Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang Usaha Rumahan

Sekilas Tentang Usaha Rumahan

Hariantrendingtopik.com - Secara garis besar Usaha Rumahan bisa diartikan sebagai sebuah usaha atau perintisan awal sebuah bisnis dari lingkup terkecil yaitu skala rumahan.

Meskipun memulai dari lingkup terkecil, untuk urusan modal bisa menyesuaikan dengan anggaran dana ataupun kebutuhan dari usaha yang dikerjakan.

Kenapa sih usaha rumahan banyak peminat ?

Sederhana saja kenapa usaha rumahan banyak peminat, salah satu alasannya karena untuk penghasilan tambahan dimana jenis usahanya mudah dilakukan di area rumah jadi tidak memerlukan cost lebih dari menyewa tempat.

Pada artikel ini Kang Hartrop tidak membahas contoh dari usaha rumahannya melainkan garis besar, konsep dan segmen dari ide usaha rumahan yang banyak dicari.

Walau terlihat sama dikerjakan di sekitar rumah, usaha ini ternyata punya beberapa sub kategori yang sering dicari berdasarkan tujuan atau hasil yang di inginkan.

Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar


Segmen pertama jelas saja Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar, maksudnya ide yang dicari adalah saran contoh usaha rumahan yang membutuhkan modal relatif kecil dalam memulainya tapi mendapatkan keuntungan dalam jumlah cukup besar.

Ukuran besar dalam sebuah bisnis atau usaha tidak bisa dipatok dengan nominal melainkan lebih cocok diukur dari besaran persentase. Bisnis rumahan dengan modal kecil.

Keuntungan dianggap besar kira kira 75 - lebih 100% dari modal yang dikeluarkan. Dalam hitungan per produk semisal modal yang dikeluarkan sebesar 20.000 rupiah dan target untung 40.000 rupiah tentu saja tidak masuk akal dan hampir tidak mungkin.

Jadi untuk kategori Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar kemungkinan hitungan kasarnya dalam 1pcs produk bisa mendapatkan keuntungan diatas 70%, tinggal main di kuantitas saja.

Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar biasanya melingkupi jenis usaha makanan ataupun kerajinan tangan dimana penilaian lebih ke rasa daripada bahan yang digunakan.

Usaha Rumahan yang Menjanjikan


Sub kategori kedua yaitu Peluang usaha rumahan yang menjanjikan, rasanya cukup sulit mendeskripsikan kata "menjanjikan" karena seperti yang kita tau peluang bisnis pasar itu selalu naik turun mengikuti trend.

Ada sih jenis usaha rumahan yang bisa bertahan sepanjang masa seperti masakan khas daerah atau barang rumah tangga, Tetapi untuk usaha rumahan yang menjanjikan butuh mempertahankan sebuah nilai seperti kualitas.

Mungkin contoh usaha yang dicari seperti makanan khas, makanan khusus diwaktu tertentu ataupun seputar barang barang untuk event khusus. Peluang usaha yang menjanjikan.

Usaha Rumahan yang Menguntungkan

Ketiga yaitu usaha rumahan yang menguntungkan, tentu saja dalam usaha atau bisnis yang dicari pastilah keuntungan tidak mungkin sebaliknya.

Hanya saja maksud dari menguntungkan bisa diartikan sebagai persentase kerugian yang relatif kecil. Jenis usaha rumahan ini tidak bisa mencakup ke kategori usaha makanan.

Lebih tepatnya adalah usaha yang memproduksi atau melayani kebutuhan suatu jasa. Dimana barang dan jasa tersebut tidak mudah expired. Kemungkinan rugi dari jenis usaha seperti ini sangat kecil.

Usaha Rumahan Makanan Ringan

Selanjutnya Usaha Rumahan Makanan Ringan yang lebih cocok masuk ke kategori Usaha Rumahan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga. Ide bisnis untuk ibu rumah tangga.

Usaha makanan ringan yang diproduksi rumahan mempunyai target pelaku dan konsumen yang jelas. Pelaku usaha hampir 90% adalah kaum wanita atau ibu rumah tangga.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha tidak terlalu besar, lebih ditekankan pada kemampuan memasak dan mengolah bahan selanjutnya promosi lewat media sosial seperti yang trend satu dekade kebelakang.

Peluang keuntungan Usaha Rumahan Makanan Ringan cukup besar asalkan dari kualitas rasa sesuai dengan keinginan target pasar. Karena alasan itu pula pelaku usaha makanan ringan rumahan lebih banyak dari para ibu rumah tangga.

Usaha Rumahan Sukses


Langsung ke poin tujuan terakhir yaitu Usaha Rumahan yang bisa Sukses. Secara umum semua jenis usaha bisa sukses asalakan memperkuat di peningkatan inovasi dan mempertahankan kualitas.

Jurinya sudah jelas, waktu yang menentukan. Kalau permasalahan saingan rasanya tidak begitu berpengaruh untuk aksi karena usaha rumahan lebih ke passion atau ketertarikan minat dalam usaha.

Kesalahan utama dalam memulai usaha tentu saja hanya ikut ikut trend pasar, pasti nanti ditengah jalan rasa jenuh dan bosan akan memenangkan tempatnya.

Karena itu dalam memilih usaha rumahan apa yang akan dijalani, lebih baik cari tau dulu ketertarikan kamu di bidang apa dan mulailah dari sana.

Kalau sudah minat tertarik dan senang, saingan tidak akan mempengaruhi langkah usaha rumahan kamu dan kata Sukses pun tinggal menunggu waktu saja.

Mungkin itu saja ulasan tentang garis besar usaha rumahan karena ketika membahas topik ini yang banyak dicari adalah contoh usahanya dan bukan penjelasannya.

Tapi tidak masalah, pembahasan dasar tetap harus di sertakan sebelum nantinya Kang Hartrop membahas lebih rinci tentang jenis jenis dan pola aksi dari keyword usaha rumahan ini.