Perjalanan Semarang Jogja Berapa Jam ? Terhitung Paling Cepat 4 Jam

Waktu Tempuh Jarak Perjalanan Semarang Jogja, Berapa Jam ?

Mas Topik kali ini akan mengulas dan mendeskripsikan seberapa jauh waktu tempuh perjalanan Jarak Semarang Jogja (Yogyakarta), kemudian Berapa Jam waktu yang dibutuhkan jika dilalui dengan naik motor, mobil serta perjalanan lewat jalan Tol. Selain itu mas Topik juga akan membahas beberapa rute yang rekomendasi karena kenyamanan ketika jalur tersebut dilalui.

Perjalanan Jarak Semarang ke Yogyakarta adalah sebuah rute yang wajib diketahui jika ingin liburan ataupun jalan jalan menyeberang Pulau Jawa. Ya bagaimana lagi, destinasi wisata serta tempat liburan terasik dari Kota Semarang ada di Jogja.

Mungkin kalau kita coba ukur secara digital Jarak kota Semarang ke Tengah kota Jogja sekitar kurang lebih 130 KM an dan jalur yang bisa ditempuh ada rute Ambarawa - Magelang, Salatiga - Kopeng dan rute Semarang -Boyolali, waktu tempuh yang bisa terhitung paling cepat 4 Jam perjalanan dan selebihnya tergantung waktu istirahat dan kecepatan berkendara.

Ketiga rute tersebut memiliki waktu tempuh yang hampir sama sekitar 4 - 5 jam perjalanan santai tanpa banyak istirahat dan perjalanan dilakukan pada siang hari, kecuali jika ada macet atau penutupan jalan atau mungkin permasalahan rute lainnya, pasti butuh waktu yang lebih lama.

Rute Perjalanan Semarang Jogja Lewat Ambarawa – Magelang

Rute pertama yang bisa kamu ditempuh untuk perjalanan ke Yogyakarta dari Semarang yaitu lewat jalan M.Sarbini atau lewat pusat kota Ambarawa hingga ke kota Magelang dan terus lanjut perjalanan ke Jogja.

Rute Perjalanan Semarang Jogja Lewat Ambarawa – Magelang

Jarak perjalanan Semarang Jogja lewat rute Ambarawa Magelang butuh waktu sekitar 4 Jam secara nyata perjalanan dengan kondisi jalan menggunakan kendaraan pribadi tanpa banyak istirahat dan jika jalan lancar dengan kecepatan normal. Sebagai catatan mungkin istirahat 2x untuk makan dan isi bensin. Kalau secara perhitungan jarak dan kecepatan digital mungkin cuma 1,5jam, tapi tidak mungkin secepat itu melihat medan, macet, trafik, hingga stamina yang ada.

Kelebihan Rute :
  1. Banyak dilewati orang jadi banyak teman perjalanan
  2. Banyak tempat makan dan penginapan
  3. Kondisi jalan ramai hampir 24 jam
  4. Mudah ketemu bengkel dan tambal ban kalau misal kendaraan bermasalah
Kekurangan Rute :
  1. Rute ini sering macet dengan berbagai kondisi karena banyak lokasi wisata di kanan kiri jalan
  2. Jalur utama Jalur tempuh Semarang Jogja jadi sering sekali trafiknya padat apalagi ketika hari libur
Perjalanan Semarang Jogja lewat rute Ambarawa - Magelang sangat direkomendasikan oleh Mas Topik kalau kamu menyetir di malam hari karena jalurnya yang selalu ramai, walaupun tengah malam lampu-lampu jalan sangat terang dan banyak warung-warung masih buka.

Perjalanan Semarang Jogja rute Salatiga – Kopeng

Berikutnya ada pilihan rute perjalanan Semarang ke Jogja yang waktu tempuhnya relatif lebih lama melalui kota Salatiga kemudian ambil belok kanan ke jalan lingkar dan selanjutnya ambil jalur ke wisata Kopeng maka nanti akan tembus sampai wilayah muntilan Magelang dan langsung ke Jogja.

Perjalanan Semarang Jogja rute Salatiga – Kopeng

Rute ini sepertinya membutuhkan waktu yang paling lama diantara rute-rute lainnya karena jalannya yang naik turun bukit. Waktu tempuhnya bisa lebih dari 4-5 jam mengingat jalan yang agak susah.

Namun, rute perjalaann lewat jalur Wisata Kopeng ini memiliki pemandangan paling oke dan banyak sekali destinasi wisata lereng gunung dengan bermacam keindahannya. Kalau kamu suka jalan jalan menikmati kondisi alam kanan dan kiri sembari mau ke Jogja maka akan cocok kalau lewat rute ini.

Kelebihan Rute :
  1. Rute ini banyak lewat tempat wisata jadi bisa istirahat sambil wisata
  2. Pemandangan indah dan udara segar khas pegunungan
  3. Di dekat tempat wisata banyak penginapan dan hotel jadi mau istirahat berapa jam pun akan lebih nyaman
Kekurangan rute :
  1. Jalan berkelok-kelok naik turun susah untuk mobil dan kendaraan mesin kecil
  2. Kalau malam sangat sepi dan dominan jalan gelap
  3. Susah cari bengkel ataupun tambal ban jadi lebih baik lewat ketika siang hari
Perjalanan Semarang Jogja rute Kopeng ini lebih disarankan kalau kamu ingin jalan-jalan lewat jalur pegunungan dan menyetir di siang hari, kalau perjalanan malam lebih baik pakai jalur lain.

Rute Perjalanan Semarang Jogja Lewat Tol Boyolali

Terakhir rute yang bisa ditempuh ke Jogja dari Semarang yang hampir sama ramainya dengan jalur Ambarawa - Magelang, di rute ini kamu bisa lewat jalan Tol kalau perjalanan menggunakan mobil.

Rute Perjalanan Semarang Jogja Lewat Tol Boyolali

Rutenya lebih lancar dan jalannya dominan lurus, sangat aman untuk perjalanan siang ataupun malam hari karena melewati tengah kota, lampur jalan terang, banyak SPBU, banyak tempat istirahat dan mudah cari makan atau bengkel.

Perjalanan lewat rute Tol Semarang - Boyolali sudah menjadi rute utama dari jaman dulu bahkan sebelum adanya TOL Semarang Solo. Lewat rute ini kamu bisa mampir ke Surakarta dulu atau ke Klaten sebelum ke Jogja atau sebaliknya.

Dan jika lewat rute ini kamu akan langsung melewati Candi Prambanan sebelum sampai ke tengah Jogja, waktu tempuhnya sekitar kurang dari 4 Jam dan bisa saja sekitar 3,5 jam tanpa istirahat lama karena rute ini paling cepat dibanding rute lainnya.

Kelebihan Rute :
  1. Jalan mudah, lurus dan penerangan sangat bagus
  2. Mudah cari tempat makan
  3. Banyak fasilitas perjalanan seperti SPBU dan bengkel
  4. Bisa lewat jalan Tol dulu jadi mempersingkat perjalanan
  5. Jalur palig cepat
  6. Petunjuk arah jelas
Kekurangan Rute :
  • Sepertinya rute ini paling enak kalau mau ke Jogja dari Semarang, jadi kalau soal kekurangan mungkin jalannya yang padat dan pasti dilewati Bus Bus pariwisata besar.
Mungkin itulah beberapa rute yang bisa kamu lalui jika akan melakukan perjalanan dari Semarang ke Jogja dengan rekomendasi jalur :

1. Lewat Semarang - Boyolali - Jogja kalau mau lewat Tol dan jalur paling cepat
2. Lewat Semarang - Ambarawa - Magelang kalau akan melakukan perjalanan malam

Rata-rata perjalanan akan menempuh waktu sekitar 4 Jam dengan kecepatan normal, namun itu hanya sampai ketengah kota Jogja saja.

Terakhir..

Kalau kamu masih ingin ke pantai nya dari tengah kota Jogja akan butuh waktu sekitar 1 jam lagi, dan lebih disarankan kalau main ke Jogja lebih baik akumulasikan waktu 2 Hari dari semarang jadi bisa menginap dan bandan tidak terlalu capek.

Perjalanan Semarang Jogja lebih nyaman dilakukan pada pagi hari setelah subuh, siang ataupun malam sekalian diatas jam 8 malam.

Perjalanan sore hari misalnya berangkat jam 3 atau jam 4 akan butuh waktu lebih lama karena sering macet dan harus banyak berhenti karena alasan lain misalnya ibadah dan istirahat karena pergantian terang ke gelap.

Kalau bisa, jika ingin melakukan perjalanan dari Semarang ke Jogja di sore hari, carilah tempat istirahat untuk rentang jam setengah 6 - jam 7.

Selain karena alasan pesan dari orang-orang tua, di rentang jam ini banyak Truk atau mobil muatan yang justru menambah kecepatannya dan padatnya jalan.

Terakhir jika kamu butuh rekomendasi pilihan rute perjalanan dari Semarang ke Jogja maka Mas Topik akan menyebutkan kalau jalur Semarang-Boyolali-Jogja paling oke untuk dipilih dengan berbagai pertimbangan termasuk untuk perjalanan siang ataupun malam.