Cara Membuat Blog dari Awal Sampai Menghasilkan Uang dari Adsense

Hariantrendingtopik.com - Cara Membuat Blog dari Awal Sampai Menghasilkan Uang dari Adsense. Bagi teman-teman yang ingin membuat blog dan ingin blog yang dibuat bisa menghasilkan uang dari Google Adsense.

Kang Hartrop akan berbagi pengalaman bagaimana membuat blog dari awal beserta tahap-tahapannya sampai blog siap didaftarkan ke adsense dan mendapatkan trafik organik tanpa share ke media sosial atau platform lainnya.

Cara Membuat Blog dari Awal Sampai Menghasilkan Uang dari Adsense

Sebelum melanjutkan ke pembahasan, perlu dipahami dan diketahui, waktu yang dibutuhkan untuk membuat blog dari awal sampai benar-benar menghasilkan gajian perbulan kira-kira sekitar 2 tahun. Untuk blog memang dituntut untuk sabar jika mengandalkan trafik organik dari Google Search.

Tapi kenapa hanya Google Search Engine ? Tujuannya sederhana saja, kita bermain bersih dan murni sehingga nantinya akun Google Adsense kita akan lebih kuat dan aman dari banned invalid trafik. Berapa Lama Blog Bisa Menghasilkan Uang dari Adsense ?.

Cara Membuat Blog dari Awal Sampai Menghasilkan Uang dari Adsense


1. Pilihan Browser yang Digunakan

Tidak ada pengkhususan untuk browser yang digunakan, tetapi karena kita memulai bekerja dengan tujuan target platform adsense Google, ada baiknya kita menggunakan browser Google Chrome.

Kelebihan Browser Google Chrome untuk ngeblog ada di bagian pengaturan pengguna sehingga kita bisa mengkhususkan satu akun blog dan adsense dalam satu shotcut Chrome saja, jadi lebih mudah untuk mengelompokkannya.

2. Buat Email Baru

Kang Hartrop tentunya tidak perlu menjelaskan bagaimana membuat akun Gmail yang baru, tapi perlu ditekankan walaupun sudah mempunyai akun Gmail, ada baiknya buat akun Gmail baru yang khusus untuk blog.

Belilah nomor kartu perdana baru agar akun emailmu terbebas dari keterkaitan dengan akun email lain yang nanti tujuannya agar mudah diterima google adsense tanpa hambatan.

Ubahlah pengaturan akun google kamu di bagian bahasa menjadi Indonesia agar lebih mudah memahami ketika nanti akan mencari sesuatu.

3. Buat Blog Kamu

Masuklah ke Blogger dan kemudian membuat satu blog yang unik , usahakan nama sesuai dengan target pembahasan blog kamu.

Pertama kali jangan berpikir topik yang sangat luas, lingkup kecil saja misalnya kamu suka dengan kegiatan memancing, sudah bahas niche memancing saja.

Lagipula pembahasan dan pengalaman akan terus ada dan tidak bersifat monoton. Dengan membahas satu tema makan blog kamu akan mempunyai cloud keyword yang padat dan bagus dimata Google.

Pilihlah nama sesuai pembahasan blog dan mudah di ingat, atau kalau kamu bingung mencari nama blog, kamu bisa menggunakan namamu sendiri untuk blog dan pastinya akan sangat unik serta mudah di ingat oleh pembaca.

4. Pasang Tema

Gunakan tema premium yang sudah banyak direkomendasikan oleh blogger sebelum kamu karena sudah teruji desainnya dan metanya yang sudah diseting sesuai cara main SEO.

Tema bawaan memang bagus dan original, tapi kang Hartrop sarankan kamu membeli tema yang premium sesuai dengan selera kamu. Harga yang ditawarkan sekitar 200-300ribu rupiah

Terapkan tema dan hilangkan widget yang tidak penting, tidak diseting apa-apa juga tidak masalah karena nanti seting tampilan akan dilakukan setelah membuat artikel sebanyak 15-20 post saja.

5. Buat Artikel dan Terbitkan

Buatlah artikel sebanyak 20-30 buah dengan menggunakan keyword yang sesuai, meskipun mungkin artikel yang kamu buat karena ingin menulis saja, usahakan ada rangkaian keyword di judulnya. Cara Agar Menulis Blog Menjadi Mudah.

Jika sudah paham bagaimana menggunakan keyword untuk membuat artikel, jangan buat artikel dengan high search keyword, gunakan saja keyword dengan jumlah pencarian bulanan sekitar 200-500 visitor.

6. Belikan Domain TLD kalau Bisa yang .com

Setelah membuat post sekitar 20-30 buah dengan tema yang sama, sekarang kamu harus membelikan blog kamu TLD atau Top Level Domain.

Kang Hartrop sarankan beli domain .com saja yang universal, TLD lain juga boleh sesuai selera dan kebutuhan. Tapi kalau bisa .com saja.

Kenapa harus TLD ? Banyak sekali faktor kenapa blog harus dibelikan domain TLD, salah satunya ketika nanti mendaftar akun adsense bisa mendapatkan Adsense Non Host dengan pembagian lebih besar.

Faktor lainnya juga agar search engine lebih mudah melihat masa usia dari blog kamu. Faktanya memang domain TLD seperti .com memang sudah diakui internasional.

7. Daftarkan Blog ke Webmaster dan Analytic

Anggap saja proses sampai pengaktifan Domain TLD sudah berhasil, sekarang kamu harus mendaftarkan blog kamu ke webmaster dan Analytic.

Kenapa baru sekarang didaftarkan ? Iya karena akan lebih baik didaftarkan ketika sudah menggunakan domain pihak ke 3.

Tak usah banyak menggunakan sitemaps /sitemap.xml dan /feeds/posts/default?orderby=updated saja sudah cukup.

Sedangkan untuk google analytics tentu saja berfungsi untuk mengetahui status visitor blog kamu, dengan ini kamu bisa mengetahui target keyword dan visitor terbanyak.

8. Lengkapi Navigasi Blog

Langkah selanjutnya mulailah melengkapi navigasi blog. Navigasi menu di bagian header serta navigasi kebutuhan blog di footer.

Melengkapi navigasi identitas blog seperti TOS, disclaimer dan sebagainya akan lebih mudah jika blog sudah memiliki custom domain, jadi tidak perlu untuk kerja 2x dengan merubahnya. Maksud Kang Hartrop sekalian jalan gitu.

9. Perbaiki Internal Link dan Post dari Awal

Inilah maksud kang Hartrop kenapa buat postingan sebanyak 20 artikel terlebih dahulu baru didaftarkan domain. Tujuannya adalah ketika membuat internal link bisa menggunakan alamat situs yang sudah custom domain.

Tapi kalau kamu sudah paham banget nge blog tentunya awal buat langsung pakai TLD saja dan mengalir menulis.

Tujuan khususnya adalah agar postingan di awal bisa maksimal menggunakan internal link, karena biasanya jika langsung dibelikan TLD, postingan di awal-awal akan miskin internal link yang sesuai.

10. Perbanyak Postingan

Semua kebutuhan pondasi blog kamu sudah selesai, tugas kamu sekarang memperbanyak postingan. Kalau berapa artikelnya, saran Kang Hartrop buatlah lebih dari 100 artikel dengan satu tema atau niche dengan per artikel berisi lebih dari 300 kata. Baiknya untuk awal sekitar 500-700 kata.

Secara umum jika sebuah blog sudah mencapai 100 artikel lebih dengan tema yang sama, seharusnya sudah ada organik visitor yang berkunjung lebih dari 50 perhari. Artinya situs kamu sudah siap didaftarkan ke Adsense.

11. Daftarkan ke Google Adsense

Langkah awal untuk menghasilkan uang dari blog pastinya dengan mendaftarkan progam adsense, walaupun banyak penyedia iklan diluar sana. Cara Mendaftar Google Adsense Blog.

Kang Hartrop tetap menyarankan untuk pilihan utama ke GOogle Adsense karena sudah jelas sistemnya dan tentu saja sudah terbukti menghasilkan.

12. Update Post Setiap Hari

Terakhir jika blog kamu sudah diterima adsense dan kode iklan sudah berhasil di blog, Kamu tidak perlu pusing-pusing bagaimana cara agar cepat dapat pemasukan. Jangan jadikan adsense sebagai fokusmu.

Tetaplah fokus untuk memposting artikel yang bermanfaat membahas atau mengulas sesuatu dengan detail. Secara otomatis nanti jika sudah Google "melihat" situsmu maka pendapatan akan bertambah dengan sendirinya.

Susahkah Membuat Blog dari Awal Sampai Menghasilkan Uang dari Adsense ?


Tergantung, jawabanya bisa berfariasi, Membuat Blog dari Awal Sampai Menghasilkan Uang dari Adsense itu mudah, dan bisa dipelajari. Yang susah itu ketika kamu malas menulis dan tidak sabaran, mending tinggalkan dunia blog saja, karena inti dari nge-blog yang menghasilkan ya sudah pasti dengan terus menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel