Harga Pasar Sapi Qurban di Jawa 2019 Pantas untuk Qurban 20 - 22 Juta Rupiah

Penjualan sapi qurban mempunyai standar harga yang berbeda setiap tahun. Perbedaan harga ini disebabkan banyak faktor, beberapa diantaranya penyesuaian harga pakan dan perawatan serta kemampuan harga beli dari konsumen.

Standar Harga sapi qurban yang dimaksud bukanlah standar harga tertulis melainkan rata-rata harga sapi qurban yang banyak dicari oleh pembeli perorangan. Jika sapi qurban merupakan permintaan suatu instansi tentu saja harga yang cari berbeda dengan harga perorangan.

Pada periode penjualan sapi qurban di tahun 2019 mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya rata-rata harga yang dicari pasar berkisar antara 17 juta sampai 19 juta rupiah.

Tahun ini harga standar yang banyak dipatok oleh pedagang sapi qurban berkisar antara 20juta sampai 23juta rupiah.

Harga Pasar Sapi Qurban di Jawa 2019

Harga Sapi Qurban yang banyak dicari Perorangan tahun 2019
  • Cukup untuk Qurban 19 - 20 juta rupiah
  • Pantas untuk Qurban 20 - 22 juta rupiah
  • Bagus untuk Qurban diatas 23juta rupiah
Adapun jenis sapi yang banyak dijual dan dicari seperti jenis Ongole dan peranakannya yang sangat banyak terdapat di pulau jawa, Simental dan Brahman.

Harga sapi Simental dan Brahman untuk qurban biasanya akan lebih tinggi terpaut 3-5 juta dari harga standar sapi qurban di pasar.

Pada tahun 2019 para pedagang sapi qurban sepertinya "berkerjasama" dalam menawarkan harga sapinya, Mas TOpik melihat hal ini terjadi karena banyak faktor, terutama dari sisi transportasi dan sulitnya mencari pakan dimusim kemarau.

Total dana yang Harus Disiapkan utuk Sapi Qurban

Persiapan dana jika ingin berqurban sapi tidak hanya sebatas harga belinya, tentunya masih ada biaya diluar harga beli untuk merawat sapi sampai Waktu Qurban tiba serta mungkin tambahan uang transport untuk pengirimannya.

Untuk pembelian 3-5 ekor sapi sekaligus, anda harus menyiapkan dana tambahan kurang lebih 2-3juta rupiah untuk tenaga perawatan dan mencari pakan sekitar 1 minggu sebelum waktu Qurban dan untuk mengurus sisa Qurbannya.