntungkan tentunya seperti Gunung Es, apa yang terlihat menguntungkan pastilah lebih besar perjuangan dan pengorbanannya untuk mencapai titik tersebut.

Jadi maksud kang Hartrop, semua bisnis itu menguntungkan, asal benar-benar diperjuangkan dan ditekuni. Menulis blog saja yang banyak dianggap remeh, sudah dibuktikan oleh beberapa orang hanya dengan mengandalkan adsense sudah mampu mendapatkan penghasilan bersih lebih dari 80juta perbulannya.

Tentu saja yang mereka share hanyalah hasil yang mereka dapatkan, kalau mereka share betapa keras perjuangannya pasti sudah jadi 1 buah buku dengan 1000 halaman yang hanya membahas kegagalan-kegagalan sebelumnya saja.

Bisnis Online Syariah


Bisnis Online syariah akhir dekade ini sudah mulai menunjukkan eksistensinya dengan bukti meledaknya peminat segmen bisnis ini.

Perlu kamu tau, bisnis online syariah bukanlah produk bisnisnya melainkan metode atau cara yang digunakan untuk berbisnis harus sesuai dengan ketentuan aturan syariat yang sudah ditetapkan.

Segmen bisnis yang paling berkembang yaitu investasi kontan syariah, walaupun serah terima nilai investasinya tetap harus bertemu langsung, tetapi semua proses mulai dari penawaran sampai kontrol pelaku investasi dilakukan secara media online.

Prospek Bisnis Online dari Kaca Mata Kang Hartrop


Bisnis Online akan semakin berkembang seiring berkembangnya teknologi internet. Tentu saja perilaku semacam ini akan jelas mampu menggeser transaksi jual beli offline menjadi Online. Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil.

Tapi memang tidak semua jenis bisnis dapat dilakukan secara online terutama bidang kuliner. Jadi Menurut Kang Hartrop segmen target pasar bisnis online terbaik yang bisa sangat menguntungkan kemungkinan dan berkesempatan besar ada di kebutuhan sekunder manusia. Seperti Fashion, gadget, ataupun hobi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel