Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prinsip Industri 4.0 Otomatisasi dan Digitalisasi

Prinsip Industri 4.0 Otomatisasi dan Digitalisasi

HarianTrendingTopik.com - Akhirnya kita masuk ke era Revolusi industri atau sering disebut industri 4.0 dimana suatu sistem berbasis terkomputerisasi dan semua sektor akan menggunakan mode otomatis digitalisasi.

Tentu revolusi industri atau industri 4.0 ini akan sangat mempengaruhi kehidupan manusia mulai di kehidupan industri Indonesia hingga memberikan efek ke seluruh dunia.

Kini semua sektor mulai dari pertanian, peternakan, kesehatan, pendidikan, hingga sektor perdagangan menggunakan teknologi digitalisasi.

Info Usaha dan Bisnis Pilihan :
Dan tentu saja secara tidak langsung kita "dipaksa" dan "harus" menyesuaikan diri dengan situasi dunia modern dan digutalisasi agar tetap bertahan serta melangsungkan hidup.

Persaingan kini bukan lagi antara kemampuan manusia dengan kemampuan manusia lain tetapi kita dituntut harus bersaing dengan hadirnya teknologi mesin terkomputerisasi.

Keberadaan teknologi yang semakin canggih akan menggantikan tugas-tugas manusia dengan lebih efektif dan efisien, karenanya urusan mencari uang akan berubah dan menuntut lebih inovatif.

Prinsip Utama Otomatisasi dan Digitalisasi Industri 4.0


Perlu diketahui pada industri 4.0 memiliki empat prinsip utama yang akan menjadi tolak ukur perkembangan di semua sektor industri.

Interoperabilitas Atau Kesesuaian

Prinsip pertama yaitu internet menjadi basis yang utama dimana semua kemampuan mesin, perangkat, sensor hingga peran manusia akan terhubung dan terkomunikasikan lewat Internet of Things (IoT).

Internet of Things (IoT) atau yang bisa juga disebut dengan Internet of People (IoP) dalam waktu dekan akan mengotomatisasikan semua proses komunikasi dan transmisi dengan masif.

Transparansi Informasi

Prinsip berikutnya akan dituntut kemampuan sistem informasi untuk menciptakan salinan dunia fisik secara virtual sehingga model pabrik digital akan penuh dengan data sensor.

Proses pengumpulan data sensor mentah menjadi sangat kompleks sehingga menghasilkan informasi konteks bernilai tinggi, maka dari itu transparansi informasi pastilah sangat penting.

Bantuan Teknis Dari Sebuah Sistem

Sistem akan menjadi bantuan teknis yang bisa membantu manusia untuk mengumpulkan dan membuat visualisasi informasi secara detail sehingga menghasilkan keputusan dengan baik.

Dan juga dalam sisi bantuan sistem siber-fisik akan menolong pekerjaan dan aktifitas manusia secara fisik misalnya melakukan serangkaian tugas berat atau tidak aman.

Keputusan Mandiri Sistem

Prinsip berikutnya sistem siber-fisik akan memiliki kemampuan untuk membuat keputusan sendiri dan menyelesaikan tugasnya secara.

Jikapun ada anomali atau pengecualian dan gangguan maka barulah akan melibatkan keputusan manusia selaku operator.

Positif dan Negatif Industri 4.0


Mungkin dari sisi benefitnya Industri 4.0 menjadi sebuah era modern yang mulai terjadi dengan tujuan meringankan tugas manusia.

Namun disisi lain juga ada imbas negatifnya dimana manusia sendiri harus bisa beradaptasi dan mau belajar agar tidak tergeser pleh kemampuan sebuah sistem.