10 Pilihan Menu Makanan untuk Anak Sakit Panas Demam

10 Pilihan Menu Makanan untuk Anak Sakit Panas Demam

Hariantrendingtopik.com – Pilihan Menu Makanan untuk Anak Sakit Panas Demam bisa anda berikan bergantian kepada buah hati yang sedang sakit, mengingat dalam kondisi anak sakit panas tersebut pastinya malas untuk makan, jadi mengganti-ganti menu bisa menjadi pilihan terbaik agar anak mau makan lagi

Ketika anak sedang demam atau panas sebaiknya lebih sering didukung untuk makan makanan yang memiliki gizi tinggi dan bisa mempercepat masa penyembuhan disamping obat yang diberikan dari resep dokter.

Pada umumnya ketika sikecil sedang sakit panas atau demam pasti akan merasa sulit makan karena nafsu makan turun dan tidak mood, hal ini sangat wajar, kita yang sudah dewasa pun juga merasakan hal yang sama, maka dari itu pemilihan menu makanan yang baru bisa menambah selera makan si kecil.

Pastinya bunda sudah paham tidak semua demam selalu membutuhkan obat, jika hanya panas atau demam ringan sebaiknya perbanyak makanan sehat dan bernutrisi. Dengan begitu proses penyembuhan bisa secara alami dan masa istirahat bisa lebih dioptimalkan sehingga demam bisa mereda tanpa ketergantungan dengan obat obatan.

Menu Makanan untuk Anak Sakit Panas Demam

Menu Makanan untuk Anak Sakit Panas Demam

Ada beberapa Pilihan Menu Makanan yang bisa anda berikan untuk Anak yang sedang Sakit Panas atau demam agar bervariasi dan anak tidak bosan dengan makanan yang itu itu saja, pilihan menu berikut ini juga memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk meringankan dan membantu penyembuhan anak yang sedang demam.

1. Air Kelapa Muda

Salah satu cairan atau minuman yang paling disarankan untuk diminum anak ketika sakit panas atau demam adalah air kelapa muda. Alasannya karena mengandung elektrolit yang baik serta vitamin C yang cukup banyak.

Faktanya meminum air kelapa muda sangat bagus untuk anak yang sedang demam karena bisa merehidrasi cairan tubuh sehingga panas bisa cepat turun serta mensterilkan lambung dari racun, lagipula untuk rasa juga lebih disukai oleh anak ketimbang the atau air putih saja.

2. Kaldu Sup Ayam

Kemudian anda juga bisa memilih Kaldu atau sup ayam untuk diberikan kepada buah hati ketika mereka merasa sulit makan karena sedang demam. Kandungan nutrisi dari sup kaldu ayam ini sangat bagus untuk memberikan energi ketika sedang demam serta rasanya yang smooth dan halus pastilah sangat mudah ditelan jika demam sudah disertai sakit tenggorokan. Sup kaldu ayam juga bisa dimakan bersama dengan bubur yang manis gurih jika menurut bunda si buah hati butuh asupan energi lebih banyak.

3. Teh Herbal Madu Lemon

Biasanya kondisi anak yang sedang demam pada umumnya juga mengalami sakit tenggorokan karena peradangan, secara teknis hal ini wajar karena kita orang dewasa ketika demam pun juga mengalami hal seperti ini. Sebagai penanganan awal bunda bisa memberikan campuran teh herbal dengan madu dan lemon untuk meringankan rasa sakit ditenggorokan serta sebagai asupan antibiotik alami.

4. Sering Konsumsi Buah Jeruk

Pertanyaan yang sering muncul pastilah kenapa buah jeruk yang dipilih ketika sedang mengalami demam?

Jawabannya karena vitamin C yang ada dibuah jeruk bisa membantu proses rehidrasi ketika si kecil sedang demam serta membantu menguatkan daya tahan tubuh yang ngedrop karena sedang sakit.

Sebagai catatan penting, cobalah cek dahulu apakan anak anda kuat dengan buah yang asam atau tidak, jika tidak bisa gunakan jus jeruk sebagai ganti asupan vitamin C nya.

5. Varian Oatmeal

Makanan jenis Oatmeal pada dasarnya terbuat dari bahan gandum yang kaya akan nutrisi dan serat, disisi lain rasanya yang manis dan lembut akan disukai anak meskipun ketika sakit.

Sejauh yang Mas Topik tau oatmeal sangat bagus diberikan kepada anak yang sakit panas dan badan terasa lemas karena kandungan dalam protein pada oatmeal serta jumlah energi yang tinggi dari serat alami mampu mengembalikan tenaga yang hilang.

6. Roti Berbahan Gandum

Jika anak relwel dan tidak mau makan walaupun diberi outmeal atau sup ayam, cobalah berikan snack atau roti yang terbuat dari gandum. Dengan makan roti dari gandum yang beraneka rasa maka kebutuhan serat, energi serta asupan karbo bisa tercukupi walaupun si kecil malas makan nasi. Sekarang ini banyak varian roti gandum yang rasanya disukai oleh anak kecil, jadi tinggal pilih saja rasa yang disukai buah hati anda.

7. Roti Isi Pisang Selai Susu

Roti isi atau Sandwich dengan Pisang Selai Susu bisa dibuat dan campurkan dengan berbagai macam rasa buah sehingga bisa menarik nafsu makan anak yang merasa bosan dengan makanan biasa.

Pada dasarnya kebutuhan protein vitamin dan mineral bisa tercover cukup baik dari kandungan pisang susu, kalaupun susah untuk membuatnya, bunda bisa membelikan cemilan berbahan dasar pisang dan susu yang banyak dijual.

8. Buah Alpukat dan Semangka

Selain Buah jeruk yang masam, masih ada buah lain yang direkomendasikan untuk anak ketika demam, yaitu alpukat dan semangka. Alpukat bisa mencukupi kebutuhan energi untuk anak anda dan semangka bisa mengcover kebutuhan cairan tubuh.

Alpukat termasuk buah yang tinggi lemak tak jenuh sehat dengan sumber serat yang baik, kemudian semangka juga mengandung banyak air yang bisa menjadi anti dehidrasi serta menurunkan panas anak.

9. Wedang Jahe Hangat

Resep herbal jawa kuno, kalau ada orang atau anak yang sedang demam bisa diberikan minuman jahe hangat setiap pagi dan malam. Secara ilmu kesehatan, kandungan antibakteri dari jahe bisa bekerja dengan baik melawan demam yang mempengaruhi kondisi tenggorokan sehingga masa istirahat malam akan lebih baik dan rileks.

10. Aneka Yogurt

Misalnya kalau anak bunda sangat sulit makan, alternatifnya bisa diberikan aneka macam varian yogurt karena kandungan vitamin dan mineralnya terhitung cukup untuk kebutuhan gizi harian.

Perbandingan dengan rasa makanan umum harian, rasa dari yogurt tentunya lebih disukai anak ketika malas makan, selain itu tekstur yogurt yang smooth dan halus lebih mudah ditelan daripada makanan berbentuk kue atau snack.

Penutup Menu Makanan untuk Anak Sakit Panas

Pilihan Menu Makanan untuk Anak Sakit Panas bisa bunda coba sebagai alternatif pilihan menu ketika anak susah makan karena sedang demam. Tujuannya sederhana saja, agar anak tidak bosan dengan makanan-makanan yang biasa biasa saja. Lagipula kandungan nutrisi dan serat dari pilihan menu tersebut sangat baik untuk mendukung proses penyembuhan.

Kalau misalnya anak hanya demam ringan sebaiknya jangan buru-buru diberi obat, akan lebih baik jika sikecil diberikan asupan makanan sehat bernutrisi serta dioptimalkan masa istirahatnya terlebih dahulu, kemudian jika demam sudah 2 haru atau mulai tinggi barulah segerakan bawa anak anda ke dokter anak terdekat agar mendapatkan penanganan terbaik.