5 Hal Penting Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli Mobil Pertama Kali

Ketika kita akan membeli mobil untuk pertama kalinya, mobil pertama kita, tentunya membutuhkan pertimbangan lebih matang karena saat itu akan menggunakan banyak uang yang ditabung cukup lama atau memang uang perencanaan pembelian mobil yang di inginkan.

Pasaran jual beli mobil sangat majemuk dan sangat bervariasi karena banyaknya pilihan mulai dari model merek hingga fitur dan harga yang ditawarkan sehingga bisa bikin kita bingung seperti "mau beli yang mana ya".

Nah, Agar kamu bisa membeli mobil yang tepat sesuai dengan keuangan dan cocok untuk kebutuhan harian, Mas topik punya nih beberapa tips pertimbangan yang harus dipertimbangkan ketika akan membeli mobil pertama kali, dengan begitu mobil yang kamu beli bisa lebih mendekati pas dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

Hal Penting Untuk DIpertimbangkan Sebelum Beli Mobil Pertama Kali

Hal Penting Untuk DIpertimbangkan Sebelum Beli Mobil Pertama Kali

1. Mobil Yang Dibeli Harus Sesuai Keuangan yang Ada

Pertimbangan pertama ketika mencari mobil baru tentunya harus sesuai dengan budget dana maksimal yang dimiliki dan jangan memaksakan beli mobil diatas budget yang dimiliki. Sebaiknya kamu juga bisa mendefinisikan jenis dan fitur mobil seperti apa yang cocok untuk keseharian misalnya untuk membawa keluarga tiap hari atau mengantar sekolah dan kerja maka lebih cocok beli mvp dan sebagainya.

Dan mungkin kalau kamu seorang pelajar atau keluarga kecil lebih baik pilih jenis mobil dengan bangku dua baris atau sering disebut dengan hatchback. Barulah kamu bisa menentukan mobil yang sesuai dengan dana maksimal dimiliki, carilah informasi harga dari situs resmi atau dealer resmi terlebih dahulu. Soal merk sih lebih baik cari yang banyak service centernya di kotamu.

2. Carilah Promo Penjualan Mobil

Penjualan mobil tidak surut dari promo-promo penjualan yang ada terutama jika itu di dealer resmi maka pasti ada promo yang diberikan. Jenis program promo penjualan yang ditawarkan dealer sangat banyak tipenya mulai dari diskon, skema pembiayaan hingga diskon bersatuan persen. Program promo tersebut akan bisa meringankan pembelian mobil pertama kali dan tentunya bisa menguntungkan kita sebagai pembeli.

3. Pilih Skema Pembiayaan Yang Sesuai

Setelah menentukan mobil dan jumlah biaya yang ada maka berikutnya penting untuk mempertimbangkan biaya pembelian mobil dengan memilih skema pembiayaan yang cocok. Skema pembiayaan yang ditawarkan oleh leasing biasanya besaran bunga dan tenor berbeda-beda maka untuk hal ini lebih baik tanya ke dealernya tentang rekomendasi leasing yang tepat dan direkomendasikan.

4. Tentang Biaya Perawatan

Kamu juga harus mempertimbangkan tentang kemudahan dan biaya perawatan mobil, sebaiknya pilih mobil yang mudah dan ringan dalam segi perawatan serta komponennya. Karenanya belilah mobil pertama yang memiliki jaringan bengkel resmi terbanyak di kota kamu dan juga mudahnya mendapatkan suku cadang asli. Pada umumnya jenis mobil yang merk dan komponennya bisa banyak ditemui di jalan memiliki harga jual kembali yang cukup stabil.

5. Harga Jual Kembali

Beli mobil pertama kali harus memikirkan juga harga jual kembali karena sangat jarang sekali mobil pertama yang awet sampai nanti sudah tidak bisa digunakan lagi, kebanyakan sih dalam satu dekade akan membeli mobil lagi atau menjual mobil pertama tersebut.

Jika nanti berpikir untuk mengganti mobil ke model lain maka harga jual kembali sangat penting untuk diperhatikan ketika membeli mobil. Kamu bisa mendapatkan informasi ini dengan melakukan pengecekan harga mobil bekas pada banyak situs di internet, carilah tipe mobil yang memiliki harga jual kembali cukup tinggi dan merata di tiap kota besar.

Biasanya jenis mobil seperti ini adalah mobil-mobil yang muncul berseri-seri di pasaran. Kalau butuh contoh misalnya Avanza, Xenia series, Rush Terios Series, HRV, CRV, Ertiga Yaris dan sebagainya dimana bengkel dan komponennya mudah ditemukan.

Penutup

Jadi Itulah beberapa pertimbangan umum yang penting untuk di pikirkan secara seksama Sebelum Beli Mobil Pertama Kali, mengkalkulasikan perhitungan kedepannya memang sangatlah penting, dan sebagai saran saja pilih mobil yang punya banyak jaringan bengkel resmi di kota tempat kamu tinggal serta mudah menemukan komponen ori dan komponen penggantinya. Semoga bermanfaat.