Inilah Efek dan Manfaat Memancing Untuk Kesehatan Jiwa Raga

Yaaap, kali ini kita akan mengulas tentang apa manfaat memancing tentang kesehatan mental jiwa dan raga kita. Meskipun dipandang jenuh dan bikin lupa waktu, ternyata manfaat memancing untuk kesehatan mental dan fisik itu luar biasa bagus lho, sudah bisa menyamai healling ke tempat yang indah dan sejuk.

Memancing lebih cocok dikategorikan sebagai hobi daripada olahraga atau aktifitas khusus, dari yang umum dilihat kegiatan memancing hanya duduk-duduk dan menunggu umpan dimakan ikan.

Padahal bukan demikian, memancing memiliki beragam teknik yang membutuhkan gerak extra dan ada juga yang minim gerakan atau seperti duduk duduk tadi dan kadang hasil tangkapan tidak lebih banyak dari biaya yang dikeluarkan.

Tentu akan terlihat sedikit aneh jika membayangkan memancing belum tentu dapat ikan tetapi sudah ada yang rela mengeluarkan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah hanya untuk membeli peralatan mancing, mungkin seperti itulah yang dilihat orang pada umumnya.

Namun sejatinya aktifitas hobi memancing ini bukan hanya sekedar hasil yang didapat tetapi lebih ke menikmati prosesnya dan ternyata memancing juga memiliki manfaat seperti melepas stres dan menjadikan mood bagus.

Selain itu berikut Mas Topik merangkum beberapa manfaat dari hobi memancing untuk kesehatan fisik dan mental.

Manfaat Hobi Memancing Untuk Kesehatan Mental Jiwa dan Fisik

Manfaat Hobi Memancing Untuk Kesehatan Mental Jiwa dan Fisik

1. Meminimalisir Kondisi Stress

Manfaat yang pertama ini sudah diketahui banyak pemancing dan juga para peneliti dimana kegiatan seperti melempar kail, menunggu ikan, dan menarik kail sampai ketegangan ketika mendapatkan sambaran merupakan aktivitas pelepas stres yang baik.

Kemudian ketika memancing kita akan mendapatkan sebuah sensasi kondisi relaksasi dengan menikmati pemandangan alam di sekitar seperti menyusuri sungai, berkeliling danau, ataupun menikmati pemandangan cakrawala laut lepas.

Disamping itu memancing akan membuat kita menghindari ketergantungan dengan gadget dalam waktu yang cukup lama, paling smartphone atau hp dibawa hanya untuk menerima panggilan atau menghubungi seseorang saja.

Apalagi jika aktifitas memancing ini dilakukan sejak pagi maka kita akan bisa menikmati dan mendapatkan manfaat hangatnya paparan sinar matahari pagi untuk tubuh sehingga tidak terasa lesu dan membuat otak dan pikiran menjadi semakin rileks serta mengurangi beban mental.

2. Memancing Bisa Menjaga Kebugaran Fisik

Perlu kamu tau banyak teknik yang bisa diaplikasikan ketika memancing misalnya dengan teknik mancing casting yang menuntut melempar serta menarik senar pancing berkali-kali, tentu kondisi seperti ini akan membuat tubuh terasa bugar dan berkeringat.

Apalagi jika spot mancingnya membutuhkan tenaga ekstra untuk sampai misalnya harus dengan mendayung sampan terlebih dahulu atau berjalan ke spot yang cukup jauh dan lain sebagainya.

3. Memancing Adalah Hobi Yang Menyenangkan

Sudah jelas bahwa memancing adalah hobby yang menyenangkan karena ketika memancing akan mendapatkan pengalaman tenang menunggu dan sensasi tersendiri ketika berhasil mendapatkan sambaran ikan.

Efek dari melakukan kegiatan yang menyenangkan bisa mengurangi stress dan beban pikiran yang sudah berjalan rutinitas setiap harisnya.

4. Latihan Kesabaran yang Hakiki

Filosofi ketika memancing salah satunya yaitu semua hal yang di inginkan tidak bisa langsung didapatkan tetapi juga membutuhkan kesabaran serta usaha untuk meraihnya.

Karena itu aktifitas memancing sangat amat cocok untuk melatih kesabaran, efektifitasnya akan mengarah ke kondisi mental yang stabil dan tidak mudah panik ketika menghadapi sebuah situasi tertentu.

Kegiatan memancing membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan bisa sampai berjam-jam menunggu umpan dimakan ikan, apalagi ketika sulit mendapatkan ikan maka kita akan dituntut untuk bersabar karena rejeki orang berbeda-beda.

5. Memancing Meningkatkan Konsentrasi dan Kewaspadaan

Yap, aktifitas memancing dituntut untuk memaksimalkan konsentrasi ke joran atau pelampung ataupun pada umpah serta diharuskan agar waspada dengan sambaran ikan dan kondisi sekitar pada spot memancing.

Karena tuntutan tersebutlah memancing akan meningkatkan kemampuan seseorang dalam berkonsentrasi dari waktu ke waktu yang dilatih saat konsentrasi dan fokus dengan pancing mulai dilempar sampai adanya sambaran ikan.

Bahkan setelah ada sambaranpun dalam menarik juga dibutuhkan konsentrasi pasalnya jika menarik asal-asalan kemungkinan besar ikan akan lepas ketika melakukan perlawanan.

Beragam teknik memancing juga harus diperhatikan dan dipelajari pada kondisi spot yang berbeda dengan ikan target yang berbeda pula.

6. Mencukupi Kebutuhan Sosialisasi

Memancing tidak hanya baik untuk kesehatan fisik tetapi juga sangat mumpuni untuk kesehatan mental dalam bersosialisasi, tentu hobi memancing akan mendatangkan banyak teman dan menambah pergaulan untuk saling bercengkrama.

Bersosialisasi serta bercengkrama akan bisa meluweskan bertukar pikiran dan informasi terkait hobi yang digelutinya, tentu hal ini sangat bermanfaat untuk kondisi mental daripada selalu menyendiri dan tidak ada teman cerita.

7. Memancing Adalah Terapi Kejiwaan yang Potensial

Hobi dan aktifitas memancing bahkan pernah dijadikan dan disarankan untuk menjadi sebuah terapi dalam meningkatkan kesehatan jiwa di Skotlandia.

Pada dasarnya hal ini tidak terlepas dari meninggalkan rutinitas harian, meninggalkan gadget dalam waktu lama serta lebih banyak menikmati alam daripada berada di sebuah lokasi yang banyak menghasilkan tekanan.

Kondisi demikian tidak bisa terlepas dari poin ke 1, 3, 4, dan 6 yang efeknya akan mengarah ke perbaikan serta pelatihan kondisi mental dari tertekan menjadi bebas dan tenang.

Penutup Manfaat Memancing Untuk Kesehatan

Mungkin itulah beberapa poin yang bisa mas Topik Ulas tentang Manfaat hobi Memancing Untuk Kesehatan fisik dan bahkan untuk terapi mental serta kejiwaan. Bayangkan saja jika setiap hari mendapat tekanan dari pekerjaan, tentunya memancing di akhir pekan akan bisa mentralisir kondisi tersebut yang jika dibiarkan akan merusak kesehatan mental.