Begini Sulit Liku Buka Toko di Platform Online Marketplace Dan Susahnya Dapat Pembeli

Buka toko online di marketplace, sekarang sudah banyak ya toko martketplace yang bisa kita gunakan, kalau bicara apa susahnya, mungkin lebih tepat bukan bagaimana susah buatnya tetapi lebih ke bagaimana susahnya bisa dapat pembeli pertama kali.

Masih bercerita waktu belum ada 5 bulan Hariantrendingtopik buka toko online di marketplase toko ijo.. Buat Hariantrendingtopik ini ternyata buka toko online di marketplace lumayan ngeri juga, masih enak toko offline ternyata. Walaupun tetap ada kelebihannya jangkauan pembeli dari berbagai kota.

Naaaah disitulah masalahnya muncul, ternyata walaupun jangkauannya sangat luas, ternyata sangat susah sekali mendapatkan pembeli pertama di toko Ijo. Nanti Hariantrendingtopik akan ulas poin demi poin dibawah ya kenapa dapat pembeli pertama itu sangat amat sulit, lebih tepatnya sih 10 pembeli pertama.

Karakter pembeli dari marketplace itu bisa kita lihat dari beberapa filter yang umum digunakan seperti filter rating, kota yang sama, harga termurah ataupun mungkin dari gratis ongkir serta pengiriman cepat. Selebihnya bisa kita anggap pembeli yang untung untungan lihat produk kita.

Susahnya mendapatkan pembeli pertama pada dasarnya toko baru masih belum memiliki di semua filter kecuali kita mengusahakan target untuk kota yang sama dan harga terendah dari kota tersebut. Jelas dari sini kita belum dapat untung karena harus jual murah demi dapat rating terlebih dahulu.

Penyebab Susahnya Produk Terjual di Toko Online MarketPlace

Buka Toko Online Marketplace Dan Susahnya Dapat Pembeli

Di toko ijo, atau marketplace lainnya, sudah menjadi hal yang wajar jika pembeli lebih memilih toko yang sudah punya reputasi serta rating bagus untuk membeli produknya, maka dari itu solusinya cuma satu, yaitu promo terlebih dahulu ke orang orang yang kita kenal untuk beli produk di toko kita, dari sanalah kita bisa dapat rating dan reputasi awal, kalau harus menunggu pembeli organik, itu butuh waktu yang laammaaa.

Untuk pembeli organik, maksudnya yaitu asli orang mau beli produk kita dari pencarian marketplace langsung, itu ada beberapa variable yang mempengaruhi atau mudahnya filter yang paling banyak digunakan, yaitu :

1. Harga Terendah

Pembeli di marketplace itu pasti dan akan selalu menggunakan filter harga terendah, meskipun filter ini ada di urutan ke 3 atau ke 4, tapi menurut Hariantrendingtopik, filter terendah ini sangat bisa diandalkan untuk mendapatkan pembeli pertama tanpa harus mengajak orang orang yang kita kenal atau promosi kemana-mana.

Orang yang paham beli di marketplace seperti ini akan lebih memilih harga terendah dibandingkan dengan rating bagus yang harganya mahal, tapi jelas toko kita harus sudah verifikasi terlebih dahulu.

Resikonya mungkin pertama kali kita akan dapat untung yang sangat tipis atau mungkin terhitung rugi karena menjualnya dengan harga terendah. Tak masalah juga, namanya semua jualan pasti harus melewati promo terlebih dahulu, dalam hal ini sama saja, anggap kerugian 10 barang pertama adalah biaya promo yang harus dibayarkan tanpa harus repot keluar nilai uang lagi.

Dari yang Hariantrendingtopik alami sendiri untuk barang di kisaran harga 100rb, kita akan rugi 3-5%, anggap saja rugi 5rb perpcs, tapi tak masalah toh dari sini kita akan dapat rating dari pembeli asli, setelah dapat 5-10 rating bagus, barulah kita naikkan harga dari barang tersebut.

Terlihat jelas ketika bisa terjual 50 pcs barang, 1-10pcs kita rugi di nilai harga, tapi dari barang ke 20-50 kita bisa dapat untung lebih dari 5ribu karena sudah ada rating dari pembeli. Itungan kasarnya mungkin 1-10pcs rugi, 11 ke 20pcs nutup rugi yang sebelumnya, dan penjualan ke 21 seterusnya bisa terus dapat untung.

2. Gratis Ongkir

Kemudian ada Gratis ongkir yang selalu orang cari, mungkin tidak selalu di filter ya, karena di beranda pencarian sudah kelihatan barang yang akan dibeli itu dapat gratis ongkir atau tidak. Kenyataannya bab gratis ongkir ini jadi hal yang penting, bahkan pembeli akan menambah barang beliannya dari satu toko untuk bisa mencapai nilai harga gratis ongkir. Meskipun memang gratis ongkir jadi pilihan final setelah memilih suatu barang.

3. Rating

Pembeli di marketplace akan melihat rating, dan itu pasti. Untuk toko baru tentu tidak bisa mendapatkan filter ini dengan mudah, salah satu caranya dengan poin pertama, yaitu memasang produk dengan harga dibawah barang yang sudah punya rating, biasanya akan ada 1-2 orang yang membeli produk kita, dari sanalah kita bisa mendapat rating. Untuk jualan di marketplace, tahap awal yang harus kita kejar sepertinya memang rating ini.

4. Banyak Terjual

Selain soal rating, pengguna marketplace sebagai pembeli juga sangat terpengaruh dengan berapa banyak produk tersebut telah terjual. Yaa intinya dengan rating diatas 4 dan jumlah penjualan diatas 1000 pcs itu sudah bisa menyakinkan orang untuk ikut membeli entah apapun ulasannya. Ketika awal buka marketplace, tentunya kita tidak bisa mengacu pada hal ini dan juga jangan menargetkan hal ini terlalu cepat.

5. Sudah Terverifikasi

Disemua mp, apapun itu judulnya, akun terverifikasi akan bisa lebih menambah yakin calon pembeli untuk bertransaksi pada toko kita walaupun hal ini tidak sepenuhnya benar dan tentu harus didukung dengan filter yang lain seperti rating dan banyaknya ulasan. Melakukan verifikasi akun adalah hal pertama yang bisa kita lakukan sendiri untuk bisa memberikan nilai tambah di mata pembeli.

6. Satu Kota dan Pengiriman Instan

Variable filter ini, yaitu toko berada di lokasi yang sama dengan pembeli atau paling dekat dengan tempat pembeli berada akan menjadi pertimbangan paling kuat karena nantinya waktu kirim akan lebih cepat. Disisi lain jika lokasi toko penjual dan pembeli masih dekat dalam terhitung koordinat jarak maps, maka pengiriman instant atau pengiriman satu hari menjadi pertimbangan yang paling kuat.

Hal Terbaik Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mendapatkan Pembeli

Bergantung dari filter-filter tersebut tidaklah salah, tetapi akan butuh waktu untuk bisa dapat pembeli secara organik. Hariantrendingtopik sendiri merasa kalau mengacu dan menargetkan pada beberapa filter diatas memang cukup sulit, terlebih lagi calon pembeli akan lebih tertarik dengan toko yang reputasinya sudah bagus, kecuali jika memang ada barang yang jarang sekali dijual dan dalam satu kota hanya kita yang menjual barang tersebut.

Menurut Hariantrendingtopik, hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk lebih cepat mendapatkan pembeli yaitu yang pertama membuat harga kita kompetitif, tidak terpaut jauh dari toko yang sudah punya rating bagus, dan kemudian menawarkan kepada orang yang kita kenal dan berada masih dalam kota. Tentu harus ada bonus yang kita tawarkan seperti adanya cashback dan barang gratisan lain.

Contohnya :

Semisal kita buka toko online baru di mp dengan barang jualannya seperti produk froozen food, untuk mendapatkan rating dan bintang pertama, kita bisa tawarkan ke saudara kita yang tinggal agak jauh lewat marketplace tersebut, berikanlah bonus produk serupa tapi dengan nilai yang lebih kecil. Jangan pikirkan ruginya terlebih dahulu karena dari sanalah kita akan dapat bintang, rating dan ulasan untuk produk utama yang kita jual.

Mungkin 3 -5 orderan saja, dengan pemberian rating bintang 5, maka produk tersebut sudah bisa muncul di pencarian filter bintang 4 keatas, setelah itu yang harus dipikirkan adalah bagaimana harga bisa kompetitif terlebih dahulu, baru kecepatan proses pengemasan dan pengiriman.

Jadi kira-kira seperti itu pengalaman Hariantrendingtopik ketika awal buka toko online di marketplace toko ijo, sangat sulit memang mendapatkan pembeli pertama. Cara yang sudah dicoba dan memberikan hasil yaitu melakukan promosi ke orang terdekat dan setelah itu barulah mulai ada orderan yang masuk dari pembeli lainnya.