Tips Membeli Sapi Kurban untuk Idul Adha

Hariantrendingtopik.com - Sering bingung ketika hendak membeli sapi qurban karena harga tinggi tapi postur sapi kurang sesuai keinginan ? 

Tips Membeli Sapi Kurban untuk Idul Adha

Tentu bagi anda yang membeli sapi kurban sudah pasti tujuannya untuk amal ibadah, tapi anda juga harus memahami kalau tujuan mereka yang menjual sapi adalah bisnis.

Artinya dalam bisnis sebisa mungkin mengeluarkan modal yang kecil dan harus untung besar. Tidak salah memang, jadi untuk itu anda lah yang harus tau pertimbangan membeli sapi kurban agar mendapatkan sapi yang bagus dengan harga sesuai.

Tips Membeli Sapi Kurban


1. Rencanakan Kurang Lebih 1Bulan sebelum hari H

Jika anda sudah berniat untuk berkurban sapi, sebaiknya mantabkan niat anda dan persiapkan mencari sapi kurang lebih sebulan sebelum hari Idul Adha.

Tujuannya untuk menghindari kenaikan harga pasar karena berbarengan dengan semua orang yang mencari sapi secara serentak. Ramai-ramainya orang mencari sapi kira-kira 2 minggu sebelum hari H.

Mencari sapi qurban sebulan sebelum hari pemotongan akan memperbesar kesempatan anda untuk mendapatkan sapi yang bagus dengan harga yang masih standar pasar. Bisnis Sapi Qurban, Antara Untung Besar dan Rugi Berlipat.

2. Sebisa mungkin Cari Kelompok Qurban Sapi lain

Seharusnya tidak hanya keluarga anda yang ingin kurban sapi ketika Idul Adha. Dalam 1 masjid kemungkinan bisa ada 4-5 kelompok yang memilih sapi sebagai hewan qurban.

Bicaralah dan cari informasi kepada orang-orang masjid siapa tau mereka juga ada rencana untuk membeli sapi. Jika iya, lebih baik carilah bersama-sama agar lebih banyak masukan dan pendapat dari tempat penjualan sapi.

Atau jika dimasjid ada pengelola yang siap membelikan sapi, akan lebih baik serahkan saja kepada pengelola masjid karena pasti mereka lebih berpengalaman tentang tempat penjual sapi dengan harga lebih rendah di pasaran.

3. Cek Ketersediaan Dana

Faktor penting lainnya yang harus diperhatikan adalah dana atau uang yang tersedia untuk membeli sapi kurban. Tapi untuk hal ini anda harus paham dahulu tentang harga standar pasar sapi qurban.

Cara paling mudah untuk mengetahui harga standar pasar sapi kurban tentunya dengan survei kebeberapa pedagang sapi yang mudah didatangi dan tanyalah harga sapi yang dijual.

Kemungkinan besar 80% harga pasaran sapi qurban akan sama dengan rentang harga sapi yang banyak dijual. Bisnis Sapi Qurban oleh Kelompok Tani.

Misal di pedagang sapi A ada 10 ekor sapi, terdiri dari 2 sapi berharga 40jutaan per ekor, 3 sapi harga17juta perekor dan ada 5 sapi dengan harga 20jutaan per ekor.

Maka harga pasaran sapi masa itu berkisar di nominal 20jutaan. Anda tinggal mengikuti harga tersebut dan mempersiapkan danana. Kalau bisa lebihkan 10% dari harga pasaran sapi kurban agar lebih mudah mendapat ukuran sapi yang di inginkan.

4. Lokasi Penjual Sapi

Sebaiknya anda jangan terpaku dengan penjual sapi di pinggir jalan raya karena para pedagang sapi harus menyewa lahan, membeli pakan, membayar perawat sapi sehingga harga sapi akan semakin tinggi.

Carilah lokasi penjual sapi di pinggiran kota, langsung dari lokasi peternak semakin bagus. Biasanya lahan ternak sapi ada di daerah pedesaan dimana masih sangat banyak area rumput hijau.

Karena faktor inilah ada baiknya mempersiapkan mencari sapi kurang lebih 1 bulan sebelum hari H agar bisa mendapatkan informasi tempat sapi lebih banyak.

Jika sudah menemukan Sapi Kurban yang Cocok


Sebagai tanda kalau anda serius membeli sapi dari peternak atau penjual, berilah tanda jadi atau sering disebut uang Panjer atau DP sesuai perjanjian bisa 2juta-5juta rupiah. Diskusikan kepada penjual berapa harga sampai diantar ketika Idul Adha.

Jika sudah menemukan Sapi Kurban yang Cocok dan sudah memberikan uang DP ada baiknya kalau anda menengok kondisi sapi setiap seminggu sekali untuk memastikan sapi yang anda pilih tidak mengalami kekurangan asupan pakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel