Meskipun Mirip, Ini Perbedaan Antara Flu dan Pilek

Kamu tentu sudah pernah merasakan flu atau pilek kan ? Kedua kondisi ini memang kadang dianggap sama, tapi ternyata antara flu dan pilek punya perbedaan yang bisa kita ketahui. Oh iya, flu dan pilek ini merupakan gangguan pada pernapasan dengan gejala serupa misalnya bersin, kelelahan dan hidung tersumbat dan termasuk kondisi sakit yang pasti dialami semua orang.

Perbedaan Flu dan Pilek

Perbedaan utama antara kamu terkena gejala flu atau terkena gejala pilek adalah melihat dari tingkat keparahannya, jadi semakin serius penyakit yang kamu alami maka akan semakin jelas terkena flu atau pilek.

Perbedaan Flu dan Pilek

Pada dasarnya jika kamu terserang pilek umumnya sangat jarang seklai menyebabkan kondisi atau masalah kesehatan lain, jadi kalau hanya mendapati gejala bersin-bersin, kelelahan, pusing dan badan pegal-pegal saja, bisa disimpulkan kalau kamu terkena pilek.

Tetapi jika gejala tersebut bersin-bersin, batuk, meler juga menyebabkan dan memunculkan masalah kesehatan lain seperti radang selaput lendir, infeksi telinga, atau masalah kesehatan yang lain maka bisa disimpulkan kamu terkena flu.

Langkah Mencegah Flu dan Pilek

Langkah terbaik agar tubuh bisa bertahan dari flu atau pilek ini sangat disarankan dan dianjurkan setiap orang di atas usia enam bulan harus mendapatkan vaksin flu sehingga tubuh ini bisa mengembangkan antibodi yang tepat untuk menahan virus flu yang bisa berubah-ubah.

Ya, sebagian besar kasus pilek atau flu bisa dapat sembuh dengan sendirinya tetapi di sisilain tubuh kita harus mendapatkan istirahan yang cukup serta asupan makanan bergisi untuk bisa memulihkan seperti sedia kala.

Tindakan yang bisa kamu lakukan ketika ada tanda-tanda pilek atau flu misalnya banyak minum air putih kemudian rajin mencuci tangan dan juga jangan lupa untuk menggunakan penutup wajah atau masker ketika berada di ruan publik.

Penularan Virus Flu

Cara virus flu menular ini sangatlah mudah dengan media tetesan kecil yang dihasilkan saat bersin, batuk, dan berbicara kemudian terkena orang lain walaupun sedikit ternyata juga dapat menyebabkan orang lain terkena flu.

Apalagi ketika kondisi imunitas tubuh sedang lemah maka si virus flu ini akan sangat mudah dapat masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi, jadi ketika badan terasa letih atau merasa kurang enak badan, kamu bisa mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tapi sesuai anjuran dokter ya.

Suplemen yang sangat direkomendasikan menggunakan bahan herbal yang telah melalui tahap uji klinis dan hasilnya terbukti aman dikonsumsi dan takarannya sesuai dosis yang ditentukan, selain itu suplemen tersebut harus bisa meningkatkan sel-T atau limfosit T yang membuat imunitas kamu meningkat.

Sebagai informasi tambahan, sel-T atau limfosit T adalah sel yang dapat membentuk dan memelihara respon imun jadi sel-sel tersebut mampu mengenali berbagai antigen dari zat berbahaya bagi tubuh termasuk bakteri dan virus penyebab pilek atau flu.