Bisnis Sapi Qurban, Antara Untung Besar dan Rugi Berlipat

Hariantrendingtopik.com - Bisnis sapi qurban. Mendekati hari raya Idul Adha, salah satu jenis bisnis yang banya bermunculan salahsatunya adalah bisnis sapi qurban. Pada dasarnya para pedagang hewan qurban hanya menjual satu jenis hewan misalnya sapi saja atau kambing saja.

Bisnis Sapi Qurban, Antara Untung Besar dan Rugi Berlipat

Terlepas dari nilai suatu bisnis, penjualan sapi qurban ternyata tidak sebagus perkiraan masyarakat atau para pembeli. Para penjual sapi qurban sudah paham betul bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan yang bernilai besar atau justru kerugian yang berlipat-lipat.

Proses Beli dan Jual Sapi Qurban


Para pebisnis jual Sapi qurban tidaklah sama dengan bisnis peternakan sapi. Lebih mudahnya bisnis peternakan sapi berlingkup mulai dari pembibitan sampai perawatan memasuki usia sapi dewasa.

Sedangkan bisnis sapi qurban sebagian besar membeli sapi masuk usia dewasa dari peternakan atau dari komunitas tani sapi lokal, kemudian mengupayakan pakan dan perawatan sampai sapi berukuran cukup untuk qurban baru dijual.

Jadi masa pebisnis sapi untuk menggeluti bisnisnya relatif singkat, antara 3-4 bulan sebelum masuk masa jual Qurban. Meskipun begitu dari peternakan juga ada yang melayani penjualan sapi qurban juga.

Dalam waktu sekitar 4 bulan sebelum masa qurban, harga sapi dari peternakan atau kelompok tani masih dalam rentan harga normal. Dalam kurun waktu 3 bulan para pebisnis sapi qurban harus mempersiapkan pakan nutrisi serta kandang yang mumpuni untuk proses penggemukan.

Modal yang dibutuhkan Untuk Bisnis Sapi Qurban


Perkiraan modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis sapi qurban termasuk katagori modal besar dan tidak mudah. 5 poin berikut hanya kebutuhan modal dasar, diluar itu masih ada beberapa faktor lain tergantung situasi dan kondisi lokasi. Ide Memulai Usaha di Daerah Sepi.

1. Modal berupa uang untuk membeli sapi

Anggap saja untuk memulai, 8 atau 10 ekor sapi sudah cukup untuk kebutuhan para pencari hewan qurban. 1ekor sapi yang siap digemukkan mempunyai harga berkisar 13-15 juta rupiah tergantung besarnya, jadi tinggal di kalikan dan perkirakan saja.

2. Modal bentuk kandang

Selain modal mentah untuk membeli sapi tentunya harus sudah siap modal berupa lahan dan kandang sapi siap ditempati. Faktor terpenting adalah lokasi kandang berada di pinggir kota dengan harga tanah yang murah serta tidak jauh dari mencari pakan.

3. Tenaga perawatan dan pakan

Bisnis sapi qurban bisa membutuhkan cost yang besar pada bagian ini jika anda tidak punya pengalaman sama sekali bab merawat dan mencari pakan.

Tenaga perawatan dan pencari pakan untuk 10 ekor sapi cukup 2 orang saja, jika perkiraan jumlah sapi lebih banyak tinggal jumlahnya mengikuti.

Hitungan kasar mencari pakan untuk jumlah sapi diatas dalam satukali berangkat dengan pick up antara 400-500 ribu perminggu, sekali lagi nilai bisa berubah tergantung lokasi dan tenaga.

4. Mentor

Hal yang penting berikutnya, anda harus mempunyai minimal 1 tenaga yang paham tentang sapi qurban. Mungkin bisa mentor dari keluarga anda atau saudara.

5. Sarana transportasi

Fungsi utamanya untuk angkutan mencari pakan dan mengirim sapi jika sudah ada pembeli. Transportasi yang biasa digunakan misalnya pick up bak terbuka. Anda bisa menyewa atau membeli sendiri jika cukup dana.

Masa Jual Sapi Qurban


Bisnis sapi qurban memiliki masa jual yang sangat pendek sekitar 2 minggu sebelum hari raya Idul Fitri. Masa ini sangat genting karena pembicaraan harga sapi akan sangat sensitif dan sapi harus sebisa mungkin terjual semuannya.

Diluar masa jual, biasanya antara 1 bulan sampai 40 hari sebelum Hari qurban biasanya pembeli hanya datang untuk melihat, survei dan tanya-tanya tentang harga dan besarnya. Perang Harga Dalam Bisnis.

Tipikal Pembeli

Uniknya, pembeli sapi jarang sekali hanya membeli 1 ekor. Kenapa ? karena orang yang membeli sapi biasanya sudah mendapat amanat untuk membelikan jatah sapi dari masjid atau organisasi.

Mudahnya seperti ini, satu orang pembeli yang bisa deal membeli sapi dengan tanda jadi tentunya, pasti akan membeli antara 3-5 ekor sapi dalam sekali transaksi. Meskipun tidak menutup kemungkinan juga membeli 1 ekor untuk keluarga sendiri.

Tipikal terbaik dari pembeli sapi adalah akan menjadikan tempat membeli sebelumnya sebagai rekomendasi pembelian sapi qurban tahun depan. Jadi berusahalah untuk luwes dan enak dalam nego harga, untuk itulah penting jika mempunyai mentor.

Keuntungan Besar Jika

Bisnis sapi qurban bisa mendapatkan keuntungan besar jika semua sapi dapat laku, Nilai keuntungan dari tiap ekor sapi berkisar antara 5-7 juta rupiah untuk ukuran standar "pantas" qurban.

Tentunya nilai tidak selalu stagnan, sudah pasti bisa berubah-ubah tergantung dari permintaan pasar, karena itu pengalaman yang dibutuhkan tidak hanya satu dua kali periode penjualan.

Rugi Banyak Jika

Sebaliknya, bisnis sapi qurban bisa rugi banyak jika setelah masa jual, sapi masih ada yang belum laku. Setelah idul fitri berakhir maka harga sapi qurban akan turun drastis, sama saja dengan membeli ukuran daging sapi biasa.

Perhitungan ruginya termasuk keuntungan dari harga jual setelah idul fitri sangat tidak mumpuni untuk menutup cost dari perawatan dan pakan. Karena itu mengetahui minat standar harga pasar juga perlu dipahami dengan baik.

Sekelumit Bisnis Sapi Qurban


Bisnis Sapi Qurban akan sangat berat untuk pemain baru, pada umumnya mereka yang berkecimpung dalam bisnis ini masih ada hubungan darah dengan orang yang sudah berpengalaman jual beli sapi qurban.

Dalam bisnis ini mendapatkan pembeli itu mudah asal cocok harganya, tapi yang sangat sulit adalah mendapatkan pembeli yang bisa dipegang janjinya ketika sudah deal dengan harga yang disepakati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel