Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik Berdasarkan Karakter

Persamaan Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik

Iklan Media Cetak adalah tipe iklan yang menggunakan sarana atau bentuk media massa yang dicetak dan diterbitkan secara berkala ( Menurut Pengertian dalam KBBI ). Kemudian kalau kita bicara tentang contoh iklan jenis media cetak maka akan ada contoh seperti surat kabar atau koran, pamphlet, tabloid, majalah, pamflet dan banyak lainnya.

Berdasarkan Antara fungsinya, iklan media cetak dan iklan media elektronik sama-sama digunakan untuk melakukan kegiatan promosi sebuah barang, jasa ataupun produk tertentu, namun antara keduanya memiliki ciri yang khas dan karakter perbedaan bentuk yang jelas bisa terlihat oleh mata.

Di akhir masa ini ketika pembahasan ini ditulis, era 21 minat orang memasang dan melihat iklan di media cetak mengalami sangat banyak penurunan karena secara perkembangan teknologi mulai tergantikan dengan media elektronik yang lebih simple, kelebihan yang paling terlihat misalnya kita bias pasang iklan gratis di grub-grub media social atau iklan berbayar di berbagai platform yang mudah menjangkau ke penjuru daerah.

Sosial media yang erat rekat dengan kehidupan kita di masa ini juga bisa menjadi salah satu penyebab masyarakat enggan menggunakan iklan cetak lagi. Secara teknis Iklan media cetak adalah semua bentuk iklan yang menawarkan produk barang atau jasa dimana dilakukan dengan menggunakan media yang di cetak.

Iklan media cetak ini pada umumnya dan sebagian besar dipasang pada surat kabar atau Koran karena jangkauan pembacanya sangat luas, apalagi kita bias lihat di kota-kota besar Koran bisa sangat mudah ditemukan, dan tentu bagian iklannya bisa sangat mudah terbaca. Tidak menutup kemungkinan iklan media cetak di publikasikan pada majalah atau tabloid, tapi karena peminat dan pelanggannya sedikit, kedua media ini dikesampingkan oleh pemasang iklan.

Iklan media cetak biasanya dipublikasikan di media koran atau surat kabar yang penggunanya dan jangkauan pembacanya cukup luas, kemudian kita juga bisa menemukan iklan media cetak pada majalah, brosur, billboard, selebaran atau flyer yang targetnya langsung pada suatu wilayah konsumen, poster atau tabloid yang khusus untuk iklan dengan tema sesuai tabloid tersebut misalnya tabloid otomotif dengan produk sub produk iklan mobil atau motor.

Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik

Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik

Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik bisa dilihat dengan jelas, salah satunya tentang media yang digunakan dan cara penyebarannya, kalau ditanya mana yang lebih bagus untuk persebaran dan jangkauan iklan ya jelas iklan media elektronik akan lebih menang dalam hal ini, tapi kalau tentang target iklan di wilayah tertentu maka media cetak akan lebih unggul.

Perbedaan dari iklan cetak dan iklan elektronik dapat kamu bandingkan dari tiap karakteristik dan sifatnya.

Karakter dan Sifat Iklan Media Cetak
  1. Iklan media cetak bersifat secara tertulis (di cetak)
  2. Iklan media cetak umumnya menggunakan bahasa formal
  3. Sering ditemukan di media cetak seperti koran dan majalah
  4. Iklan hanya bisa dibaca
  5. Menggunakan jumlah kalimat yang relatif sedikit
  6. Iklan bisa disimpan dan dibaca kapan saja
Kemudian tentang Iklan Media Elektronik,

Iklan media elektronik adalah jenis iklan yang menggunakan media elektronik untuk penyebarannya seperti televisi, internet, radio dan sebagainya yang berupa alat elektronik.

Karakter dan Sifat Iklan Media Elektronik
  1. Iklan media cetak bersifat lisan dan visual bergerak
  2. Bahasa yang digunakan pada iklan bisa formal atau non formal
  3. Kalimat yang yang digunakan singkat, jelas dan padat
  4. Iklan media elektronik bisa didengar dan bergerak secara visual
  5. Iklan media elektronik hanya berlangsung ketika iklan itu tayang saja
  6. Menggunakan media elektronik seperti televisi, internet, radio dan sebagainya

Persamaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik

Disamping terdapat perbedaan yang jelas dan signifikan, keduanya juga memiliki persamaan secara fungsi dari iklan tersebut. Persamaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik adalah sebagai berikut :
  1. Keduanya menggunakan kata kunci atau keyword yang berfungsi menarik konsumen
  2. Kata kunci yang digunakan khusus bertujuan untuk menarik perhatian atau mengajak pembaca
  3. Kata kunci iklan fokus tentang apa yang disampaikan pada iklan tersebut
  4. Kata kunci iklan didalam tema iklan
  5. Iklan cetak dan iklan elektronik sama-sama bersifat umum
  6. Keduanya merupakan media dari iklan
  7. Bertujuan untuk menarik minat pembaca
  8. Menggunakan perpaduan kata dan gambar sesuai produk ataupun jasa iklan
Salah satu sarana penyebaran iklan media elektronik yang paling banyak digunakan yaitu televisi karena pada masa sekarang pasti banyak orang sudah punya tv sebagai sarana menikmati hiburan, tapi di abad 21 sepertinya sarana media tv mulai bergeser ke smartphone dan gadget digital lainnya.

Perbedaan Antara Iklan yang tayang di Televisi dan Iklan di Media Cetak pada dasarnya terlihat jelas pada target pembaca iklan tersebut.

*Iklan di televisi lebih mudah menjangkau target konsumen atau pembaca dan bisa tayang saat itu juga tetapi iklan di koran butuh waktu untuk penyebarannya.

*Secara cost atau biaya pasang iklan jelas iklan yang tayang di tv lebih mahal daripada iklan yang disebarkan via media cetak.

*Iklan ditelevisi lebih sesuai untuk mencapai target publik yang besar dan iklan media cetak lebih sesuai untuk target konsumen dan pembaca pada wilayah tertentu

*Iklan di televisi lebih sering dari perusahaan besar dan iklan media cetak lebih banyak digunakan oleh bisnis menengah kebawah atau perorangan

Jika kamu bertanya mana yang lebih bagus harus pasang iklan di televisi atau di media cetak maka lebih baik cek dulu produk atau jasa kamu sudah berada di level mana atau seperti apa target yang dikejar.

Kalau mengejar skala nasional dan bisnis kamu sudah besar maka bisa pasang iklan di televisi, tetapi kalau masih mengejar target di wilayah tertentu lebih sesuai jika menggunakan iklan media cetak, untuk rekomendasi iklan yang gratis bisa menggunakan media internet saja, tentu lebih murah.

Contoh Yang Termasuk Dalam Iklan Media Cetak

Contoh Yang Termasuk Dalam Iklan Media Cetak

Beberapa contoh yang termasuk dalam iklan media cetak adalah seperti koran, tabloid, majalah, brosur, dan masih banyak lainnya yang jelas jika iklan tersebut menggunakan dan dicetak pada media dengan proses percetakan maka bisa disebut “iklan media cetak”.

Ya, semua media yang dicetak termasuk spanduk – spanduk atau banner yang berukuran besar atau kecil dan sering kita temui di jalanan, salah satu iklan media cetak yang paling banyak digunakan serta dibahas yaitu iklan pada koran yang sangat majemuk dan bisa menjadi promosi semua jenis iklan entah iklan produk ataupun jasa.

Sebagian besar iklan pada media koran biasanya bertujuan untuk mempromosikan suatu produk, jasa, jual tanah hingga pengumuman acara dan informasi untuk cakupan besar lainnya misalnya iklan layanan masyarakat.

Untuk bisa memasang iklan atau beriklan di koran ada beberapa syarat yang harus dipatuhi contohnya :
  • Harus berbasis pada jumlah baris tertentu
  • Format bahasa yang digunakan sudah ditentukan
  • Harus sesuai jumlah kata yang ditentukan
  • Berada pada topik yang disediakan
  • Dan banyak sebagainya tergantung dari pemilik koran
Rule dan aturan itu bisa berubah sewaktu waktu, maka dari itu kalau kamu ingin memasang iklan dikoran maka lebih baik hubungi dahulu penyedia iklan tersebut dan tanyakan detailnya terlebih dahulu.

Berikut Mas Topik akan mengulas beberapa contoh iklan media cetak yang bisa menjadi referensi kamu untuk memasang iklan ataupun untuk sumber informasi saja.

1. Iklan Pada Kolom Surat Kabar ( Koran )

Iklan pada koran cukup banyak jenisnya seperti iklan kecik yang bersifat perseorangan seperti jual tanah, mobil ataupun toko atau usaha yang mencari tenaga pekerja, kemudian juga ada iklan pada kolom surat kabar yang berbentuk full dari sebuah perusahaan misal Perusahaan mobil, perusahaan peralatan bengkel dan sebagainya. Karakter iklan pada kolom sangat menarik dengan kata-kata yang provokatif sehingga mereka yang melihat akan tertarik dengan produk atau jasa tersebut.

Koran adalah media surat kabar yang berisi berita atau info terbaru dan terkini, koran update dalam sekala harian dan yang sudah berlangganan akan dikirim secara rutin, kemudian koran juga juga membuka kesempatan untuk siapapun bisa memasang iklan. Jenis-jenis iklan yang dipasang pada koran sangat beragam seperti lowongan kerja, penjualan produk, penawaran jasa, dan pencarian termasuk mencari tenaga kerja ataupun mencari sesuatu yang hilang.

2. Iklan Baris pada Koran

Kalau sebelumnya berbentuk iklan kolom, pada koran juga terdapat jenis halaman khusus yang diperuntukan sebagai tempat iklan baris, karakter Iklan baris ini hanya menggunakan teks dengan singkat dengan banyak singkatan karena memang harga pasang iklannya berdasarkan jumlah karakter, produk atau jasa yang ditawarkan pun pada umumnya bersifat perseorangan misalnya jual mobil sendiri, jual rumah, cari tenaga karyawan dan sebagainya.

3. Brosur

Kemudian ada Brosur yang menjadi contoh iklan media cetak paling sering digunakan untuk lingkup yang kecil atau hanya pada lingkup daerah tertentu saja. Contoh penggunaannya misal ada Toko Ponsel yang ingin mempromosikan produknya, kemudian menyebarkan kertas promosi dengan info harga produk serta beberapa kata-kata menarik, nah itulah yang disebut brosur.

Karakter dari Brosur bisa terdiri dari beberapa halaman, informasinya yang disampaikan pun terperinci dan lengkap. Iklan dalam bentuk brosur biasanya dicetak ukuran kertas dari A3 hingga A6 dan ukuran custom lain sesuai dengan kebutuhan, brosur lebih sering dicetak pada sebuah kertas dengan ukuran tersebut dan dilipat menjadi 2 - 3 halaman.

Cara menyebarkan iklan brosur ini lebih dengan cara manual di tempat-tempat ramai yang berjarak tidak jauh dari posisi lokasi bisnis atau produk jasa yang ditawarkan. Karakter dari iklan media cetak berupa brosur menjadi media promosi suatu produk atau jasa, event ataupun kegiatan komunitas dan brosur hanya berisi 1 jenis iklan per penyebarannya.

4. Flyer

Iklan cetak Flyer ini bisa dikatakan hampir sama dengan brosur tetapi memiliki perbedaan hanya menggunakan 1 halaman saja, cara menyebarluaskan iklan flyer juga sama dengan brosur yaitu membagikannya pada tempat-tempat yang ramai. Pada umumnya desain flyer cukup ringkas dan lebih ditekankan pada produk atau jasa yang dipromosikan saja. Iklan Flyer ini lebih efektif untuk area pada lalu lintas orang-orang.

5. Spanduk

Spanduk merupakan jenis iklan media cetak yang dibuat dan di cetak dengan ukuran memanjang atau horizontal sesuai dengan kebutuhan, spanduk lebih sering digunakan dan dipasang pada sepanjang jalan agar bisa dilihat oleh banyak orang atau mungkin di depan lokasi bisnis.

Cara pemasangan spanduk ini bebas, namun harus meperhatikan beberapa faktor misalnya di lingkungan tersebut boleh dipasang spanduk atau tidak kemudian cari tau terlebih dahulu persoalan ijin nya. Spanduk yang berbentuk memanjang juga sering dipasang di depan toko atau tempat usaha.

Untuk ukuran spanduk ini sangat beragam tergantung dari kebutuhan seperti 90×600, 90×500, 115×500, 100×700 dan selebihnya ukuran lebih sering disesuaikan dengan panjang depan toko atau tempat usaha, jika berorientasi dengan tinggi maka tingginya disesuaikan dengan sudut nyaman mata.

6. Majalah

Kemudian ada Majalah yang termasuk salah satu jenis media cetak, dimana berisi tentang cerita pendek, gambar - gambar, review produk dan selalu menampilkan informasi terbaru pada satu topik tertentu saja, misalnya majalah otomotif yang akan membahas otomotif saja.

Tujuan dari mengusung satu topik saja pada majalah yang jelas untuk memberikan hiburan bagi pembaca yang berlangganan karena minat sesuai topiknya. Dan jenis iklan yang ada pada majalah umumnya bentuk iklan advertorial yang berisi iklan produk sesuai dengan topik majalah tersebut.

7. Tabloid

Selain majalah juga ada tabloid yang termasuk jenis surat kabar yang berbentuk mirip seperti koran tapi berukuran lebih kecil dan lebih ringkas. Tabloid fokus pada informasi beberapa topik tertentu yang lebih santai dan menghibur. Tabloid tidak terbit setiap hari, hanya hari-hari tertentu saja. Iklan pada tabloid lebih ke kategori penawaran produk, sayangnya pelanggan tabloid ini tidak sebanyak koran jadi yang memasang iklan biasanya produsen produk besar.

8. Buku

Buku juga termasik media cetak dengan karakter memiliki halaman lebih dari 20 lembar dominan berisi teks dan juga ada gambar, karenanya buku yang diterbitkan pasti memiliki daftar isi dan membahas atau berisi satu tema saja seperti pendidikan, tutorial sesuatu dan lebih membahas sesuatu secara terperinci.

Buku memiliki kertas halaman depan dan belakang lebih tebal daripada kertas isi nya. Iklan yang ada pada suatu buku terbatas pada topik tertentu sesuai dengan isi buku tersebut atau iklan dari penerbitnya misal iklan buku lainnya oleh penerbit dan penulis yang sama.

9. Poster

Kemudian ada Poster yang menjadi bagian dari iklan media cetak dimana terdiri dari unsur visual seperti garis, kata, gambar dan juga foto yang didesain sedemikian rupa untuk mempromosikan sesuatu. Secara umum poster berfungsi untu menyampaikan informasi secara singkat pada suatu tempat agar dibaca target kelompok orang tertentu.

Poster dicetak pada lembaran hampir sama dengan brosur tetapi poster hanya menggunakan 1 halaman penuh tanpa dibagi kemudian ditempel pada tempat tertentu. Poster biasanya hanya menggunakan 1 halaman saja, tapi jika ada informasi lebih bisa menggunakan 2 halaman, informasi yang di iklankan misalnya promosi event, promosi produk, slogan hingga pesan tertentu dengan bentuk yang menarik perhatian.

10. Banner

Banner adalah jenis iklan media cetak yang memiliki ukuran yang besar berbentuk horizontal, ukurannya bebas tapi relatif besar dan lebar. Banner menjadi sebuah media promosi yang cara penggunaannya dipasang ke antara 2 tiang dikaitkan pada lubang banner di setiap pojoknya.

Tempat memasang Banner pada umumnya berada di tempat banyak trafik orang berlalu-lalang, sedangkan untuk informasi yang disampaikan seperti himbauan, slogan, yang sering kita temui iklan perumahan hingga himbauan memakai masker.

11. Billboard

Billboard adalah salah satu jenis iklan media cetak yang biasanya dijumpai di pinggir jalan ataupun dibentangkan diantara jalan dengan ukuran super besar agar informasi yang disampaikan dapat dibaca oleh pengguna jalan yang melintas.

Billboard ini terbuat dari papan iklan yang tempatnya bersifat permanen misalnya papan iklan besar yang terpasang diluar jembatan penyebrangan ataupun memang ada tiang billboard sendiri, durasi pemasangan iklannya rata-rata 2 - 3 iklan yang berbeda per tahunnya. Mereka yang sering menggunakan billboard pastilah perusahaan besar karena biaya pembuatan iklan dan sewa tempatnya terhitung mahal.

Karakteristik dan Ciri-ciri Iklan Media Cetak

Karakteristik dan Ciri-ciri Iklan Media Cetak

Salah satu ciri-ciri iklan media cetak yang jelas terlihat yaitu disebarkan menggunakan semua media yang dicetak seperti koran, majalah, brosur, banner, poster dan sebagainya, kemudian ciri-ciri lainnya seperti berikut :
  1. Iklan Bersifat tertulis
  2. Bahasa yang digunakan formal
  3. Kalimatnya persuasif atau bersifat mengajak
  4. Iklan bisa disimpan, dilipat, dilihat dan dibaca kapan saja
Iklan media cetak juga memiliki keterbatasan serta kekurangan, begitu juga dengan iklan media elektronik karena masing masing fungsi dan tujuannya memiliki perbedaan.

Kekurangan Iklan Media Cetak

Kekurangan Iklan Media Cetak adalah memiliki persaingan yang sangat ketat untuk perusahaan atau jenis bisnis dengan produk yang sama karena satu dengan satu lainnya terlihat hampir sama, tentu konsumen atau pembaca akan memilih yang paling menarik, paling dekat serta memberikan harga paling sesuai.

Perlu dipahami jika tidak semua periklanan di media cetak bisa memberikan kelebihan dan keuntungan permanen tentu akan ada kekurangan yang muncul dari tiap jenis nya. Perlu inovasi dan teknik yang berbeda untuk memberikan nilai lebih pada informasi media cetak yang digunakan.

Contoh kekurangan dari iklan media cetak :
  1. Ukuran harga space iklan bisa mahal tergantung jenis dan lokasi
  2. Iklan harus bersaing ketat dengan pengiklan lain pada produk yang sama atau di wilayah yang sama
  3. Penggunaan foto yang terbatas bisa membatasi kreativitas
  4. Koran menjadi media cetak yang berorientasi pada harga jadi lebih banyak untuk penjualan produk
  5. Koran atau media cetak lainnya umumnya hanya dibaca sekali dan kemudian dibuang
  6. Menggunakan iklan media cetak maka kompetitor bisa lebih cepat mengamati dan bereaksi untuk memberikan iklan yang lebih menarik, jadi inovasi akan dibutuhkan per periode waktu
Contoh dari iklan media cetak yang biasa kita temui yaitu iklan penjualan rumah. Iklan penjualan rumah ini sering kali dan banyak dipublikasikan melalui media cetak yaitu surat kabar atau korang karena target yang dituju lebih jelas dan tepat untuk wilayah tertentu. Misalnya pengembang perumahan pada kota tertentu akan lebih memilih menggunakan media koran yang hanya disebarkan pada kota tersebut saja.

Langkah Membuat Iklan Media Cetak yang Menarik

Langkah Membuat Iklan Media Cetak yang Menarik

Ada beberapa langkah membuat iklan media cetak yang menarik jika kamu bertujuan untuk mempromosikan produk bisnis atau jasa dengan jangkauan lingkup wilayah target tertentu.
  1. Tentukan tema yang akan kamu jadikan iklan dan usahakan tidak keluar dari tema tersebut.
  2. Kemudian buatlah layout atau tata letak yg sederhana dengan sisi tertentu yang menekankan tentang iklan tersebut
  3. Buat gambar yang menarik tetapi jangan terlalu banyak, cukup sedikit dan kreatif
  4. Gunakan kalimat singkat dan jelas tetapi menarik perhatian
  5. Bahasa yang digunakan harus mudah dimengerti dan diingat oleh masyarakat
  6. Desain Warna yang bagus dengan komposisi yang pas akan menambah nilai visual, tapi perihal ini memang butuh waktu dan penglaman
  7. Tentukan target iklan, dan sesuaikan antara rangkaian kata dan gambar yang sesuai
Pembuatan iklan di media cetak biasanya dibatasi oleh tempat untuk menaruh iklan tersebut, maksudnya target pembaca hanya berada pada wilayah tersebarnya iklan cetak tersebut.

Sedangkan untuk iklan media elektronik atau digital dibatasi oleh durasi waktu, jadi pada media elektronik apapun bentuknya, semakin lama durasi iklan tersebut maka biayanya akan semakin mahal.

Nah, dengan tujuan untuk menarik banyak orang, iklan cetak ini harus dibuat menggunakan menggunakan bahasa yang baik dan menarik serta lebih bisa membuat penasaran para pembacanya.

Iklan pada media cetak biasanya dicetak dengan menggunakan bahan dasar kertas dan semua hal yang bias dicetak, selama iklan itu dicetak atau sekarang bisa disebut dengan di Print maka iklan tersebut tergolong menjadi jenis Iklan Media Cetak.

Khusus media cetak yang paling banyak digunakan yaitu, koran atau surat kabar. Ada salah satu kekurangan yang juga bisa menjadi kelebihan tersendiri.

Kekurangan Iklan di Koran

Kekurangan iklan di koran adalah hanya menjangkau sejumlah wilayah tertentu saja, tapi kekurangan ini juga menjadi kelebihan untuk pengiklan yang menargetkan pembaca dari wilayah tertentu juga, misalnya promo produk elektronik hanya dikota tertentu, maka pasang iklan di koran akan lebih sesuai daripada harus pasang iklan di televisi.

Kemudian yang jelas berita tersaji lebih lambat dari waktu aktualnya jadi iklan juga akan bisa dibaca 3-5 hari kedepan, maka koran dominan dengan iklan yang bersifat masa produk atau jasa yang panjang seperti produk – produk mobil.

Berbeda dengan media elektronik seperti televisi atau portal berita digital yang lebih cepat tayang, iklan yang dipasang juga lebih cepat tayang. Namun portal digital lebih bersifat ke target wilayah yang luas, kurang cocok untuk bisnis dalam skala wilayah dalam kota.

Terakhir, semua orang pasti tidak akan melihat atau mendengar iklan dari satu media saja, tidak mungkin dari tv saja atau koran saja. Jadi kedua jenis iklan ini, Iklan media cetak dan Iklan media elektronik sama-sama masih dibutuhkan dan memiliki fungsinya masing-masing sesuai dengan kebutuhan para pengiklan.

Artikel ini telah di publikasikan pada Hariantrendingtopik.com dengan judul “Persamaan Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik”.