Pilihan Menu Usaha Berbahan Nasi Yang Bisa Kamu Coba Untuk Ide Bisnis Kuliner

Pilihan Menu Usaha Berbahan Nasi berikut ini mungkin bisa menjadi referensi atau informasi tambahan kamu jika mungkin ingin membuka bisnis serta menjajal pasar pundi pundi rupiah di dunia per kuliner an.

Sebagai informasi, pilihan menu usaha dari nasi tidak bisa bercampur dengan menu lain, jadi kamu harus memutuskan untuk mendalami bisnis dari menu olahan nasi apa.

Sekali memutuskan, harus di jalankan dengan serius karena pada umumnya "Nama Lapak" usaha nasi kamu baru bisa dikenal dengan baik secara global dalam waktu bertahun-tahun.

Pilihan Menu Usaha Berbahan Nasi

Berikut ini Mas Topik merangkum beberapa menu olahan untuk usaha dari bahan utama nasi yang mempunyai nilai jual tinggi dan sudah mempunyai nama dipasaran.

Pilihan Menu Usaha Berbahan Nasi Kalau Kamu Ingin Coba Dunia Kuliner

1. Usaha Nasi Goreng

Tentunya kamu sudah paham betul dengan menu dagangan nasi goreng yang selalu lewat di depan rumah setiap malam atau yang mangkal karena sudah terkenal rasa enaknya.

Hampir sebagian besar penjual nasi goreng yang sudah membuka lapak dagang menetap dulunya pasti keliling dengan gerobak.

Ada juga lapak dagang nasi goreng yang dari awal memang sudah langsung menetap disuatu tempat dengan promosi menu nasi goreng uniknya. Kamu bebas memilih mau menggunakan metode yang mana.

Tapi yang jelas menu dangan nasi goreng ini merupakan makanan untuk suasana malam hari dimana perut terasa lapar tapi malas untuk masak.

2. Usaha Nasi Kuning

Berbeda dari nasi goreng yang aktif di cari pada malam hari, menu dagang nasi kuning justru dicari pada pagi hari sebagai menu sarapan ataupun bekal untuk aktifitas.

Jika kamu ingin dagang nasi kuning, bisa mulai dengan membuat nasi kuning per pak atau pesanan sebagai tumpeng sebuah acara.

Menu dagang nasi kuning sangat fleksibel dimana bisa pesanan diantar dengan per pak makan ataupun dengan membuka lapak menetap disuatu tempat.

Sangat tidak cocok berjualan nasi kuning dengan menggunakan gerobak karena ciri khas dari nasi kuning adalah menu olahan nasi yang dicari.

3. Usaha Nasi Padang

Dengan bahan nasi putih biasa, tapi penyajian lauknya yang istimewa tinggal pilih sendiri merupakan ciri khas dari menu dagang nasi padang.

Karakter lapak yang menetap dengan baliho berwarna cerah merah atau kuning tajam sudah menjadi tanda yang dimengerti banyak orang kalau lapak tersebut adalah warung makan nasi padang.

Lapak nasi padang tidak mengenal pembagian waktu pagi dan malam bahkan bisa buka 24jam dan Menunya pun mudah dibuat.

Model keuntungan dari dagang nasi padang umumnya sedikit tapi dalam jumlah kuantitas pembeli yang banyak.

4. Usaha Nasi Liwet

Menu olahan nasi yang biasa menampakkan diri di pagi hari dengan ciri khas mengolah nasi menggunakan teknik tradisional orang jawa yang bernama "Ngliwet" dari kata Liwet, artinya memasak nasi dicampur dengan bumbu rempah tertentu.

Jadi tiap lapak dagang nasi akan mempunyai ciri khas tersendiri dari rasa dan aroma nasinya. Rasa gurih dan nikmat yang mampu menyerang kemauan lidah pada umumnya akan mempunyai potensi sukses dengan baik.

5. Usaha Nasi Uduk

Nasi uduk dalam bahasa kita dan Nasi lemak dari negara tetangga pada dasarnya sama saja yaitu cara mengolah nasi dengan santan yang khas.

Karakter jual nasi uduk bisa jam berapa saja. Pembeda lapak dagang nasi uduk yang satu dengan yang lain biasanya terletak di menu lauknya.

Untuk lauk yang cocok memang harus mempunyai pengaman yang matang sehingga bisa tau apa yang di inginkan pembeli sekitar.

6. Usaha Nasi Tumpeng

Menu olahan nasi tumpeng bukan termasuk lapak dagang pinggir jalan, melainkan model bisnis dagang pesan antar untuk acara tertentu.

Bisa juga membuka tempat makan dengan menu tumpeng untuk makan bersama, tentunya modal yang dibutuhkan tidak sedikit.

Maka dari itu untuk mengawali langkah ada baiknya jika menyerang pasar pesan antar terlebih dahulu.

7. Usaha Nasi Kebuli

Olahan Nasi yang dimasak dengan kaldu daging kambing ini memang belum lama namanya terkenal di Indonesia. Bukan nasi khas dari Indonesia, tapi pamornya naik dengan luar biasa cepat.

Belum lebih dari dua dekade saja sudah banyak restoran ala timur tengah bermunculan yang menyediakan menu nasi kebuli.

Kesempatan anda jika ngin memulai dagang Nasi Kebuli bisa dengan menetap di warung pinggir jalan dengan paket nasi kebuli harga ekonomis, karena pada umumnya nasi kebuli yang dijual di cafe berharga lumayan mahal untuk kantong rumah tangga.

8. Usaha Nasi Bakar

Untuk menu usaha nasi bakar justru dapat disandingkan dengan menu makanan atau minuman lain, misalnya lauk khas seperti ayam betutu atau sebagainya. Bisa juga sekalian usaha minuman es kelapa muda.

Nasi bakar bisa jadi menu utama ataupun menu pilihan karena memang bahannya hanya nasi putih biasa dengan proses masak dibakar seperti pepes dengan isian lauk di dalamnya.

9. Usaha Nasi Kotak

Usaha Nasi Kotak, ide bisnis dengan capaian target yang luas tanpa memikirkan lapak di pinggir jalan. Semua pesanan dan promosi bisa dihandle oleh media sosial.

Cukup mudah memulai dan modal yang relatif kecil. Mungkin jika anda ingin mencoba usaha kuliner yang murah dan simple tanpa harus sewa tempat, mulailah dulu dengan promosi nasi kotak baru berkembang ke menu bisnis lainnya.

10. Usaha Nasi Rames

Termasuk karakteristik menu olahan nasi yang dicari pada pagi hari. Nasinya biasa saja, tidak ada campuran apapun.

Karakter terkuat dari olahan nasi rames umumnya dikenal dari lauknya yang berbeda dengan lapak lainnya.

Usaha nasi rames dipagi hari tidak butuh tempat luas, hanya saja anda perlu mempertimbangkan lokasi yang tepat, yaitu di jalan utama yang ramai pada pagi hari.

11. Usaha Nasi Pecel

Menu olahan nasi yang legenda di tanah jawa. Umumnya pecel dijual pada pagi hari dengan sayuran yang masih segar.

Tidak menutup kemungkinan juga dagang nasi pecel sepanjang hari bahkan 24 jam seperti yang sudah dimulai oleh angkringan full buka.

12. Usaha Nasi Briyani

Olahan Nasi Briyani yang menggunakan beras basmati serta dimasak dengan rempah khusus khas arab serta daging kambing atau domba. Menu ini mulai menanjak pamornya di nusantara.

Tapi sekali lagi jika kamu ingin memulai dari awal cobalah dengan paket ekonomis serta pertahankan ketajaman rasanya.

Beda jika anda sudah mampu dalam segi pengalaman dan modal, akan lebih baik langsung menyewa tempat tetap dengan membangun brand nasi briyani sendiri.

13. Usaha Nasi Kucing

Sebetulnya nasi kucing bukanlah menu olahan seperti 12 point sebelumnya, hanya saja lapak nasi yang simple sejenis angkringan.

Menu angkringan di setiap kota tidak sama, kamu hanya harus mengikuti menu umum di kota tempat jualan serta mengkombinasikan variasi menu lain.

Usaha sampingan yang modal kecil dan mudah dijalankan. Lapak dagang nasi kucing biasanya mulai buka pada sore hari sampai tengah malam menjelang pagi dimana banyak orang yang suka untuk tongkrong menghabiskan waktu.

Peluang Usaha Olahan Nasi

Jika anda bingung ingin memulai menjual olahan nasi apa, yang pertama harus anda lakukan adalah survei di sekitar tempat anda, Olahan dagang dari nasi apa yang paling banyak dicari.

Anda dapat memulai dari sana, atau mungkin jika ada kenalan yang paham tentang membuka lapak dagang menu olahan nasi dari awal, kemudian anda dapat menggali informasi dari kenalan tersebut. Cara ini terbukti paling efektif karena ada mentor yang dapat dimintai saran.