Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

Hariantrendingtopik.com - Bisnis Ibu Rumah Tangga. Kali ini Kang Hartrop akan membahas bisnis untuk ibu rumah tangga yang dapat dikerjakan tanpa mengganggu rutinitas hariannya.

Walaupun tipe usaha ini bisa dikatakan cocok untuk para ibu rumah tangga, tidak menutup kemungkinan hanya akan menjadi bisnis sampingan saja. Jika ibu-ibu mampu mengelolanya dengan baik bisa jadi akan menjadi sumber pendapatan yang utama.

Baca Juga : 35 Peluang Bisnis dan Usaha yang Menjanjikan

Bidang usaha dan bisnis untuk ibu rumah tangga harus memiliki karakter yang dapat dikerjakan pada waktu bebas serta tidak menuntut keseluruhan waktu milik ibu. Berikut Kang Hartrop merangkumnya dalam beberapa sub kriteria.

Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan


1. Bisnis dan Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil untung Besar


Salah satu syarat sebuah bisnis cocok untuk ibu rumah tangga adalah hanya membutuhkan modal dalam jumlah kecil tapi tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

1.1 Membuka Katering dan Warung Makan

Membuka Katering dan Warung Makan

Ibu rumah tangga dan bisnis makanan, sepertinya kedua hal ini sangat cocok dan selaras. Mungkin membuka katering secara langsung dapat mengganggu aktifitas para ibu, jadi ibu mulai saja dengan membuat menu masakan yang via order saja.

Mulai dari yang kecil dulu saja, dari 10 porsi misalkan ditawar-tawarkan ke tetangga atau grub WA yang penting per hari habis dan tidak terbuang.

1.2 Membuat Pernak Pernik Kerajinan Tangan

Membuat Pernak Pernik Kerajinan Tangan

Salah satu jenis usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga dengan banyak waktu senggang, membuat pernak pernik kerajinan tangan, bisa untuk hiasan fashion atau hiasan pakaian anak.

Modal untuk membuat hiasan pernak pernik terbilang kecil masih dibawah 1 juta pun sudah dapat menghasikan produk kerajinan. Promosikan dengan foto yang pas beserta fashionnya atau mungkin dengan benda benda yang sesuai misalnya tas.

1.3 Usaha Laundry

Usaha Laundry

Bisnis pilihan banyak orang yang memang pasti menghasilkan. Loundry banyak diminati oleh pelaku usaha rumah tangga di daerah padat penduduk dengan background pekerja serta mahasiswa.

Usaha Laundry juga pas untuk ibu rumah tangga karena pengerjaannya bisa dibatasi sendiri dan dikerjakan bersandingan dengan urusan ibu rumah tangga lainnya.

1.4 Bisnis Produksi Snack Makanan Kecil

Bisnis Produksi Snack Makanan Kecil

Berkreasi resep makanan kecil seperti kue-kue kering sepertinya sudah menjadi tuntutan para ibu jika ingin ada sajian di meja tamu dengan menghemat budget.

Jadikan kebiasaan ibu membuat makanan kecil atau snack itu mejadi ladang bisnis, buat makanan kecil dengan bungkus yang rapi dan menarik, promosikan pelan pelan.

Kemungkinan mendapatkan untung dari usaha ibu pastinya ada, karena mendekati hari tertentu banyak harga makanan ringan diluar sana yang melonjak tajam.

1.5 Berjualan Kue dan Jus

Berjualan Kue dan Jus

Modal yang dibutuhjan untuk berjualan kue dan jus relativ kecil. Dan para ibu juga masih mempunyai waktu istirahat dimalam hari berkumpul bersama keluarga.

Tidak butuh belajar yang ribet, karena bisnis ini bisa dilakukan oleh semua orang. Apalagi rumah ibu pas dipinggir jalan utama, wah pasti menguntung kan untuk berjualan apa saja.

1.6 Jasa Make Up atau MUA (Makeup Artist)

Jasa Make Up atau MUA (Makeup Artist)

Ibu rumah tangga yang masih muda dan pintar dalam soal Make Up, cobalah dalami bidang makeup artist.

Kedepannya pasti akan banyak kebutuhan make up seperti untuk wisuda, nikah dan berbagai keperluan lainnya. Carilah partner untuk mengembangkan jasa makeup ibu agar tidak menangani semuanya sendirian.

1.7 Bisnis Spa Rumahan Atau Salon

Bisnis Spa Rumahan Atau Salon

Usaha yang bagus untuk ibu rumah tangga berikutnya adalah spa dan salon. Kebutuhan dari bidang bisnis ini hanya tempat yang memadai dan peralatan salon yang standar Market saja.

Artikel Pilihan : Usaha Apa ya Enaknya ?

Kebanyakan memang usaha spa rumahan dan salon bisa berjalan baik dengan dikelola ibu-ibu. Bisnis ini memang pelakunya dan target pasanya semua wanita. Mulai dari gadis, remaja dan ibu-ibu PKK pasti lebih memilih untuk merapikan rambut disalon.

2. Bisnis Ibu Rumah Tangga tanpa Modal


Usaha untuk ibu rumah tangga tanpa modal bisa dibilang sangat sulit ya mencarinya, yang dapat di target sejauh ini hanya meminimalisir modal yang digunakan agar lebih hemat dan tidak banyak pengeluaran.

2.1 Membuka Bisnis Day Care atau Penitipan Anak

Mungkin anda seorang ibu rumah tangga dengan rumah yang cukup luas kemudian dirumah juga tidak banyak orang, bisnis day care dan penitipan anak sangat cocok untuk anda.

Tapi, ketahui dulu, anda tipe penyayang anak kecil atau tidak, karena walaupun anda seorang ibu, bisa saja merasa tidak ingin diganggu oleh keberadaan orang lain kecuali keluarga ibu sendiri.

2.2 Usaha Jasa Menjahit

Hampir bisa dibilang tanpa modal, bisnis jasa menjahit rumahan akan menguntungkan untuk ibu yang memang mempunyai skill menjahit mumpuni.

Modal yang digunakan untuk membeli bahan akan kembali dalam waktu singkat setelah barang jahitannya selesai dibuat. Waktunya juga dapat ibu pilih sendiri mau dikerjakan kapan.

2.3 Bisnis Aksesori Wanita

Bisnis Aksesori Wanita pasti membutuhkan modal juga, walaupun cukup lumayan, perputaran uang di bisnis ini bisa dibilang cepat asal gencar promosi saja.

Bisnis aksesoris ini sering dilirik oleh para ibu rumah tangga yang muda dan baru memiliki anak kecil, dimana waktunya akan banyak nganggur menjaga anak. Sembari mainan Hp kan lebih bagus promosi sana sini, bisa menghasilkan di waktu senggang ibu.

3. Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga


Buat para ibu rumah tangga yang tiap hari demen mantengin Hp, mending buka toko online sambil promosi barang di Wa sama FB. Daripada nganggur ndak jelas kan masih mending kalau dapat orderan dari bisnis online.

3.1 Makanan Kering Online

Masih sama di bisnis makanan kecil, bedanya kue-kue kering di packing rapi menggunakan stoples dan di hias sedikit biar menarik mata yang lihat di toko online.

Pasang di toko ibu, buat macam-macam contoh kuenya saja kemudian upload dan beri deskripsi. Usahakan pembayaran lewat transfet, tanya-tanya lewat WA biar lebih mudah baru dikirim kalau deal. Jadilah bisnis online untuk para ibu rumah tangga yang sangat menguntungkan.

3.2 Jual Fashion Pakaian Ibu-Ibu

Semua barang bisa dijual di toko online, apalagi fashion pakaian ibu ibu trendi dan aksesorisnya. Tidak perlu toko online, paka media sosial juga sudah bisa masuk target promosi.

Perbanyak gambar yang menarik berwarna warni, cek harga toko sebelah bagaimana dan berapa untung yang didapat. Jangan utamakan larisnya karena murah, tapi utamakan kualitas dari produknya nanti juga bisa laris sendiri.

3.3 Bisnis Penjualan Perlengkapan Bayi

Ibu-ibu yang baru melahirkan dan punya anak bayi pasti susah untuk keluar rumah membeli perlengkapan. Jadikan peluang ini untuk usaha online ibu. Jual perlengkapan bayi via toko online. Barangnya mudah saja, cari dipasar standar teramai dan termurah dilokasi ibu.

3.4 Bisnis Penjualan Produk Make Up

Selain produk pakaian, makanan kering, dan perlengkapan bayi, Produk make up juga mempunyai potensi pasar sebagus fashion wanita. Inovasi warna dan bahannya selalu berubah rubah dan tentunya tidak pernah stuk di satu produk saja.

Bisakah Bisnis Ibu Rumah Tangga Berkembang ?


Bisnis Ibu Rumah Tangga apakah bisa berkembang dan menjanjikan ? Jawabannya sederhana, itu tergantung dari bagaimana ibu mengelola. Sudah banyak warung sate kambing yang jadi besar mulai dari dapur rumah tangga.

Bisnis Ibu Rumah Tangga pada dasarnya termasuk bisnis sampingan, walaupun begitu jika ibu mampu melihat potensi pasar, pastinya bisnis ibu akan mudah berkembang, bahkan bisa jadi sumber penghasilan utama dikeluarga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel