Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Social Distancing, Apa Saja yang Harus di Hindari ?

Social Distancing, Apa Saja yang Harus di Hindari ?

Hariantrendingtopik.com - Sudah tau hal apa saja yang harus kamu hindari ketika masa Social Distancing ? Simak ulasan berikut.

Pengertian Social Distancing adalah sebuah tindakan yang dilakukan untuk mengurangi kontak antar manusia agar penyebaran virus, infeksi atau penyakit bisa diredam termasuk corona.

Dengan diterapkannya Social Distancing maka ada hal yang harus kamu hindari, diwaspadai hati hati serta ada juga hal yang boleh kamu lakukan.

Hal yang Harus di Hindari Ketika Social Distancing


Hal yang Harus di Hindari Ketika Social Distancing

Ketika masa Social Distancing kamu dilarang keras untuk melakukan pertemuan kelompok atau jumlah besar misalnya seperti datang ke konser musik atau arisan.

Semua hal yang berhubungan dengan aktifitas kelompok tidak boleh dilakukan misalnya nonton pentas seni, arisan, resepsi pernikahan, bioskop, acara event olahraga, reuni, karaoke dan semua aktifitas dalam bentuk berkumpulnya banyak orang dalam satu waktu.

Baca juga Pembayaran Cashless akan Semakin diminati Efek Corona

Kamu juga tidak boleh memegang atau menyeka muka dengan tangan langsung setelah bersalaman, sebisa mungkin bersihkan tangan dahulu dengan sabun.

Social Distancing juga melarang masyarakatnya untuk pergi wisata, keluar kota bahkan pergi keluar negeri. Lebih baik posisikan diri untuk tetap dirumah.

Hal yang Harus Diwaspadai Ketika Social Distancing


Hal yang Harus Diwaspadai Ketika Social Distancing

Kemudian ada juga aktifitas yang harus diwaspadai untuk dilakukan ketika Social Distancing, intinya boleh kamu lakukan tapi harus hati hati soal jarak dan kontak fisik.

Ketika masa Social Distancing kamu boleh makan diluar atau belanja di supermarket tapi sebisa mungkin hindari kontak fisik secara dekat dengan orang lain dan pakai masker atau bawa hand sanitizer.

Kamu juga boleh deliveri makanan atau berkunjung kerumah orang lain, tapi pastikan orang yang bertemu denganmu dalam kondisi sehat.

Baca juga Cara Meredakan Batuk Pilek pada Anak

Semua kegiatan luar ruangan bisa kamu lakukan misalnya jalan jalan di dekat rumah, menggunakan transportasi umum, olahraga sendiri dan sebagainya. Tapi tetap jaga jarak kontak dengan orang lain sekitar 1 Meter.

Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Social Distancing


Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Social Distancing

Pada dasarnya ada beberapa hal yang boleh kamu lakukan ketika Social Distancing dan semuanya bersifat kegiatan mandiri.

Contoh yang harus dilakukan ketika Social Distancing misalnya tidak melakukan jabat tangan, rutin cuci tangan dengan sabun, aktifitas didalam rumah, jarak lawan bicara minimal 1Meter dan sebagainya.

Kamu juga boleh berkumpul dengan keluarga inti, tapi sebagai catatan semuanya harus bebas dari virus yang sedang diwaspadai.

Kalau ingin berpergian kamu bisa menggunakan mobil yang dikemudikan sendiri, dan tetap memperhatikan larangan tidak boleh keluar kota jika tidak penting.

Kesimpulan

Inti dari ulasan diatas, ketika diterapkan Social Distancing, maka kamu harus membatasi jarak kontak fisik dengan orang lain minimal 1Meter.

Sangat dilarang untuk mengadakan dan mendatangi kegiatan berbasis kelompok. Saat Social Distancing justru akan lebih aman jika semua aktifitas dilakukan secara mandiri.