Ide Bisnis dari Pemanfaatan Limbah Tongkol Jagung

Ide Bisnis dari Pemanfaatan Limbah Tongkol Jagung

Hariantrendingtopik.com - bisnis dari limbah tongkol jagung. Apakahdi desa atau kampung halaman anda adalah sentra penghasil jagung ? jika iya pasti banyak tongkol jangung yang terbuang percuma.

Kang Hartrop pada artikel ini akan membahas ide bisnis yang bisa di kembangkan dari tongkol jagung yang tidak berguna. Pemanfaatan limbah tongkol jagung sudah banyak di teliti oleh para mahasiswa, dan tentu saja pasti ada ide bisnis yang dapat di coba.

Tujuan dari sebuah ide bisnis adalah mengubah bahan mentah apapun bentuknya kemudian dengan sebuah usaha kita ubah menjadi suatu produk yang dapat menghasilkan nilai ekonomi, walaupun hanya dengan limbah tongkol jagung.

Bisnis dari Limbah Tongkol Jagung


1. Bisnis Pakan Ternak dari Tongkol Jagung


Bisnis Pakan Ternak dari Tongkol Jagung

Anda jangan berpikiran kalau pakan ternak itu mudah didapat, memang ketika musim penghujan rumput tumbuh subur. Namun bagaimana ketika musim kemarau dimana rumpun semuanya kering ?

Pakan ternak alternatif untuk sapi pasti akan banyak dicari ketika rumput banyak yang mengering. Cari peluang dalam masalah ini dengan mengolah tongkol / bonggol jagung menjadi pakan ternak alternatif siap saji.

Baca juga : 24 Ide Bisnis di Desa yang Mudah Berkembang

Jadikan bahan mentah yang melimpah dan tak dianggap berguna ini menjadi pundi-pundi rupiah untuk anda. Carilah informasi kepada peternak sapi seperti apa kebutuhan pakan ternak alternatif saat musim kemarau.

Kumpulkan data, buat contoh dengan bahan dasar bonggol jagung. Jika memang sudah diterima oleh para peternak coba pasarkan ke daerah lain mulai dari yang terdekat.

2. Bisnis Briket Arang dari Tongkol Jagung


Bisnis Briket Arang dari Tongkol Jagung

Sebelum membahas kenapa bisnis ini, coba kita berpikir sedikit lebih jauh kedepan dimana kayu sebagai bahan untuk membuat arang akan semakin susah didapat. Perkembangan kayu yang terhitung cukup lama juga dapat mempersulit pembuatan arang.

Tapi sekarang sudah ada Gas LPG ? Tunggu dulu, Gas ternasuk bahan bakar yang sulit terbaharukan, artinya harganya akan semakin lama semakin mahal.

Penjual kaki lima seperti nasi goreng, sate dan sejenisnya sampai saat ini masih banyak yang memakai arang kan? Itu karena mereka menghitung penggunaan arang lebih hemat, lebih cepat panas dan banyak yang mengakui kalau sate dengan arang rasanya lebih enak.

Briket arang dari Tongkol jagung punya beberapa kelebihan, jagung adalah bahan makanan yang masih dibutuhkan dan akan terus ada karena waktu dari tanam sampai panen relatif pendek hanya kurang dari 6 bulan.

Artinya tongkol jagung akan selalu ada tidak seperti kayu yang butuh waktu lama untuk bisa di tebang. Melihat bahan bakunya tentu saja harga pasarannya bisa lebih ekonomis dari bahan Gas LPG.

Jumlah produsen briket tongkol jagung juga masih sedikit dan hanya di daerah tertentu saja. Dengan latar belakang masalah seperti ini pasti ada kesempatan dari briket tongkol jagung untuk menjadi sebuah bisnis UKM.

3. Bisnis Tepung dari Tongkol Jagung


Bisnis Tepung dari Tongkol Jagung

Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan mampu menembus pasar Ekspor dari Tepung tongkol jagung. Dengan bukti ini sepertinya Kang Hartrop tidak perlu menjelaskan banyak tentang potensi tepung tongkol jagung.

JIka tepungnya saja bisa masuk ke pasar ekspor, pastilah tepung tongkol jagung juga bisa dibuat menjadi suatu produk agar memiliki nilai jual lebih. Tapi pasar produksi tepung tongkol jagung pun sudah terlihat menjanjikan.

Artikel Pilihan : Cara Memulai Usaha di Desa atau Kampung Halaman

Potensi tepung tongkol jagung sudah jelas terlihat, hanya saja jika anda punya kemampuan mengolah tepung tersebut menjadi sebuah produk, sangat memungkinkan jika hasil olahannya akan bernilai lebih tinggi.

4. Bisnis Kerajinan Tangan


Bisnis Kerajinan Tangan

Tekstur tongkol jagung yang keras dan lumayan awet pastinya dapat dibuat sesuatu produk kerajinan dengan sedikit usaha dan inovasi.

Hasil kerajinan yang sudah ada berupa Lampu duduk, hiasan dinding, bahkan tempat tisu dari bonggol jagung.

Hasil kerajinan tersebut bisa dibilang masih dalam bentuk produk yang mampu dipikirkan dalam satu tahap. Artinya dari tongkol jagung diubah menjadi bentuk yang lain.

Pastinya masih ada inovasi lain yang mampu di buat dari tongkol jagung yang jumlahnya melimpah. Potensi ini bisa menjadi sebuah produk dagang dari UKM-UKM Kreatif yang sedang tumbuh pada masa ini.

Hasil Pemanfaatan Limbah Tongkol Jagung Akankah Menghasilkan ?


Kang Hartop bisa menjawab pasti akan menghasilkan, hanya saja karena bahan bakunya masih dianggap kurang berguna, orang-orang masih belum menyadari potensinya saja. Harus ada seseorang yang mampu menjadi ujung tombak memperkenalkan hasil produksinya.

Bisnis dari limbah tongkol jagung saat ini sebagian besar masih berupa bisnis sekunder atau bisnis yang dijalankan sebagai tambahan penghasilan. Tapi melihat kemampuan Ekspor tepung tongkol jagung dari Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan seharusnya bahan baku ini memiliki potensi yang lebih besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel