Mau Tau Rahasia Pedagang Sukses ?

Mau Tau Rahasia Pedagang Sukses ?

Hariantrendingtopik.com - Salah satu rahasia terbaik pedagang agar sukses adalah mengerucutkan semua proses transaksi berdasarkan atas kejujuran dan kepercayaan. Entah transaksi tersebut berhubungan dengan pembeli ataupun supplier.

Agak sulit sebenarnya dikatakan "Rahasia pedagang sukses" pasalnya semua orang yang memilih profesi sebagai pedagang dengan berjalannya waktu pasti paham dengan hal ini secara otomatis.

Kecuali pedagang tersebut hanya memikirkan keuntungan yang besar saja tanpa berpikir efek kedepannya untuk keberlangsungan usahanya.

Tapi tidak masalah, hal tersebut merupakan pilihan pribadi. Kang Hartrop ingin menulis pembahasan tentang apa saja rahasia pedagang sukses yang harus diketahui teman-teman jika memutuskan untuk jadi pedagang.

5 Rahasia Pedagang Sukses


Sebelum melanjutkan, harus digarisbawahi kualitas produk memang menjadi salah satunya tetapi tidak bisa menjadi yang utama dari kesuksesan seorang pedagang.

1. Jujur dan Bisa Dipercaya

1. Jujur dan Bisa Dipercaya

Sebagai pedagang dengan jenis dagangan apapun, sudah pasti profesi ini akan menuntut kita untuk bertemu dengan banyak orang setiap harinya.

Hal terpenting yang harus kita jaga dan kita pertahankan untuk menjadi jalan kesuksesan kita adalah Jujur dan Bisa dipercaya. Cara Menjadi Pengusaha Sukses.

Antara pelanggan, supplier dan kita sendiri pun tidak jauh berbeda. Jika ada seseorang yang mulai tidak jujur pastinya antara satu dengan yang lain tidak ada rasa percaya lagi.

Jadilah pedagang yang jujur dengan produk daganganmu, meskipun akan ada yang batal membeli karena mendengarkan penjelasanmu.

Justru dengan begitu yang membeli daganganmu hanya orang-orang yang juga memiliki kejujuran. Kenyataanya orang yang jujur kebanyakan memiliki rasa loyalitas sangat baik.

Kenapa harus jujur ? contoh sebuah kasus ada pembeli yang datang ke lapakmu kemudian batal membeli karena mendengarkan penjelasanmu, kemudian membeli ke tempat lain karena dia merasa ditoko lain penjelasanya lebih menyenangkan untuk didengar.

Jika barang yang dia beli ternyata tidak sesuai dengan yang penjual lain katakan, tetapi sesuai dengan penjelasanmu, sudah pasti dikesempatan berikutnya dia akan membeli ditempatmu karena sudah membuktikan penjelasanmu.

Berbeda jika kamu tidak jujur dalam menjelaskan produkmu, dengan tujuan hanya untuk dibeli. Maka jikalau barang yang dibeli tersebut tidak sesuai, pastinya dia tidak akan membeli lagi ditempatmu.

Kejujuran dan kepercayaan seperti halnya sebab-akibat. Dengan kejujuran yang sudah kamu lakukan sudah pasti akan ada kepercayaan yang kamu dapatkan.

Jika seorang pembeli sudah percaya dengan daganganmu dan yakin kalau kamu jujur dalam transaksi apapun, maka bisa dipastikan akan muncul loyalitas dengan terus berlangganan ditempatmu.

2. Mau Menerima Kritik dan Saran

2. Mau Menerima Kritik dan Saran

Kritik dan saran dari pembeli adalah hasil penilaian dari pelayanan yang kita berikan. Kamu harus memiliki hati yang lapang dan sabar serta mau menerima kritik saran tersebut.

Perlu kamu tau ada jenis kritik dan saran yang bagus dang memang harus kamu evaluasi, tapi ada juga kritik dan saran yang hanya berasal dari ocehan belaka.

Maka kamu harus memiliki pengalaman untuk membedakan keduanya. Kritik dan saran yang baik biasanya berasal dari orang-orang yang sudah berlangganan padamu dalam waktu lama.

Jangan abaikan, segera direspon dan jika memang butuh evaluasi, maka segeralah perbaiki agar pelanggan yang setia ini tidak kabur.

Hasil dari Kritik dan saran yang baik akan membuat kualitas produk yang kamu jual menjadi lebih baik. Karena itu produk dagang yang bagus tidak bisa dibuat dalam waktu yang singkat.

3. Kualitas Produk dan Keinginan Pembeli

3. Kualitas Produk dan Keinginan Pembeli

Kualitas produk yang kamu jual akan selalu menjadi penyebab hasil kesuksesan yang akan kamu raih. Tapi disisi lain kamu juga harus memahami keinginan pembeli dari kualitas produkmu.

Percayalah tidak semua orang menginginkan produk bagus dengan harga mahal. Kamu harus mampu menyesuaikan produk yang baik dengan standar harga yang rela dibayarkan oleh pembeli.

Misal, kamu ingin menjual nasigoreng yang enak dengan penuh toping daging dan sayuran segar, tapi dengan semua itu harga jual yang bisa kamu tawarkan pasti relatif mahal.

Lihatlah target pasar disekitarmu, jika mereka hanya mampu membayar direntang 10.000-15.000 saja, maka buatlah nasi goreng yang enak sesuai lidah mereka dengan toping sayuran secukupnya.

Jangan memaksakan keinginanmu untuk daganganmu, karena kalau pembeli merasa harga daganganmu tidak cocok dengan standar harga mereka, sudah pasti mereka tidak akan datang kembali ketempatmu.

KECUALI, jika mulai dari awal semua aspek daganganmu dan target pembelimu memang berada di ekonomi menengah keatas, tentu saja itu berbeda cerita. Jika memang demikian maka sah-sah saja kamu membuat produk yang mengedepankan kualitas dan kuantitas.

4. Pahami Harga Pasar

4. Pahami Harga Pasar

Melanjutkan poin nomor 3 dimana profesi pedagang harus mampu melihat target pasar yang ada disekitarnya. Peluang Bisnis dan Usaha yang Menjanjikan.

Berapa rupiah yang mampu mereka bayarkan, produk seperti apa yang mereka cari, sampai bahan apa saja yang pembeli sukai.

Maka kamu sebagai pedagang harus mampu menakar perbandingan tersebut sehingga prodakmu memiliki ketersesuaian dengan keinginan para pembeli.

5. Terus Semangat dan Jangan Takut Gagal

5. Terus Semangat dan Jangan Takut Gagal

Poin terakhir ini adalah perihal yang sangat susah dilakukan. Rasa semangat berdagang bisa hilang dalam sekejap jika ada hantaman ketidak seimbangan oleh daya beli masyarakat.

Menunggu yang terasa bosan serta selalu berpikir "bagaimana kalau tidak laku", merupakan serangan telak yang mengganggu jiwa para pedagang.

Bersiaplah untuk menerima segala resiko. Jika memang daganganmu akan gagal atau tidak berkembang, terima saja jangan menggunakan segala cara untuk mempertahankannya.

Evaluasi kekurangan pada dagangan sebelumnya apa yang menyebabkan penurunan penjualan secara tajam. Hindari Bisnis yang Menawarkan Mudah Sukses.

Dengan pengalaman tersebut carilah peluang usaha yang hampir sama, maka kamu akan mampu bersiap jika terjadi tanda-tanda yang serupa.

Disetiap kegagalan akan memberika satu pengalaman yang sangat berharga dimana dengan pengalaman tersebut, kamu tidak akan mengalami kejatuhan yang sama di usaha berikutnya.

Berulang-ulang nya proses tersebut akan membuat kamu siap secara mental dan experiece menghadapi rintangan yang lebih besar di jalur kesuksesanmu.

Satu Lagi Rahasia Pedagang Sukses


Satu-satunya Rahasia Pedagang Sukses yang harus semua pedagang tau adalah nikmati perjalanan prosesnya, dengan seiring jatuh bangun yang kamu rasakan maka mental dan jiwamu akan tertempa menjadi mental pedagang yang sangat kuat.

Jangan pernah mendahulukan "Keuntungan" dalam setiap proses dagang, dahulukan kualitas serta kepercayaan konsumen, maka bisa dijamin suatu saat Kesuksesan pasti akan datang dengan sendirinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel