Ide Pilihan Peluang Bisnis Usaha Setelah Pensiun, Kontrakan dan Konsultasi Oke

Ide Pilihan Peluang Bisnis dan Usaha Setelah Pensiun

Mencari Ide Peluang Bisnis dan Usaha Setelah Pensiun tentunya bisnis tersebut harus memiliki karakter yang santai ringan, mudah dipelajari, sesuai dengan kebutuhan modal dinamis dan memiliki kondisi pasar yang stabil.

Pada kali ini Mas Topik ingin mengulas apa saja Ide Peluang Bisnis dan Usaha yang cocok dilakukan Setelah Pensiun ataupun dipersiapkan sebelum masa kerja habis. Jadi ketika masih bekerja anda bisa mempersiapkannya dan tinggal melanjutkan ketika pensiun nanti.

Untuk urusan Kebutuhan modal Bisnis dan Usaha Setelah Pensiun sepatutnya bertipe dinamis, artinya usaha tersebut bisa anda lakukan dengan modal kecil ataupun besar ketika memutuskan untuk terjun total didalamnya.

Ide Peluang Bisnis dan Usaha Setelah Pensiun

Sebenarnya sangat banyak sekali Ide untuk Peluang Bisnis dan Usaha yang bisa dilakukan dan dijalankan Setelah Pensiun, namun mungkin mas Topik akan memilih jenis usaha yang cocok dengan usia masa masa pensiunan.

1. Usaha Kontrakan Kostan

1. Usaha Kontrakan Kostan

Salah satu Ide Peluang Bisnis dan Usaha Setelah Pensiun yang paling Mas Topik sarankan adalah kontrakan rumah atau kos-kostan yang termasuk salah satu sumber pasive income. Bisnis ini akan memungkinkan anda untuk mendapatkan pemasukan tiap bulan, dan juga anda bisa melakukan hal lain yang bisa memberikan penghasilan tambahan.

Tapi usaha kontrakan dan kost butuh dana banyak, maka dari itu harus anda siapkan dengan baik ketika masih bekerja. Lokasi yang bagus di dekat universitas atau tempat bekerja. Namun percayalah, kalau anda mencari ide usaha yang santai dan bisa menghasilkan, kontrakan lah jawabannya.

2. Usaha Agrobisnis ( Pertanian Perkebunan )

2. Usaha Agrobisnis ( Pertanian Perkebunan )

Kemudian anda bisa menggeluti Usaha seputar agrobisnis atau produk berkebun juga menjadi pilihan paling menjanjikan karena waktu bisa anda habiskan dengan bercocok tanam dan beraktifitas diluar ruangan.

Jenisnya bebas, bisa tabulampot, hidroponik, budidaya jamur tiram dan sebagainya. Akan lebih baik jika memilih jenis tanaman yang membutuhkan waktu panen singkat. Modal utama paling tidak anda harus punya tanah yang cukup luas untuk area penggarapan lahan. Memang sebaiknya sudah dirintis dari ketika masih bekerja jadi ketika pensiun tinggal melanjutkan saja.

3. Bisnis Peternakan dan Budidaya

3. Bisnis Peternakan dan Budidaya

Kalau anda tidak suka dengan cocok tanam, bisa juga menekuni usaha peternakan atau jenis budidaya tertentu. Misalnya budidaya lele, belut, udang air tawar ataupun hewan peliharaan. Khusus Peluang Bisnis dan Usaha Setelah Pensiun lebih disarankan untuk budidaya komoditas pangan seperti ayam, ikan, unggas, kerang dan sebagainya.

Jenis usaha seperti ini sangat cocok untuk pensiunan yang ingin menghabiskan waktu luangnya untuk melakukan suatu han yang bisa menghasilkan pundi rupiah.

4. Usaha Makanan Ringan

Khusus untuk para ibu, bisa kok membuka usaha makanan ringan dengan berbagai macam variasi rasa dan bentuk yang penting ada tempat untuk memasarkannya.

Aneka kue basah dan ragam cemilan bisa menjadi pilihan terbaik karena mudah dijual dan banyak peminatnya. Ataumungkin jenis makanan kudapan yang mudah dibuat seperti kebab, sosis bakar, bakso bakar dan sejenisnya yang penting laku di pasaran.

5. Bisnis Peralatan Hobi

Kadang ketika pensiun datang ada sebagian orang yang sudah mempersiapkan keuangan hanya ingin meghabiskan waktu dengan menekuni hobinya. Disisi lain kenapa anda tidak mencoba merintis usaha berdasarkan hobi anda ? Lebih mudah dijalani karena rasa minat dan tentunya akan sulit bosan karena itu sebuah hobi.

Misalnya anda suka memancing, coba saja jual peralatan dan aksesoris memancing. Media pemasaran sangat luas apalagi anda sudah paham dengan seluk beluknya.

6. Jasa Penitipan Mobil atau Motor

Ada juga jenis usaha yang ringan dan mudah, tapi syaratnya lokasi rumah atau tempatnya berada di dekat pusat pekerjaan atau pusat orang datang dari seluruh tempat. Penitipan mobil dan motor bisa menjadi alternatif usaha jika anda punya tempat yang fungsional secara lokasi dan luasnya.

Didaerah pabrik atau sekolahan sangat banyak sekali rumah-rumah yang akhirnya dibongkar untuk jadi tempat penitipan mobil dan motor. Dan untungnya selalu bisa konsisten.

7. Kedai Warung Kopi

Kafe atau kedai warung kopi dan tempat nongkrong juga cocok untuk menjadi bisnis setelah masa pensiun, aktifitasnya tidak terlalu berat dan mudah di pantau. Apalagi anda tipe orang yang suka menikmati kopi setiap saat, buka kedai kopi bisa menjadi usaha yang berdarkan dari hobi juga.

8. Buka Usaha Rental Mobil

Buka usaha rental mobil bisa menjadi salah satu pilihan jika ada kendala kesulitan dari sisi lahan yang ada. Rental mobil bisa sangat menguntungkan mengingat kedepan akan banyak kebutuhan penggunaan mobil dalam waktu relatif singkat. Untuk kebutuhan modal sepertinya setara dengan kebutuhan modal lahan jika memilih usaha kost atau bidang budidaya.

9. Investasi Emas, Saham, Trading

Buat anda yang suka menekuni dunia digital, menurut Mas Topik akan memberikan keuntungan yang jauh lebih banyak juga resiko yang sebanding. Investasi Emas, Saham atau Trading tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, proses belajar dan mengenal pasar butuh waktu bertahun tahun.

Jika ingin menekuni Investasi Emas, Saham dan Trading lebih baik dimulai ketika masih bekerja dimana kemampuan analisa masih sangat segar.

10. Bimbingan Belajar

Mungkin anda sekarang berprofesi sebagai guru dan menyadari suatu saat akan pensiun, tidak salah jika mempersiapkan kebutuhan usaha untuk bimbingan belajar. Kebutuhan yang bisa diukur misalnya tempat untuk bimbel dan sarana pengajaran yang memadai untuk disesuaikan dengan setiap kurikulum yang ada.

11. Coba Reseller Dropshiper

Ingin menekuni dunia bisnis online ? Reseller dan Dropshiper bisa menjadi pilihan ketika memutuskan untuk menjalani usaha saat masa pensiun datang. Kelebihan reseller dan dropshiper adalah bisa dipelajari dalam waktu singkat sehingga ketika masa pensiun datang dan waktu sangat lenggang, anda bisa langsung mulai.

12. Cuci Motor Mobil

Alternatif Peluang Bisnis dan Usaha Setelah Pensiun bisa juga buka usaha pencucian motor dan mobil. Kebutuhan modal jelas berupa tempat dan alat alatnya, lagipula ini jenis usaha yang mudah dipelajari.

13. Toko Serba Ada Minimarket

Konsep toko minimarket modern lebih disarankan jika anda ingin menekuni usaha kelontong atau sembako. Desainlah toko anda agar para pembeli bisa mengambil sendiri apa saja yang ingin dibeli, jadi jika ingin memakai tenaga karyawan bisa mudah dari sisi kontrol stok dan keuangan.

14. Jasa Konsultasi

Mungkin anda sedang bekerja pada dinas pertanahan atau bidang perijinan, anda bisa buka jasa konsultasi atau mungkin jasa mengurus suatu perihal perijinan. anda punya kelebihan yang bisa dimanfaatkan yaitu koneksi dan relasi.

15. Serba Serbi Bisnis Fashion

Semua barang fashion tidak akan pernah surut dari peminatan pasar, bahkan ditengah kondisi seperti apapun penjualan barang fashion tidak pernah sepi. Mulai dari fashion pria, wanita, pernak perniknya selalu ada kesempatan bagi pemain baru. anda bisa memilih bisnis ini kalau memang tertarik dan memiliki minat dalam dunia fashion.

Banyak sekali jenis sub bisnis yang bisa anda coba, misalnya dress khusus pasangan atau pernak pernik pakaian anak perempuan, semua punya peluang yang sama besar.

Penutup

Dari sini bisa anda lihat kalau akan ada Banyak sekali ide Peluang Bisnis dan Usaha Setelah Pensiun yang bisa di coba. Hanya saja disarankan jangan memulai setelah pensiun tetapi persiapkan sebuah bisnis atau usaha ketika kerja dan tinggal melanjutkan saat masa pensiun tiba. Dan yang paling penting, karena untuk masa pensiun, maka anda sangat disarankan untuk memilih usaha yang bisa menikmati waktu melakoni usaha tersebut.