Mau Usaha Jus Buah ? Cek Peluang dan Modal nya Berikut

Usaha Jus Buah

Hariantrendingtopik.com - Termasuk bisnis sampingan yang mudah, tidak membutuhkan modal dan skill yang kompleks, apalagi bisa dilakukan oleh semua orang, karena itu peluang usaha jus buah akan selalu bisa dicoba.

Usaha jus buah tidak selamanya profit dan tidak pula selamanya rugi, banyak sekali faktor yang menentukan keberhasilannya. Intinya, produk jual berbahan buah-buahan akan selalu dituntut memberikan inovasi yang selalu baru.

Oke, berikut Kang Hartrop akan memberikan ulasan sedikit banyak tentang usaha jus buah, semoga bisa menjadi referensi tambahan kamu jika mempunyai keinginan memulai bisnis sampingan jus dan aneka olahan buah segar.

Peluang Usaha Jus Buah


Berbicara tentang Peluang Usaha Jus Buah, secara garis besar hanya bisa dimasukkan ke kategori usaha sampingan. Alasan utamanya karena Jus buah bukan termasuk minuman utama yang harus selalu ada bersamaan dengan makanan.

Tapi tentu saja tidak menutup kemungkinan menjadi usaha jangka panjang, tergantung bagaimana kreatifitas pengelola dan promosinya. Usaha atau Bisnis yang Laku Setiap Hari.

Jika hanya menjual aneka macam jus buah, peluang mendapatkan pundi rupiah akan selalu ada selama harga dan rasa masih terjangkau oleh konsumen.

Peluang lokasi terbaik untuk memulai usaha jus buah sama dengan makanan jenis kudapan atau bukan makanan primer yaitu di lokasi yang ramai orang. Bisa juga di area jalur jalan lambat, jalur jalan cepat kurang bagus untuk jenis usaha seperti ini.

Modal Usaha Jus Buah


Modal Usaha Jus Buah

Modal yang paling dibutuhkan untuk usaha jus buah tidak lain tetaplah dana yang mencukupi. Secara kasar perhitungan modal yang dibutuhkan tidak lebih dari 15juta dengan gambaran lapak berupa gerobak alumunium.

Jika perhitungan untuk perlengkapannya saja akan membutuhkan modal tidak lebih dari 10juta kecuali kamu berniat membuka kios jus buah berupa bangunan permanen atau menyewa toko atau kios.

Oke, kita kesampingkan bentuk dan luas tempat untuk usaha terlebih dahulu karena bagian ini hanya butuh menyesuaikan dengan alokasi dana tempat yang ada.

Modal berbentuk barang yang dibutuhkan seperti blender atau juicer 2unit, frezer atau kulkas 1unit, Cup sealer press 1unit, juga peralatan tambahan seperti pisau, tatakan, saringan, tempat es dan sebagainya.

Jumlah modal berupa uang yang sekiranya harus kamu siapkan :

- Untuk usaha Jus dengan gerobak alumunium kurang lebih 15.000.000 Rupiah sudah termasuk sewa tempat untuk 1-3bulan.

- Untuk usaha jus dengan tempat permanen atau sewa toko membutuhkan persiapan dana kurang lebih 50.000.000 Rupiah. Dana sudah termasuk lengkap dengan sewa tempat 1tahun serta desain tempat agar sesuai kriteria kios jus.

Kelemahan Usaha Jus Buah


Sudah sewajarnya setiap jenis usaha dan bisnis pasti ada kelemahan dan kekurangannya, berikut beberapa kelemahan usaha jus buah yang mudah dirasakan.

- Mudah bosan

Bayangkan saja dari pagi sampai sore kamu berada di kios jus untuk menunggu dan melayani pembeli. Jadi jika sudah berniat untuk wirausaha, bersiaplah berteman dengan rasa jenuh dan bosan.

- Keuntungan terbilang Stagnan atau konstan

Usaha jus buah bukanlah jenis usaha yang mengejar target, artinya jika ada banyak pembeli maka akan mendapatkan untung yang banyak. Permasalahannya tidak setiap hari satu orang selalu membeli jus.

Jika baru akan memulai kamu sudah berpikiran akan ada titik dimana omset dan penjualan melonjak tajam, lebih baik pikirkan ulang benar akan memulai usaha atau tidak.

- Proses Pembusukan

Kamu harus paham kalau buahyang tidak laku akan busuk dan tidak bisa dijual kembali, karena itu kamu harus bisa menghitung dengan baik berapa persen dari tiap jenis buah yang akan terjual setiap hari.

Tentunya hal tersebut hanya bisa diketahui dari pengalaman berdagang jus, karena itulah jus buah tidak bisa mengejar target perhari, melainkan mengikuti selera konsumen.

- Proporsi harga dan kualitas

Poin ini akan sulit dipahami jika kamu belum berpengalaman menjual jus buah dan inovasinya. Ada standar harga yang diminati banyak orang dan jika kamu naikkan maka akan berimbas dengan berkurangnya pembeli.

Tapi jika harga kamu murahkan dengan kualitas jus yang dikurangi maka efeknya sama saja, akan muncul ketidak puasan dari pembeli.

Kisaran harga yang masih mampu diterima oleh kelas pelajar dan pekerja untuk jus buha sendiri tidak lebih dari 10.000Rupiah, angka 7.000 dan 8.000 dirasa cukup wajar untuk satu gelas jus dengan kekentalan medium.

Perlengkapan Usaha Jus Buah


Perlengkapan Usaha Jus Buah

Daftar yang Perlengkapan yang dibutuhkan untuk usaha jus buah kira-kira sebagai berikut :

Gerobak Booth Display Alumunium bongkar pasang : 3.000.000
Frezeer es dan buah : 2.500.000
Juicer : 500.000 x 2unit : 1.000.000
Cup Sealer Press : 800.000
Plastik Cup Seal : 100.000
Cup Plastik per 1000pcs dengan sablon logo : 600.000
Tempat Buah/ Etalase Kaca : 500.000
Banner Display : 100.000
Pisau, Teko Air, saringan, talenan, sedotan, sendok, tempat gula, tempat sirup dsb : +- 500.000

Total sekitar 9.100.000 an, adapun kenapa alokasi dana yang disarankan berkisar 15Juta rupiah karena sisa dana yang ada akan digunakan untuk sewa tempat dan membeli perlengkapan tambahan dimana sifatnya habis pakai atau rusak buang.

Keuntungan Usaha Jus Buah


Keuntungan Usaha Jus Buah

Perihal keuntungan, misal kita ambil sample jus melon yang 1 cup diharga 8.000 rupiah. Terpotong harga cup dan buah serta bahan tambahan seperti gula atau susu, maka perhitungan kasar kita bisa mendapatkan untung antara 2.500-3.500 rupiah tergantung kentalnya jus.

Untuk jus dengan menu buah lain bisa menyesuaikan tergantung harga buahnya juga, nominal keuntungan tidak terpaut jauh, yang jelas semakin mahal harga buahnya maka akan memberikan untung yang lebih banyak.

Sekali lagi usaha jus tidak dapat mengikuti kejar target, artinya jika sehari kamu menyiapkan 50 jatah cup maka keuntungan maksimal yang didapat 50* 3.000 yaitu 150.000rupiah kotor dan belum terpotong biaya operasional harian.

Yang perlu kamu ingat, hindari perang harga tapi utamakan kualitas rasa dan kuantitas jus. Perang Harga Dalam Bisnis.

Semakin banyak cum yang mampu kamu jual maka keuntungan akan semakin banyak, karena itu dalam usaha jus buah membutuhkan inovasi terus-menerus agar olahan buah segar selalu menarik dan tidak membosankan.

Usaha Jus Buah dan Sop Buah


Dengan bahan dasar yang sama yaitu buah segar serta bahan tambahanyang tidak berbeda jauh, maka akan sangat bagus jika kamu menyediakan menu yang terdiri dari aneka jus serta aneka sup buah.

Memang menyiapkan sop buah akan lebih rumit, tapi tentunya harga jualnya akan lebih tinggi dari jus buah biasa, keuntungannya juga relatif lebih besar. Es Buah, Lapak Bisnis Dadakan Primadona Di Bulan Puasa.

Usaha Jus Buah Kemasan


Mungkin jika usaha jus buah kamu sudah berjalan dengan baik dan sudah menghasilkan secara intensif perbulan, kamu bisa melebarkan sayap ke produk jus buah kemasan.

Buatlah merk dagang kamu sendiri, tidak masalah kalau semua berawal dari yang kecil. Buatlah promo-promo menarik untuk jus mu agar pembeli tidak merasa bosan karena menunya itu-itu saja.

Usaha Jus Buah di Rumah


Menurut Kang Hartrop, lokasi usaha jus buah terbaik adalah di depan rumah sendiri. Dengan syarat rumah kamu berada di pinggir jalan raya dimana jalan tersebut adalah jalan utama dari para pengendara.

Pengeluaran untuk sewa tempat akan terpangkas sangat banyak sehingga modal cadangan akan lebih bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lain atau membeli peralatan promosi pendukung.

Paket Usaha Jus Buah


Maksud dari Paket Usaha Jus Buah yaitu berupa franchise atau waralaba usaha jus yang bisa kamu beli satu paket lengkap dengan peralatannya, tapi nama dan stok bahan harus kamu beli dari penyedia paket.

Paket Usaha Jus Buah sebenarnya sebuah solusi jika kamu ingin memulai usaha jus tapi tidak mempunyai ilmunya sama sekali, jadi dengan membeli paket usaha, kamu akan diajari dasar-dasar ilmu dan pengalaman untuk berjalan memulai bisnis jus.

Namun jika kamu ingin mandiri dan belajar semua sendiri karena rasa keingintahuan yang tinggi, tentunya tidak masalah jika mulai dari nol.

Banyak pengalaman yang akan kamu dapatkan, jika dirasa sudah cukup mampu, kamu dapat membuat jasa paket usaha jus buah yang bisa kamu tawarkan ke orang lain.

Nama unik untuk Usaha Jus Buah



Entahlah, sepertinya untuk usaha jus buah nama tidak begitu terlihat, karena rasa jus adalah yang utama. Namun dalam ilmu bisnis, kamu harus tetap memiliki nama yang unik untuk memudahkan pembeli mengingat brand mu.

Kadang dalam mencari nama dari sebuah usaha, bisa memperlihatkan seberapa serius kamu dengan usaha tersebut. Buatlah nama unik yang ketika orang melihat bisa mengingatnya dan tidak sama dengan jus yang lain.

Misalnya : Caricas Juice, Paradisias Juice, Agathisan Juice, Malusaya Juice, Fragariana Juice, Vinivera Juice.

Coba kamu perhatikan baik-baik, nama-nama jus tersebut tidak mengandung nama seseorang tetapi terkesan bagus untuk banyak varian jus. Serta jika usahamu memperlihatkan kemajuan yang bagus, nama tersebut bisa kamu gunakan untuk merk dagang sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel