Cara Merawat dan Mengeringkan Helm Basah Setelah Kena Hujan

Sebagai pengguna kendaraan bermotor setiap harinya pasti kita termasuk Mas Topik sendiri tentu sering bertemu dengan kondisi hujan, apalagi negara kita berada di iklim tropis, maka hujan menjadi sesuatu hal yang lumrah.

Helm yang basah karena kena air hujan memang bukan masalah yang besar, tapi juga bisa bikin jengkel juga, kalau hanya dikeringkan biasa dibawah terik matahari pasti akan muncul bau apek. Mas Topik biasanya pakai beberapa cara merawat dan mengeringkan helm yang basah setelah kehujanan yang mungkin bisa kamu coba juga.

Cara Merawat dan Mengeringkan Helm Basah Setelah Kena Hujan

Cara Mengeringkan Helm Yang Basah Kehujanan

Cara untuk Membersihkan dan mengeringkan bagian dalam helm basah karena hujan sebenarnya sangat mudah dan semuanya bisa dilakukan sendiri, dengan beberapa hal penting yang harus diperhatikan :

1. Bagian luar helm bisa di lap dengan menggunakan kain microfiber yang tidak menimbulkan lecet pada permukaan helm.

2. Kemudian bagian kaca penutup atau visor juga bisa di lap juga menggunakan kain microfiber hingga ke sela-sela samping agar tidak muncul embun dan visor menjadi kusam.

3. Untuk bagian dalamnya bisa dengan mencopot semua busa yang ada dan barulah dikeringkan dengan angin kipas.

4. Kalau tidak bisa dicopot maka arahkan saja kipas angin ke dalam bagian lubang helm dan biarkan kering secara perlahan.

5. Mungkin kesulitan menggunakan kipas angin, kamu juga bisa mengeringkan helm dengan menaruhnya diatap dan bagian dalam helm mengarah ke sinar matahari dan biarkan kering sendiri.

6. Jika sudah kering, kemudian semprot bagian dalam helm dengan cairan antibakteri khusus helm yang bisa dibeli pada toko online atau toko yang khusus jual helm agar apek dan gatal hilang.

Perlu kamu perhatikan agar tidak mengeringkan bagian dalam helm menggunakan pengering rambut atau hair dryer karena bisa merusak busa dan bikin lapisan karetnya mudah rontok.

Penutup

Itulah beberapa langkah-langkah cara mengeringkan helm yang basah karena air hujan yang biasa Mas Topik lakukan dan tentunya bisa kamu coba. Helm harus dirawat sebaik mungkin karena ketika kita gunakan kembali nantinya bisa menjadi nyaman kembali dan tidak gatal di kepala.