Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengatasi Anak Bosan Belajar Dirumah

8 Cara Mengatasi Anak Bosan Belajar Dirumah

Hariantrendingtopik.com - Rasanya sangat wajar sekali apabila anak merasa jenuh ketika seharian berada di rumah. Nah, Begini Cara Mengatasi agar Anak tidak bosan belajar dirumah menurut Kang Hartrop.

Proses belajar dirumah untuk anak bisa berlaku ketika libur panjang atau mungkin memang diliburkan karena suatu hal yang bersifat nasional atau daerah seperti akhir-akhir ini.

Namanya anak pasti tingkah polahnya akan selalu aktif dan ingin selalu bermain, jadi rasa bosan bisa lebih mudah muncul ketika anak tersebut diharuskan untuk belajar sendiri dirumah.

Agar tidak mudah jenuh, Kang Hartrop punya beberapa Cara Mengatasi Anak Bosan Belajar Dirumah untuk rekan - rekan orang tua sekalian.

Cara Mengatasi Anak Bosan Belajar Dirumah


1. Jangan Ubah Rutinitas

1. Jangan Ubah Rutinitas

Cara pertama agar anak tidak bosan belajar dirumah yaitu jangan sampai merubah rutinitas harian yang biasa dilakukan si anak dirumah.

Harian Trending Topik :

Waktunya makan ya makan, waktunya tidur ya tidur, waktunya nonton tv atau hiburan lain juga tetap berjalan seperti biasa.

Hanya gunakan waktu dimana belajar di sekolah untuk belajar dirumah, diluar itu waktu tetap sama persis. Peran serta orang tua sangat dituntut untuk proses belajar mandiri seperti ini.

2. Biasakan Selalu Aktif

2. Biasakan Selalu Aktif

Namanya anak pastilah akan selalu aktif, kalau tampak lesu dan suka menyendiri justru akan menjadi sebuah masalah psikis dari si anak sendiri.

Karena itu biarkan anak selalu aktif dan tetap diarahkan untuk belajar dengan caranya sendiri. Tidak perlu memaksakan kuantitas materi yang banyak.

Biarkan anak belajar dengan daya serapnya sendiri, sedikit demi sedikit tidak masalah yang penting anak paham betul dengan apa yang dipelajari.

3. Batasi Waktu Menggunakan Gadget

3. Batasi Waktu Menggunakan Gadget

Permasalahan utama yang muncul di era sekarang pastilah anak akan lebih sering bermain dengan gadget daripada belajar ketika dirumah.

Orang tua harus mampu mengalihkan ketertarikan anak dengan gadget kepada perihal lain misalnya bermain di taman dekat rumah atau misalnya sesuatu yang berhubungan dengan minat si anak.

Sebisa mungkin atur penggunaan gadget agar dibawah rutinitas seperti hari hari biasa. Jangan sampai karena tidak ingin anak menangis, anda terus menuruti sianak bermain gadget.

Anda juga dapat mencoba cara agar anak berhenti bermain smartphone apabila si anak selalu rewel dan tidak mau belajar kalau ada gadget didekatnya.

4. Buat Kebiasaan Membaca

4. Buat Kebiasaan Membaca

Cobalah untuk membuat kebiasaan membaca tumbuh pada si anak, caranya belikan buku buku yang berisi tentang ketertarikan minat si anak.

Misalnya, anak Kang Hartrop sendiri suka dengan kendaraan kendaraan besar seperti Dump Truck, Eskavator dan Buldozer. Jadi belikan saja buku dengan isi tema tersebut.

Yang penting bahan bacaan anak mengandung informasi pengetahuan yang baru, buatlah anak senang membaca terlebih dahulu.

5. Ijinkan Anak Mencoba Hal Baru

Sekali lagi biarkan anak mencoba hal baru, misalnya membuat sesuatu dengan barang barang yang ada. Dipantau saja jangan dimarahi selama apa yang anak lakukan tidak menyalahi keamanan dan aturan rumah.

Bukan hal yang aneh kalau seorang anak mencoba sesuatu yang tidak anda pahami karena imajinasi anak masih mencoba mencari jalan perkembangannya.

Adapun yang bisa orang tua lakukan yaitu mengawasi dan ikut bermain sembari mengarahkan apa yang diperbuat si anak agar menjauhi benda benda berbahaya.

6. Sebagai Orang Tua Juga Jangan Berhenti Belajar

Orang tua pastinya sudah paham kalau materi pelajaran akan terus bergeser dan meningkat jumlahnya, karena itu orang tua juga jangan sampai berhenti belajar.

Sehingga orang tua paling tidak mampu mengajari anak walaupun sedikit, jangan biarkan anak belajar sendiri dan menganggap kalau orang tuanya tidak pintar.

Buatlah image ke anak bahwa " ayah ibu saya pintar dan bisa menjari saya" dengan begitu dimasa dewasanya nanti anak akan menjadikan masukan orang tua adalah yang utama.

7. Jangan Terlalu Sering Di Larang

Paling penting dari Cara Mengatasi Anak Bosan Belajar Dirumah yaitu jangan terlalu sering melarang anak melakukan sesuatu kecuali tentang main gadget.

Sering dilarang tidak baik untuk perkembangan psikis anak, selama hal yang dilakukan positif dan tidak berbahaya biarkan saja.

Khusus untuk bermain gadget orang tua Harus berani melarang dan biarkan anak menangis karena jika kecanduan gadget, bukan hanya psikis saja yang akan rusak.

8. Tidak Masalah di Ajak Bermain Dekat Rumah

Terakhir, kalau rasa bosan anak sudah mencapai batasnya dan mulai membanting sesuatu karena kesal, cobalah untuk mengajak anak bermain didekat rumah misalnya di taman.

Kegiatan ini juga bisa menjadi refresing untuk para orang tua juga yang selalu berutinitas kerja dengan padatnya setiap hari.

Bermain di alam dengan anak sama halnya dengan belajar mandiri dirumah, jangan takut tentang kabar berita penyakit menular. Biarkan anak terkena sinar matahari agar sistem imun tubuhnya berkembang.

Agar Anak Tidak Bosan Belajar Dirumah


Intinya, Agar Anak Tidak Bosan Belajar Dirumah diperlukan peran serta orang tua mendampingi anak sebagai teman dan sebagai orang yang mampu mengajari dalam proses belajar.

Kalau anak sudah merasa lelah dan capek, biarkan dia beristirahat. Jangan paksa anak belajar diluar kemampuannya. Dan hal yang paling penting, jangan biarkan anak over bermain gadget.