Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Menu Makanan untuk Anak Sakit Panas

10 Menu Makanan untuk Anak Sakit Panas

Hariantrendingtopik.com - Ketika anak sedang demam atau panas sebaiknya jangan melulu diberi obat karena selain obat masih ada Pilihan Menu Makanan untuk Anak Sakit Panas yang bergizi tinggi dan bisa mempercepat masa penyembuhan.

Biasanya jika sikecil sedang sakit panas atau demam akan merasasulit makan karena nafsu makan turun dan tidak mood, maka dari itu pemilihan menu makanan yang baru bisa menambah selera makan si kecil.

Pastinya bunda sudah tau tidak semua demam selalu membutuhkan obat, jika hanya panas atau demam ringan sebaiknya perbanyak makanan sehat dan bernutrisi.

Dengan begitu proses penyembuhan bisa secara alami dan masa istirahat bisa lebih dioptimalkan sehingga demam bisa mereda tanpa ketergantungan dengan obat obatan.

10 Menu Makanan untuk Anak Sakit Panas


1. Air Kelapa Muda

Salah satu cairan atau minuman yang paling disarankan untuk diminum anak ketika sakit panas atau demam adalah air kelapa muda. Salah satu alasannya karena mengandung elektrolit yang baik serta vitamin C.

Faktanya meminum air kelapa muda sangat bagus untuk anak yang sedang demam karena bisa merehidrasi cairan tubuh sehingga panas bisa cepat turun serta mensterilkan lambung dari racun.

Topik Kesehatan Pilihan :
2. Kaldu Sup Ayam

Kaldu atau sup ayam juga bisa menjadi menu pilihan ketika anak merasa sulit makan karena sedang demam.

Kandungan nutrisi dari sup kaldu ayam serta rasanya yang smooth dan halus pastilah sangat mudah ditelan jika demam sudah disertai sakit tenggorokan.

Mungkin bunda merasa khawatir tentang asupan energi dari karbo harian, karenanya sup kaldu ayam juga bisa dimakan bersama dengan bubur yang manis gurih.

3. Teh Herbal Madu Lemon

Biasanya kondisi anak yang sedang demam pada umumnya juga mengalami sakit tenggorokan karena peradangan, secara teknis hal ini wajar karena orang dewasa juga mengalami hal seperti ini.

Sebagai penanganan awal bunda bisa memberikan campuran teh herbal dengan madu dan lemon untuk meringankan rasa sakit ditenggorokan serta sebagai asupan antibiotik alami.

4. Sering Konsumsi Buah Jeruk

Pertanyaan yang sering muncul pastilah kenapa buah jeruk yang dipilih ketika sedang mengalami demam?

Jawabannya Tidak salah lagi karena vitamin C yang ada dibuah jeruk bisa membantu rehidrasi ketika si kecil sedang demam serta membantu menguatkan daya tahan tubuh yang ngedrop karena sedang sakit.

Sebagai catatan penting, cobalah cek dahulu apakan anak anda kuat dengan buah yang asam atau tidak, jika tidak bisa gunakan jus jeruk sebagai ganti asupan vitamin C nya.

5. Varian Oatmeal

Makanan jenis Oatmeal pada dasarnya terbuat dari bahan gandum yang kaya akan nutrisi dan serat, disisi lain rasanya yang manis dan lembut akan disukai anak meskipun ketika sakit.

Sejauh yang Kang Hartrop tau oatmeal sangat bagus diberikan kepada anak yang sakit panas dan badan terasa lemas karena kandungan dalam protein pada oatmeal serta jumlah energi yang tinggi dari serat alami mampu mengembalikan tenaga yang hilang.

6. Roti Berbahan Gandum

Jika anak benar benar relwel dan tidak mau makan walaupun diberi outmeal atau sup ayam, cobalah berikan snack atau roti yang terbuat dari gandum.

Dengan makan roti dari gandum yang beraneka rasa, kebutuhan serat, energi serta asupan karbo bisa tercukupi walaupun si kecil malas makan nasi.

7. Roti Isi Pisang Selai Susu

Roti isi atau Sandwich dengan Pisang Selai Susu bisa dibuat dan campurkan dengan berbagai macam rasa buah sehingga bisa menarik nafsu makan anak yang merasa bosan dengan makanan biasa.

Pada dasarnya kebutuhan protein vitamin dan mineral bisa tercover cukup baik dari kandungan pisang susu, kalaupun susah untuk membuatnya, bunda bisa membelikan cemilan berbahan dasar pisang dan susu yang banyak dijual.

8. Buah Alpukat dan Semangka

Selain Buah jeruk yang masam, masih ada buah lain yang direkomendasikan untuk anak ketika demam, yaitu alpukan dan semangka.

Alpukat termasuk buah yang tinggi lemak tak jenuh sehat dengan sumber serat yang baik, kemudian semangka juga mengandung banyak air yang bisa menjadi anti dehidrasi serta menurunkan panas anak.

9. Wedang Jahe Hangat

Resep herbal jawa kuno, kalau ada orang atau anak yang sedang demam bisa diberikan minuman jahe hangat setiap pagi dan malam.

Secara ilmu kesehatan, kandungan antibakteri dari jahe bisa bekerja dengan baik melawan demam yang mempengaruhi kondisi tenggorokan sehingga masa istirahat malam akan lebih rileks.

10. Aneka Yogurt

Misalnya kalau anak bunda sangat sulit makan, alternatifnya bisa diberikan aneka macam varian yogurt karena kandungan vitamin dan mineralnya terhitung cukup untuk kebutuhan gizi harian.

Perbandingan dengan rasa makanan umum harian, rasa dari yogurt tentunya lebih disukai anak ketika malas makan, selain itu tekstur yogurt yang smooth dan halus lebih mudah ditelan daripada makanan berbentuk kue atau snack.

Penutup Menu Makanan untuk Anak Sakit Panas


Menu Makanan untuk Anak Sakit Panas bisa bunda coba sebagai alternatif pilihan menu ketika anak susah makan karena sedang demam.

Kalau misalnya anak hanya demam ringan sebaiknya jangan buru-buru diberi obat, akan lebih baik jika sikecil diberikan asupan makanan sehat bernutrisi serta dioptimalkan masa istirahatnya.