Cara dan Ide Memulai Usaha di Daerah Sepi Agar Tetap Menguntungkan

Cara dan Ide Memulai Usaha di Daerah Sepi Agar Tetap Menguntungkan

Hariantrendingtopik.com - usaha di daerah sepi. Peluang membuka usaha di daerah yang masih sepi atau daerah tersebut mayoritas merantau sehingga menjadi sepi memang terbilang sangat sulit.

Membuka usaha di daerah sepi tidak boleh disamakan dengan membuka usaha di lokasi yang sudah ramai orang, inovasi dari cara bisnisnya harus punya cara pandang berbeda.

Produk yang dapat dijual pun tidak sama, tidak semua barang dagangan dapat diperjual belikan di daerah yang sepi, kalau daerah yang ramai dan padat penduduk barang apapun tentunya bisa dijual disana.

Tips dan Cara Membuka Usaha di Daerah yang Sepi


1. Pindah Tempat Atau Tetap

Pindah Tempat Atau Tetap

Daerah yang sepi pastinya akan sulit untuk mendapatkan pembeli yang datang langsung ketempat anda, apalagi untuk barang yang sifatnya dicari misalnya pulsa atau paket data internet.

Pilihannya hanya 2 yaitu mencari tempat berjualan yang agak ramai misalnya kontrak tempat di pinggir jalan utama yang sudah pasti ada banyak orang lewat atau pilih tetap di tempat anda.

Baca Juga : Bisnis apa yang Cocok buat Saya ?

Jika pilihannya pindah mencari kontrakan yang jalannya agak ramai tentu bagus, tapi kekurangannya cost akan semakin besar untuk bayar kontraknya.

Kalau pilihannya tetap ditempat karena mempertimbangkan biaya kontrak, kekurangannya ya itu pembeli akan sangat sedikit jadi anda harus berinovasi misalnya dengan mengganti barang dagangan dengan barang yang sifatnya diantar ke pembeli.

2. Jangan hanya dengan Pemasaran Offline saja

Jangan hanya dengan Pemasaran Offline saja

Membuka usaha di daerah yang sepi tekniknya sama saja dengan membuka usaha di tempat yang ramai penduduk. Mulai dari membuka toko atau tempat usahanya kemudian memasang papan iklan informasi yang dibaca orang.

Bedanya jika anda membuka usaha ditempat yang sepi usahakan lebih optimasi ke pemasaran online menggunakan media sosial seperti grub facebook, sudah terbukti dan memang banyak yang berhasil.

Perbaiki kualitas produk anda, biarkan kualitas yang berbicara sehingga akan menular dari mulut ke mulut. Harga mungkin akan menjadi pilihan pertama, tapi untuk kondisi tempat anda berdaganglah dengan mengedepankan kualitas agar produk anda dibicarakan positif dari mulut ke mulut.

3. Utamakan produk by Order

Utamakan produk by Order

Cara Membuka Usaha di Daerah yang Sepi yang paling bagus adalah dengan memilih produk usaha dimana produk tersebut pemasarannya melalui internet, pengiriman barang bisa anda kirim sendiri dan pembayarannya via transfer.

Pilihlah produk seperti itu karena kemungkinan untuk perkembangan bisnisnya lebih cepat dan mumpuni dimana media pemasarannya via online akan lebih beragam.

Produk atau barang yang kemungkinan bisa dipasarkan misalnya perlengkapan dapur mulai dari regulator gas, blender, gelas, mangkok dan sebagainya. Jika ingin memulai usaha di bidang olahan, sebisa mungkin seperti barang produk ke 2 misalnya mie atau bakso sosis siap masak.

Jangan langsung ambil produk dari tahap pertama seperti peternakan ayam petelur atau pabrik pembuat bakso, kecuali jika modal, kemampuan, dan pengalaman anda sudah mumpuni.

Ide Memulai Usaha di Daerah Sepi yang Menguntungkan


Setelah cara bagaimana cara membuka usaha di daerah yang sepi, sekarang Kang Hartrop akan bahas ide usaha apa saja yang mumpuni untuk dilakukan.

1. Toko Online dengan Barang Apapun

Toko Online dengan Barang Apapun

Kang Hartrop sangat merekomendasikan membuka usaha dengan media toko online. Barang yang dijual bisa apapun yang mampu dijual di toko online.

Dapat barang dari mana ? Coba cek dulu di sekitar anda dengan seksama misalnya di dekat anda ada pabrik bakso cobalah tanya dan beli untuk dijual online karena biasanya pabrik olahan hanya mengirim dalam jumlah besar ke pedagang, anda dapat mengambil kesempatan dengan menjual dalam partai kecil.

Ilmu berjualan di toko online memang tidak gampang, kalau gampang semua orang pasti sudah berhasil. Belajar itu perlu, jika ada seminar atau media belajar bersama itu akan lebih baik.

Produk online yang sangat laris dan cepat berputar lebih mengarah ke pakaian dan aksesoris untuk kaum wanita. Jadi apa salahnya mencoba.

2. Barang dengan Sistem Antar

Barang dengan Sistem Antar

Barang sistem antar yang Kang Hartrop maksud adalah barang dagangan atau produk yang dipesan melalui telepon kemudian barang tersebut diantar ke rumah pembeli.

Misalnya Gas LPG, Aqua, Produk jenis sabun atau bisa juga seperti jasa servis. Dengan demikian jangkauan pengiriman anda dapat lebih jauh selain di daerah anda sendiri.

3. Produk digital

Produk digital

Khusus anak muda yang sudah fasih dengan teknologi pasti paham dengan hal seperti ini. Jual beli akun digital juga jelas sangat menguntungkan. Tapi modal yang dimiliki harus mumpuni seperti komputer atau laptop yang sudah High-spec.

Usaha yang cocok di daerah yang sepi sepertinya memang ditujukan untuk mereka yang paham dengan teknologi, apalagi mahasiswa yang mampu coding dan desain, kesempatan anda akan sangat banyak.

4. Peternakan dan Budidaya

Peternakan dan Budidaya

Daerah yang sepi identik dengan lahan yang masih luas, pasti dong, kalau lahan sempit bagaimana bisa sepi rumah rumah pasti berdempetan.

Dengan lahan yang cukup luas, membuka usaha di bidang budidaya dan peternakan akan sangat mumpuni. Kang Hartrop tidak bisa bilang menguntungkan karena bidang peternakan dan budidaya butuh jalan yang panjang sebelum bisa mengungtungkan.

Artikel Terkait : 24 Ide Usaha Di Desa yang Menguntungkan

Produk yang bisa diternak dan dibudaya dapat berbentuk apapun. Bisa peternakan seperti ayam kampung, burung hias, kelinci ataupun binatang peliharaan. Sedangkan budidaya juga dapat seperti lele, ikan pangan dan sayuran buah segar.

5. Jenis usaha yang Memancing Keramaian

Jenis usaha yang Memancing Keramaian

Apakah ada usaha seperti itu? Dulu memang tidak ada tapi sekarang ada. Obyek wisata alam di era ini mulai sangat banyak digandrungi kawula muda untuk berfoto ria.

Dahulu sawah yang hanya digunakan untuk bertani sekarang dapat disulap mejadi tempat foto yang sangat instagramable. Jika yang ada hanya hamparan tanah, taman bunga bisa menjadi pilihan untuk obyek yang memancing orang datang.

Jika anda mempunyai background pendidikan, sekolah alam untuk anak-anak bisa menjanjikan juga. Tetapi memang tuntutan inovasi akan selalu berubah.

6. Youtuber dan Blogger

Youtuber dan Blogger

Menjadi blogger dan youtuber menurut Kang Hartrop susah untuk dilang sebuah usaha bisnis, justru lebih ke hobi yang coba diuangkan.

Dilihat bagaimanapun tidak semua orang dapat menjadi blogger dan youtuber. Mereka yang bisa mendapatkan keuntungan dari kedua media ini memang memiliki tekad yang kuat dan semangat belajar yang tinggi.

Tekad, semangat, ilmu, mau belajar, semua itu tetap saja namanya kerja keras. Dan kerja keras pasti akan menghasilkan sesuatu termasuk keuntungan dalam bentuk uang.

Memang orang yang memulai untuk menjadi blogger dan youtuber sangat banyak, tapi kenyataannya yang dapat bertahan dan mampu berjuang untuk konsisten sangat sedikit.

Garis Besar Memulai Usaha di Daerah Sepi


Memulai usaha di daerah yang sepi tidak berbeda dengan membuka usaha di daerah biasa. Yang terpenting anda mampu melihat inovasi produk dimana target pasarnya bukan hanya orang-orang di daerah anda saja.

Proses jual beli juga harus berbeda, jika ditempat ramai akan banyak orang berdatangan tapi membutuhkan modal yang besar, ditempat yang sepi anda justru dituntut harus bisa mengutamakan pelayanan pengiriman barang.

Produk yang dapat dijual juga tidak semuanya. Karakter produk harus memiliki masa expired yang lama misalnya minimal 6 bulan dan dapat dikemas ataupun langsung dikirim tanpa mengalami perubahan bentuk. Sebelum mencari kemana-mana, cobalah cari produk di sekitar anda terlebih dahulu yang produk tersebut dapat dipasarkan ke luar daerah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel